Implementasi Strategi Pembelajaran Cooperative Learning Dalam Kurikulum 2013 Mata Pelajaran Pai Kelas X Semester Genap Di SMK Al Huda Kediri

  • Bambang Priyono SMKN 1 Grogol Kediri
  • Syafik Ubaidila Institut Agama Islam Tribakti Kediri
Keywords: Pembelajaran Kooperatif, Cooperative Learning, Pendidikan Agama Islam

Abstract

Abstrak.

Implematasi  strategi pembelajaran kooperatif perlurah terus dikembangkan, karena ditengarai dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Di sisi lain strategi pembelajaran kooperatif diharapatkan dapat mengembangkan hasil belajar berupa toleransi, menerima keberagaman, dan pengembangan keterampilan sosial. Fokus penelitian dalam tesis ini adalah: bagaimana langkah-langkah  pembelajaran PAI  dalam  Kurikulum 2013 dengan metode cooperative learning, (2) bagaimana implementasi metode cooperative learnin, hasil belajar siswa setelah menggunakan metode cooperative learning, dan peningkatan hasil belajar siswa setelah menggunakan metode cooperative learning kelas X Semester genap dalam kurikulum 2013 pada mata pelajaran PAI di SMK Al-Huda Kediri tahun pelajaran 2015/2016?. Pendekatan penelitian ini adalah kualitatif. Sebagaimana arahan jenis penelitian kualitatif, maka data terkumpul dianalisis dengan bekal senjata intelektual berupa teori sebagaimana disampaikan pada bab II untuk mendapatkan berbagai uraian interpretatif sesuai kaidah penelitian ilmiah yang logis dan rasional atas data yang terkumpulkan.

Hasil penelitian ini adalah: (1) Langkah-langkah  pembelajanan PAI  dalam  Kurikulum 2013 dengan metode cooperative learning dilakukan guru dengan sejumlah langkah seperti, membuat perencanaan berupa RPP, kompetensi inti dan komptendi dasar dan semua aspek yang ada di dalam RPP sudah terlaksana menurut rencana yang diinginkan. (2) Implementasi metode cooperative learning dalam kurikulum 2013 pada mata pelajaran PAI di SMK Al-Huda Kediri, antara siswa dan guru sudah melakukan hal-hal yang menjadi unsur-unsur dasar dalam pembelajaran kooperatif. (3) Hasil belajar siswa setelah menggunakan metode cooperative learning kelas X Semester genap dalam kurikulum 2013 pada mata pelajaran PAI di SMK Al-Huda Kediri berupa hasil tes kognitif siswa mendapat nilai rata-rata 84,14. (14) Peningkatan hasil belajar siswa setelah menggunakan metode cooperative learning, siswa terlihat meningkat rasa keimanan dan ketaqwaan kepada Allah dengan dibuktikan pada aspek kognitif yaitu melaksanakan ajaran agama Islam dalam kehidupan sehari-hari dan berperilaku al-amanah (berlaku jujur), al-rahman (kasih sayang), al-haya (sifat malu),  al-shidq (berlaku benar), al-syajaah (berani), qanaah atau zuhud , al-taawun (tolong-menolong).

