Peningkatan Kompetensi Guru PAI pada Pelaksanaan Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) di Masa Pandemi Covid-19

  • Putra Ulinuha SD 4 Puyoh, Kudus, Indonesia
Keywords: Covid-19, Islamic Religious Education, Long-Distance Learning

Abstract

Covid-19 causes learning to be a different pattern, to avoid transmitting the virus. So schools carry out learning using the internet network. Teachers can use applications that match the material. The purpose of the study was to obtain and reveal the efforts of PAI teachers in dealing with teaching and learning activities during the Covid-19 period at SDIT Al Islamiyah Bae Kudus. This research was conducted at SDIT Al Islamiyah Bae Kudus using a qualitative approach. Data was collected through interviews, observation, and documentation. The results of this study, firstly, found that PAI teachers actively participated in online webinars every time there was training from the KKG PAI Kudus Regency and took online webinars held from the Kudus Regency Education Office and participated in training from the Central Java Province KKG. Second, revealing that PAI teachers have realized the importance of technology and applications for learning during the Covid-19 pandemic.

References

Ameli, Aisyah, Uswatun Hasanah, Hidayatur Rahman, and Abdy Mahesha Putra. "Analisis Keefektifan Pembelajaran Online di Masa Pandemi Covid-19." Mahaguru: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar 2, no. 1 (2020): 28–37.

Anwar, Muhamad. Menjadi Guru Profesional. Jakarta: Prenada Media, 2018.

Aprida, Nina Tri. "Upaya Guru PAI dalam Menanamkan Karakter Islami pada Masa Pandemi Covid-19 di SMAN 1 Jenangan Ponorogo Tahun Ajaran 2020/2021." Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo, 2021.

Arif, Arifuddin. Pengantar Ilmu Pendidikan Islam. Jakarta: Kultura GP Press Group, 2008.

Arifin, Samsul. Pendidikan Agama Islam. Yogyakarta: Deepublish, 2018.

Astini, Ni Komang Suni. "Pemanfaatan Teknologi Informasi dalam Pembelajaran Tingkat Sekolah Dasar pada Masa Pandemi Covid-19." Lampuhyang 11, no. 2 (2020): 13–25.

Dewi, Wahyu Aji Fatma. "Dampak Covid-19 terhadap Implementasi Pembelajaran Daring di Sekolah Dasar." Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan 2, no. 1 (2020): 55–61.

Fitriani, Nur Indah. "Tinjauan Pustaka Covid-19: Virologi, Patogenesis, dan Manifestasi Klinis." Jurnal Medika Malahayati 4, no. 3 (2020).

Gunawan, Imam. Metode Penelitian Kualitatif. Jakarta: Bumi Aksara, 2013.

Hamid, Abdul. "Guru Profesional." Al-Falah: Jurnal Ilmiah Keislaman dan Kemasyarakatan 17, no. 2 (2017): 274–85.

Handika, Jeffry. Pembelajaran Sains di Era Akselerasi Digital. Magetan: CV. Ae Media Grafika, 2020.

Hanum, Numiek Sulistyo. "Keefetifan E-Learning sebagai Media Pembelajaran (Studi Evaluasi Model Pembelajaran e-Learning SMK Telkom Sandhy Putra Purwokerto)." Jurnal Pendidikan Vokasi 3, no. 1 (2013).

Imelda, Ade. "Implementasi Pendidikan Nilai dalam Pendidikan Agama Islam." Al-Tadzkiyyah: Jurnal Pendidikan Islam 8, no. 2 (2017): 227–47.

Indonesia, Presiden Republik. "Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional." Jakarta: Pemerintah Republik Indonesia, 2003

Jailani, M Syahran. "Teori Pendidikan Keluarga dan Tanggung Jawab Orang Tua dalam Pendidikan Anak Usia Dini." Nadwa: Jurnal Pendidikan Islam 8, no. 2 (2014): 245–60

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. "Pedoman Penyelenggaraan Belajar dari Rumah dalam Masa Darurat Penyebaran Corona Virus Disease (Covid-19)." Surat Edaran Nomor 15 Tahun 2O2O, 021, 2020, 1–20.

Laily, Nujumul. "Upaya Guru PAI dalam Meningkatkan Kemampuan Kognitif Siswa pada Mata Pelajaran Fiqih di Masa Pandemi Covid-19." Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan 3, no. 4 (2021): 1437–45.

Loughran, John. What Expert Teachers Do: Enhancing Professional Knowledge for Classroom Practice. Routledge, 2012.

Ma’arif, Muhammad Anas. "Analisis Konsep Kompetensi Kepribadian Guru PAI Menurut Az-Zarnuji." Istawa: Jurnal Pendidikan Islam 2, no. 2 (2017): 35–60.

Masrul, M, Janner Simarmata Tasnim, Cahyo Prianto Daud Oris Krianto Sulaiman, Agung Purnomo, Didin Hadi Saputra Febrianty, Deddy Wahyudin Purba, and others. Pandemik Covid-19: Persoalan dan Refleksi di Indonesia. Medan: Yayasan Kita Menulis, 2020.

Munir. Pembelajaran Jarak Jauh Berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi. Bandung: Alfabeta, 2009.

Ni’mah, Faiqotul Izzatin. "Manajemen Pembelajaran Jarak Jauh (Distance Learning) Pada Homeschooling "Sekolah Dolan" di Kota Malang." Skripsi Jurusan Administrasi Pendidikan-Fakultas Ilmu Pendidikan UM, 2015.

