Pengaruh Gaya Mengajar Guru Fiqih Terhadap Motivasi Belajar Siswa MTs Negeri Purwoasri Kab. Kediri

  • Vinallia Vinallia Program Studi Pendidikan Agama Islam Pascasajana IAI Tribakti Kediri
Keywords: Gaya Mengajar Guru, Motivasi Belajar Siswa

Abstract

Gaya guru mengajar yang jelas dan menarik sangat dibutuhkan dalam prosempembelajaran. Karenanya guru yang kompeten selalu harapkan kehadiarannya dalam sistem pendidikan, khususnya di Indonesia. Tujuan penerapan gaya mengajar salah satunya untuk memberikan pengetahuan ke anak agar ilmu yang disampaikan oleh guru mudah dipelajari dan tujuan dari inti materi dapat terlaksana, serta meningkatkan kualitas pendidikan. Sementara motivasi belajar merupakan aspek yang sangat penting yang dapat mempengaruhi perilaku belajar siswa. Rumusan masalah dalam hal ini: 1) Bagaimana gaya mengajar guru fiqih di MTsN Purwoasri? 2) Bagaimana motivasi belajar fiqih siswa kelas VII di MTsN Purwoasri? 3) Adakah pengaruh yang signifikan antara gaya mengajar guru fiqih terhadap motivasi belajar fiqih siswa kelas VII di MTsN Purwoasri? Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui:1) gaya mengajar guru Fiqih di MTsN Purwoasri 2) Motivasi belajar fiqih siswa kelas VII di MTsN Purwoasri 3) Pengaruh gaya mengajar guru Fiqih terhadap motivasi belajar fiqih siswa kelas VII di MTsN Purwoasri. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian korelasional. Populasi peneitian ini adalah siswa-siswi kelas VII MTsN Purwoasri dengan jumlah 250 siswa dan sampel 152 siswa. Tehnik pengambilan sampel menggunakan Simple Random Sampling. Pengumpulan data dilakukan melalui  angket atau kuesioner. Dan analisis datanya menggunakan regresi linear. Hasil penelitian ini adalah gaya mengajar guru Fiqih di MTsN Purwoasri dikategorikan baik, dengan nilai rata-rata sebesar 200,75; sedangkan untuk motivasi belajar siswa di MTsN Purwoasri dikategorikan cukup, dengan nilai rata-rata 142,28. Berdasarkan uji statistik dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh antara gaya mengajar guru Fiqih terhadap motivasi belajar siswa di MTsN Purwoasri. Hasil uji F angka koefisien determinasi menunjukkan 0,277. Dengan demikian dapat ditarik kesimpulan bahwa pengaruh gaya mengajar guru Fiqih terhadap motivasi belajar siswa di MTsN Purwoasri sebesar 27,7% dan sisanya 72, 3% dipengaruhi oleh faktor-faktor yang lain.