References

Ahmadi,Abu, (2004), Psikologi Belajar, Jakarta :Rineka Cipta, 2004.
al-Abrasy, M. Athiyat (1987), Dasar-dasarPokokPendidikanIslamJakarta: BulanBintang
Alma, Buchori (2009), Guru Profesional, Bandung: Alfabeta, 2009
Arifin, H.M. (2001), Ilmu Pendidikan Islam, Jakarta: Rineka Cipta, 2001
Asma,Nur (2006) Model Pembelajaran Kooperatif, Jakarta: Dirjen Dikti
Azwar,Saifuddin, (2008) Tes Prestasi Fungsi dan Pengembangan Pengukuran Prestasi Belajar Yogyakarta : Pustaka Pelajar
Bahreisy,Salim (1977) Irsadul Ibad Terjemahan, Surabaya: Darussagaf
Budimansyah. (2004). Belajar Kooperatif Model Penyelidikan Kelompok dalam Pembelajaran Membaca Pemahaman untuk Meningkatkan Keterampilan Membaca Siswa Kelas V SD. Tesis tidak diterbitkan. Malang: Program studi pendidikan Bahasa dan Sastra SD, Pascasarjana Universitas Negeri Malang
Daradjat, Zakiah (1996) Metodologi Pengajaran Agama Islam, Jakarta: Bina Aksara.
----------------, (1996),IlmuPendidikan Islam, Jakarta: BumiAksara
----------------, (1995), DalamPeranan Agama Kesehatan Mental, Jakarta : PT. GunungAgung
Depag RI, (1989), Al-quran dan Terjemahnya. Jakarta: Depag RI
Departemen Agama RI, (1981), Al-Quran dan terjemahnya, Jakarta : Pelita
Fuad, Jauhar, Strategi Pembelajaran Kooperatif (Studi Eksperimen), Jurnal Pemikiran Keislaman 20, no. 1 (March 3, 2013): 1, http://ejournal.iai-tribakti.ac.id/index.php/tribakti/article/view/94
Hadi, Sutrisno (1989), Metodologi Research, Andi Offser, Yogyakarta
Hafizh, M. Nur Abdul "ManhajTarbiyah Al Nabawiyyah Li Al-Thifl", Penerj. Kuswandini, et al, (1997) MendidikAnakBersamaRasulullahSAW, Bandung: Al Bayan
Hamalik, Omar (1990) PerencanaanPengajaranBerdasarkanPendekatanSistem Bandung: CiptaAdityaBakti
http : // Ridwan 202. Wordpress . com / 2008 / 05 / 03 / ketercapaian - prestasi belajar /
http://ipiems.com/index.php?option=com_content&view=article&id=33:kesuksesan-dalam-mencapai-prestasi-belajar&catid=1:halaman-depan&Itemid=36
http://sunartombs.wordpress.com/2009/01/05/pengertian-prestasi-belajar/
Husain, Imam Abi bin HajjajQusairi An Naisaburi, (tt) Sahih Muslim, Juz.IV, Beirut : Dar Al-Fikr.
Ihsan, Hamdani (1998) FilsafatPendidikan Islam, Bandung: PustakaPelajar
Ilyas,Yunahar (2001) Kuliah Akhlak, Yogyakarta: LPPI
Isjoni, (2010) Cooperative Learnng: Efektifitas Pembelajaran kelompok, Bandung: Alfabeta, 2010
Jasmine, Julia (2006) Panduan Praktis Mengajar Berbasis Multiple Intelligences, Bandung: Nuansa
Lincoln YS. and Egon G. Guba, (1995), Naturalistic Inquiry, Hill, Caifornia: Sage Publications.
Maimunah.( 2005). Pembelajaran Volume Bola dengan Belajar Kooperatif Model GI pada Siswa Kelas X SMA Laboratorium UM. Tesis tidak diterbitkan. Malang: Pascasarjana Universitas Negeri Malang
Moleong, Lexy J. (2013) MetodologiPenelitianKualitatif, Rosdakarya, Bandung
Munir Yusuf, pengertian implementasi kurikulum, dalam http://www.muniryusuf.com/pengertian-implementasi-kurikulum.html, diakses 1 Pebruari 2016
Nata,Abuddin (2000), Pemikiran Para TokohPendidikan Islam, KajianFilsafatPendidikan Islam, Jakarta : Raja GrafindoPersada.
Nippan, M. Abdul Halim, (2001), AnakShalehDambaanKeluarga,Yogyakarta :MitraPustaka,
Qardawi, Yusuf (2000), Merasakan Kehadiran Tuhan, Yogyakarta: Mitra Pustaka
Rahim,Hunsi (2000), Arah Baru Pendidikan Islam Di Indonesia, Jakarta: PT Logos Wacana Ilmu
Riyanto, Yatim (2001), Metodologi Penelitian Pendidikan, SIC, Surabaya
Roestiyah NK., (1998) Didaktik, Metodik, Jakarta: Bumi Aksara
Rohani, Ahmad dan Abu Ahmad, (2001), PengelolaanPengajaran, Jakata: RinekaCipta.
Samauna,Nurdin (2004), Pengaruh Globalisasi Terhadap Moral Drajat Sumber Daya Manusia DalamPJPTII, NO 36/XII/Oktober
Slavin, Robert E. (2008) Cooperative Learning: Teori, Riset dan Praktik, Bandung: Nusa Media
Slavin, Robert E. (2008), Cooperative Learning: Teori, Riset Dan Praktik, Bandung: Nusa Media, 2008
Sukardi, DewaKetut (2000) BimbingandanKonselingdiSekolah, Jakarta: RinekaCipta
Suyitno,Imam (2011), Memahami Tindakan Pembelajaran, Bandung: Refika Aditama.
Tim Dosen IAIN Sunan Ampel Surabaya, Dasar-Dasar Kependidikan Islam
Winataputra, Udin, S. (2001). Model-model Pembelajaran Inovatif. Jakarta Pusat: Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Departemen Pendidikan Nasional
Wiriaatmaja, Rochiati (2007), Metode Penelitian Tindakan Kelas, Rosdakarya, Bandung
Zainuddin Abi al Farj al Baghdadi, (tt) J?mi al Ul?m Wa al Hik?m, Jakarta: Dinamika Berkah Utama
Zainudin, et. al., (1991) Seluk BelukPendidikan dari AL Ghazali, Jakarta: Bina Askara
Zuhairin.Dkk, (1992), Filsafat Pendidikan Islam, Jakarta: PT Bumi Aksara
----------(1989) Metodikkhususpendidikan agamaSuraabaya : UsahaNasional
Published
2018-04-01
How to Cite
Priyono, B., & Ubaidila, S. (2018). Implementasi Strategi Pembelajaran Cooperative Learning Dalam Kurikulum 2013 Mata Pelajaran Pai Kelas X Semester Genap Di SMK Al Huda Kediri. Intelektual: Jurnal Pendidikan Dan Studi Keislaman, 8(`1), 19-29. https://doi.org/10.33367/intelektual.v8i`1.693