Novrinda, Novrinda, Nina Kurniah, and Yulidesni Yulidesni. "Peran Orang Tua dalam Pendidikan Anak Usia Dini Ditinjau dari Latar Belakang Pendidikan." Jurnal Ilmiah Potensia 2, no. 1 (2017): 39–46.

Octavia, Shilphy Afiattresna. Sikap dan Kinerja Guru Profesional. Yogyakarta: Deepublish, 2019.

Patmonodewo, Soemiarti. Pendidikan Anak Prasekolah. Jakarta: Rineka Cipta bekerjasama dengan Departemen Pendidikan & Kebudayaan, 2000.

Rini, Yuli Sectio, and Jurusan Pendidikan Seni Tari. "Pendidikan: Hakekat, Tujuan, dan Proses." Yogyakarta: Pendidikan dan Seni Universitas Negeri Jogyakarta, 2013.

Rivalina, Rahmi. "Kompetensi Teknologi Informasi dan Komunikasi Guru dalam Peningkatan Kualitas Pembelajaran." Jurnal Teknodik (2015): 165–76.

Roqib, Mohammad, and Nurfuadi Nurfuadi. Kepribadian Guru. CV. Cinta Buku, 2020.

Rukin. Metodologi Penelitian Kualitatif. Takalar: Yayasan Ahmar Cendekia Indonesia, 2019.

Safitri, Dewi, and S Sos. Menjadi Guru Profesional. PT. Indragiri Dot Com, 2019.

Sagala, Syaiful. Kemampuan Profesional Guru dan Tenaga Kependidikan: Pemberdayaan Guru, Tenaga Kependidikan, dan Masyarakat dalam Manajemen Sekolah. Bandung: Alfabeta, 2009.

Seran, Cindy Greace, Alden Laloma, and Very Londa. "Kinerja Guru Sekolah Dasar di Masa Pandemi Covid-19 Studi di SD Inpres Tateli Kecamatan Mandolang Kabupaten Minahasa." Jurnal Administrasi Publik 7, no. 99 (2021).

Soekartawi. "Blended E-Learning: Alternatif Model Pembelajaran Jarak Jauh di Indonesia." in Seminar Nasional Aplikasi Teknologi Informasi 2006. SNATI 2006.

Sudarsana, I Ketut, Ni Gusti Ayu Made Yeni Lestari, I Komang Wisnu Budi Wijaya, Astrid Krisdayanthi, Komang Yuli Andayani, Komang Trisnadewi, and others. Covid-19: Perspektif Pendidikan. Medan: Yayasan Kita Menulis, 2020.

Suntoro, Ranu, and Hendro Widoro. "Internalisasi Nilai Merdeka Belajar dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di Masa Pandemi Covid-19." Jurnal Mudarrisuna: Media Kajian Pendidikan Agama Islam 10, no. 2 (2020): 289–310.

Suwendra, I Wayan. Metodologi Penelitian Kualitatif dalam Ilmu Sosial, Pendidikan, Kebudayaan dan Keagamaan. Bali: Nilacakra, 2018.

Ulfah, Maulidya. "Pendekatan Holistik Integratif Berbasis Penguatan Keluarga pada Pendidikan Anak Usia Dini Full Day." Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini 4, no. 1 (2019): 10–19.

Uno, Hamzah B. Model Pembelajaran Menciptakan Proses Belajar Mengajar yang Kreatif dan Efektif. Jakarta: Bumi Aksara, 2007.

Wahyono, Poncojari, H Husamah, and Anton Setia Budi. "Guru Profesional di Masa Pandemi Covid-19: Review Implementasi, Tantangan, dan Solusi Pembelajaran Daring." Jurnal Pendidikan Profesi Guru 1, no. 1 (2020): 51–65.

Wardhani, Tsaniya Zahra Yuthika, and Hetty Krisnani. "Optimalisasi Peran Pengawasan Orang Tua dalam Pelaksanaan Sekolah Online di Masa Pandemi Covid-19." Prosiding Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat 7, no. 1 (2020): 48–59.

Wijaya, Iwan. Professional Teacher: Menjadi Guru Profesional. Sukabumi: CV Jejak (Jejak Publisher), 2018.

Yazid, Muh, and Aluh Ernawati. "Hasil Belajar Siswa di MI NW Pancor Kopong pada Masa Pandemi Covid-19." Prima Magistra: Jurnal Ilmiah Kependidikan 1, no. 2 (2020): 205–9.

Yendri, Dodon. "Blended Learning: Model Pembelajaran Kombinasi E-Learning dalam Pendidikan Jarak Jauh." Universitas Andalas. Diakses Melalui: Http://Fti. Unand. Ac. Id/Images/Blende DLearning. Pdf Tanggal, 28 (2011).

Yuliana, Yeni. "Analisis Keefektivitasan Pemanfaatan E-Learning sebagai Media Pembelajaran Pendidikan Agama Islam pada Masa Pandemi Corona (Covid-19)." Salam: Jurnal Sosial dan Budaya Syar-I 7, no. 10 (2020): 875–94.

Zuhairini, Dkk. Metodologi Pendidikan Agama. Solo: Ramadhani, 1993.

Published
2021-08-31
How to Cite
Ulinuha, P. (2021). Peningkatan Kompetensi Guru PAI pada Pelaksanaan Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) di Masa Pandemi Covid-19. Intelektual: Jurnal Pendidikan Dan Studi Keislaman, 11(2), 89-107. https://doi.org/10.33367/ji.v11i2.1732