References

Ahmadi. Lif Khoiru, dkk. (2011) Pembelajaran Akselerasi: Analisis Teori Dan Praktik Serta Pengaruhnya Terhadap Mekanisme Pembelajaran Dalam Kelas Akselerasi, Prestasi Pustaka, Jakarta.
Al Ghazali, Abu Hamid. (1999) Al Mushthafa Fi Ilm Al Ushul, Dar Al Kutub Al Ilmiyah, Beirut.
Al Masudy, Hasan. (2000) Taysir Khollaq, Maktabah Ibnu Ahmad, Surabaya.
Al Qayyim, Ibnu I,Lam Al Muwaqqiin, Dar Al Khutub Al Hadists, Kairo.
Anwar, Ali. (2009) Statistika Untuk Penelitian Pendidikan Dan Aplikasinya Dengan SPSS Dan Excel, IAIT Press, Kediri.
Arikunto, Suharsimi. (2002) Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktek, Rineka Cipta, Yogyakarta.
Asmani, Jamal Mamur. (2011) 7 Tips Aplikasi Paikem, Diva, Yogyakarta.
Creswell, John W. (2009) Research Design: Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif Dan Mixed, terj. Ahmad fawaid, pustaka pelajar, Yogyakarta.
Djamarah, Syaiful Bahri. (2005) Guru Dan Anak Didik Dalam Interaksi Edukatif, Rineka Cipta, Jakarta.
Fuad A. Jauhar, and Agus Eko Sujianto, Analisis Statistik Dengan Program SPSS (Tulungagung: Cahaya Abadi, 2014)
Fudyartanto, Ki RBS. (2002) Psikologi Pendidikan, Global Pustaka Utami, Yogyakarta.
Goble, Frank G. (1987) Madzab Ketiga Psikologi Humanistik Abraham Maslow, Kanisias, Yogyakarta.
Gunawan, Heri. (2012) Kurikulum Dan Pembelajaran Pendidikan Agama Islam, Alfabeta, Bandung.
Hamalik, Oemar. (2008) Pendidikan Guru Berdasarkan Pendekatan Kompetensi, Bumi Aksara, Jakarta.
Hasan, Chalidjah. (1994) Dimensi-Dimensi Psikologi Pendidikan, Al-Ikhlas, Surabaya.
Hasanah, Aan. (2012) Pengembangan Profesi Guru, Pustaka, Bandung.
Hasibuan, J.J. dan Moedjiono. (2010) Proses Belajar Mengajar, Remaja Rosdakarya, Bandung.
Hawi, Akmal. (2013) Kompetensi Guru Pendidikan Agama Islam, Raja Grafindo Persada, Jakarta.
Idris, Marno dan M. (2010) Strategi & Metode Pengajaran, Ar Ruzz Media, Jogjakarta.
Idrus, Muhammad. (2007) Metode Ilmu-Ilmu Sosial: Pendekatan Kualitatif Dan Kuantitatif, UII Pres, Yogyakarta.
Indrakusuma, Amir Daien. (1973) Pengantar Ilmu Pengetahuan, Usaha Nasional, Surabaya.
Latipah, Eva. (2012) Pengantar Psikologi Pendidikan, Pustaka Insan Madani, Yogyakarta.
Madkur, Muhammad Salam. (1976) Manahij Al Ijtihad Fi Al Islam , University Kuwait, Kuwait.
Mahmud. (2011) Metode Penelitian Pendidikan, Pustaka Setia, Bandung.
Mudlofir, Ali. (2013) Pendidikan Profesional, Raja Grafindo Persada, Jakarta.
Mulyasa, E. (2008) Mengajar Guru Profesional, Remaja Rosdakarya, Bandung.
Murni, Wahid. (2010) Keterampilan Dasar Mengajar, Ar-Ruzz Media, Jogjakarta.
Nurcholis, Ahmad dan Jusuf Bahtiar. (Juni 2012) Strategi Pengembangan Kreativitas Dan Motivasi Belajar Siswa, Taalum (Jurnal Pendidikan Islam), No. 1, Vol. 22.
Pullians, Earl V. And James D. Young. (1968) A Teacher Is Many Things, Indiana University Press, USA.
Purwanto, Ngalim. (1998) Psikologi Pendidikan, Remaja Rosdakarya, Bandung.
Riduwan. (2010) Skala Pengukuran Variabel-Variabel Penelitian, Alfabeta, Bandung.
Saefullah, U. (2012) Psikologi Perkembangan Dan Pendidikan, Pustaka Setia, Bandung.
Sanjaya, Wina. (2006) Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan, Putra Grafika, Jakarta.
Siagian, Sondang P. (2004) Teori Motivasi Dan Aplikasinya, Rineka Cipta, Jakarta.
Sugiono. (2008) Statistika Untuk Penelitian, Alfabeta, Bandung.
Sugiyono. (2008) Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif Dan R & D, Alfabeta, Bandung.
Suryobroto, B. (2009) Proses Belajar Mengajar Di Sekolah, Rineka Cipta, Jakarta.
Syafei, Rahmat. (1999) Ilmu Ushul Fiqih, Pustaka Setia, Bandung.
Syah, Muhibbin. (2008) Psikologi Belajar, Raja Grafindo Persada, Jakarta.
Tadjab. (1994) Ilmu Jiwa Dan Pendidikan, Karya Abditama, Surabaya.
Thoifuri. (2007) Menjadi Guru Inisiator, Rasail Media Group, Semarang.
Uno, Hamzah. (2008) Teori Motivasi Dan Pengukurannya, Bumi Aksara, Jakarta.
Usman, Moch.Uzer. (2011) Menjadi Guru Profesional, Remaja Rosdakarya, Bandung.
Wibowo, Agus dan Hamrin.(2012) Menjadi Guru Berkarakter; Strategi Membangun Kompetensi Dan Karakter Guru, Pustaka Pelajar, Yogyakarta.
Yusuf, Syamsul dan Nani M.S. (2013) Perkembangan Peserta Didik, Rajawali, Jakarta.
Published
2018-08-01
How to Cite
Vinallia, V. (2018). Pengaruh Gaya Mengajar Guru Fiqih Terhadap Motivasi Belajar Siswa MTs Negeri Purwoasri Kab. Kediri. Intelektual: Jurnal Pendidikan Dan Studi Keislaman, 8(2), 153-162. https://doi.org/10.33367/ji.v8i2.707