Aktifitas Kepemimpinan Kepala Madrasah Dalam Meningkatkan Motivasi Kerja Guru Di Madrasah Ibtidaiyah Negeri Pojok Ponggok Blitar

  • Muh. Hamzah Sururi Program Studi Pendidikan Agama Islam Pascasajana IAI Tribakti Kediri
Keywords: Aktifitas Kepemimpinan Kepala Madrasah, Motivasi Kerja Guru

Abstract

Fokus penelitian ini adalah untuk endeskripsikan. bagaimana aktifitas kepemimpinan kepala madrasah, motivasi kerja guru, dan kontribusi kepemimpinan kepala madrasah dalam meningkatkan motivasi kerja guru di MIN Pojok. Pendekatan penelitian yang digunakan  termasuk jenis penelitian kualitatif. Yang memiliki ciri-ciri antara lain : latar alami, peneliti sebagai instrument kunci, dan penelitiannya bersifat deskriptif. Dalam pengumpulan datanya peneliti menggunakan metode wawancara, observasi dan dokumentasi, dimana ketiganya tersebut merupakan komponen yang tidak dapat terpisahkan guna memperoleh data dalam penelitian. Untuk analisis datanya peneliti menggunakan reduksi data atau penyederhanaan (data reduction), paparan data  atau sajian data (data display), dan penarikan kesimpulan (conclusion verifiying). Hasil penelitian menunjukkan bahwa, 1) Aktifitas kepemimpinan kepala madrasah dalam meningkatkan motivasi guru antara lain: menciptakan kebersamaan diantara guru, menciptakan rasa aman dan nyaman dilingkungan madrasah, memberikan sugesti positif kepada para guru, mengadakan pendidikan dan pelatihan bagi guru, menyediakan kebutuhan dalam menunjang kegiatan belajar mengajar. 2) Motivasi kerja guru di MIN Pojok secara umum sudah baik, dilihat dari tingkat kehadiran guru dimadrasah, keaktifan guru dalam pembelajaran dikelasdan diluar kelas, pembuatan perangkat pembelajaran yang sudah siap sebelum pengajaran, melakukan penilaian dan analisis hasil ulangan siswa 3) Kontribusi kepemimpinan kepala madrasah dalam meningkatkan motivasi kerja guru di MIN Pojok antara lain: kepala madrasah menerapkan manajemen terbuka, menerapkan sistem pembagian tugas dan tanggung jawab, menjalin hubungan yang baik terhadap guru dan karyawan, melakukan pengawasan secara berkesinambungan, melakukan evaluasi terhadap uraian tugas dan dokumen dan memberikan koreksi dan masukan jika terjadi kesalahan

References

Abdurrahman, A. (2004) Teori Pengembengan dan Filosifi Kepemimpinan Kerja. Ikhtiar Baru, Jakarta.
Dadang, S. (2010) Supervisi Profesional Layanan Meningkatkan Mutu Pembelajaran di Era Otonomi Daerah. Alfabeta, Bandung.
Dirawat dkk. (1983) Pengantar Kepemimpinan Pendidikan. Usaha Nasional, Surabaya.
Fuad, A. Jauhar, Motivasi Berprestasi Dan Prestasi Akademik, Talim: Jurnal Ilmu Pendidikan 1, no. 1 (2013)
Hasibuan, M.S.P. (2007) Manajemen Sumber Daya Manusia. Bumi Aksara, Jakarta.
Komang, A. ( 2008) Perilaku Keorganisasian. Graha Ilmu, Yogyakarta
Kartono, K. (2010) Pemimpin dan Kepemimpinan, Apakah Kepemimpinan Abnormal itu?. Rajawali Pers, Jakarta.
Mulyasa (2003) Menjadi Kepala Madrasah Profesional Dalam Konteks Menyukseskan MBS dan KBK. Rosda, Bandung.
Purwanto, N (1991), Administrasi dan Supervisi Pendidikan. Remaja Rosda karya, Bandung.
Purwanto, N. (1992) Kepemimpinan Yang Efektif. Gadjah Mada University Press, Yogyakarta.
Rivai, V. (2004), Memimpin Dalam Abad ke-21. PT. Raja Grafindo Persada, Jakarta.
Suhendra, K. (2008) Manajemen dan Organisasi Dalam Realita Kehidupan, CV. Mandar Maju, Bandung
Sukanto, R. dan Handoko, H.T. (2000) Organisasi Perusahaan: Teori, Struktur dan Perilaku. BPFE, Yogyakarta.
Suyanto, dan Hisam, D. ( 2000) Refleksi dan Reformasi Pendidikan Indonesia Memasuki Millenium III. Adi, Yogyakarta.
Sulton. M (2009) Membangun Semangat Kerja Guru. LaksBang PRESS indo, Yogyakarta.
Suprayogo, I (1999) Revolmulasi Visi Pendidikan Islam. STAIN Press, Malang.
Sulistyorini (2001) Hubungan Antara Manajerial Kepala Madrasah Dan Iklim Organisasi Dengan Kinerja Gur. Jurnal Ilmu Pendidikan, Th 28 no.1 Januari 200.
Thoha, M. (2010) Kepemimpinan Dalam Manajemen. Raja Grafindo Persada Jakarta.
Wahjosumidjo (2002) Kepemimpinan Kepala Madrasah tinjauan teoritik dan permasalahan. PT. Raja Grafindo Persada, Jakarta.
Yunus. (2007) Kepemimpinan Pendidikan. Unigal, Ciamis.
Published
2018-08-01
How to Cite
Sururi, M. H. (2018). Aktifitas Kepemimpinan Kepala Madrasah Dalam Meningkatkan Motivasi Kerja Guru Di Madrasah Ibtidaiyah Negeri Pojok Ponggok Blitar. Intelektual: Jurnal Pendidikan Dan Studi Keislaman, 8(2), 163-170. https://doi.org/10.33367/ji.v8i2.708