Tradisi Lalaran Sebagai Upaya Memotivasi Hafalan Santri di Pondok Pesantren Putri Al-Mahrusiyah III Mojoroto Kediri Jawa Timur

Tradisi Lalaran Sebagai Upaya Memotivasi Hafalan Santri di Pondok Pesantren Putri Al-Mahrusiyah III Mojoroto Kediri Jawa Timur

  • Erlin Nurul Hidayah Institut Agama Islam Tribakti
  • Suko Susilo Institut Agama Islam Tribakti
Keywords: Lalaran, tradition, motivate, , Hafalan Santri

Abstract

This paper aims to explain the development of memorizing students with the tradition of lalaran in Al-Mahrusiyah III Islamic boarding school Ngampel Barat. In this case the traditional activities as an effort to motivate students to memorize really must be considered.
This research uses descriptive qualitative method. Data collection techniques with interviews, observations and documentation '
The results showed :, (1) there was a change in tradition, due to the mastery of students' memorization. (2) Memorization is very urgent for Madin students' learning outcomes, because learning outcomes are measured from the student's memorization level (Makalah ini bertujuan menjelaskan perkembangan menghafal siswa dengan tradisi lalaran di pondok pesantren Al-Mahrusiyah III Ngampel Barat. Dalam hal ini aktivitas tradisi sebagai upaya memotivasi menghafal siswa harus benar-benar diperhatikan.
Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif. teknik pengumpulan data dengan wawancara, Pengamatan serta dokumentasi'
Hasil penelitian menunjukan:, (1) terjadi perubahan tradisi, karena faktor ketuntasan hafalan siswa. (2) Menghafal sangat urgen terhadap hasi belajar siswa madin, karena hasil belajar diukur dari tingkat hafalan siswa)

References

Daftar Pustaka

‘Ali bin Hajar Al-‘Asqalani, Ahmad bin. Kitab : at-tibyan fi adabi hamalatil qur’an. Bairut : Dar Ibn khazim at-thaba’ah.

A.M, Sardiman. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta : Rajawali Pres, 2007.

Abd al-Wahhab ibn Taj al-Din al-Subki, Abu Nasr. Tabaqat al-Syafi’iyah al-Kubra Kairo : al- Matba’ah al-Husainiyyah, 1349/1931,jilid IV.

Abshar-Abdalla, Ulil. dari kajian Islam Utan Kayu (kiuk) dengan Azyumardi Azra yang disiarkan jaringan radio 68 H pada kamis,25 Juli 2002, Pendidikan Agama Harus Rasional dan Toleran, http;// islamlib.com/ id/index. php? h : 226, diakses pada tanggal 24 januari 2007.

Ali, Muhammad. Penelitian Pendidikan Prosedur dan Strategi. Bandung, PT. Angkasa, 1987.

Anwar, Ali. Pembaharuan Pendidikan Di Pesanten Lirboyo Kediri. Pustaka Pelajar: februari 2011,Iat Press.

Dakir, Dasar Psikologi. Yogyakarta : Pustaka Pelajar, 1993.

Departemen Pendidikan dan Kebudayaan, 2001.

Faizin Muhith, Nur. Semua Bisa Hafal al-Qur’an. Surakarta, al-Qudwah Publishing, 2013.

Furchan, Arief. Pengantar Metode Penelitian Kualitatif. Surabaya : Usaha Nasional, 1992.

Ghazali, M. Badri. Pesantren Berwawasan Lingkungan. Jakarta: Prasasti, 2003.

Hadin Harjono, Aminul. Metodologi Penelitian Pendidikan. Semarang : Thoha Putra, 1998.

Haedaris, Amin. Peningkatan Mutu Terpadu Pesantren Dan Madrasah Diniyah. Jakarta : Diva Pustaka, 2006.

Hakim, M. Sebutan Serupa Dengan Kyai. Dikutip dari Kamus Pintar Bahasa Indonesia. Surabaya : Prima Karya, 1995.

Hasan Malakawi, Dr. Fatkhi. kitab : nushushi mina ttaraasti tarbawi Al- Islami. Al Ma’had al’alami lilfikr Al islami 1989.

Heri Jauhari Muchtar, Fikih Pendidikan, cet.2. Bandung : PT Remaja Rosda Karya, 2008.

Hidayati and Ahmad, Salim Sri. “ Penerapan Metode Lalaran Menghafal Nadhom Ilmu Nahwu Pada Santri Putra Pondok Pesantren Al Miftah Jatingarang Kidul Jatisarono Nanggulan Kulon Progo Yogyakarta”.Skripsi Thesis, Universitas Alma Ata. 2014.

http://digilib.uinsuka.ac.id/4217/1/BAB%20I%2C%20IV%2C%20DAFTAR%20PUSTAKA.pdf (peran motivasi), diakses pada tanggal 03 Maret 2019.

https : // www. artikata. com/arti-341347- motivasi.html, diakses tanggal 7 februari 2019.

Hude, M. Darvis. “Mengenal kerja Memori,

Iskandar, Metodologi Penelitian Pendidikan dan Sosial. Jakarta : GP Press, 2010.

Jauhari Muchtar, Heri. Fikih Pendidikan, cet.2. Bandung : PT Remaja Rosda Karya, 2008.

Kholidah, Rohmatul. Deskripsi Pembelajaran di Pondok Pesantren Putri, Vol. 1 No. 1 Juni 2016.

Ma’had Tahfidh Yanbu’ul Qur’an Kudus. Al qur’an terjemahan rosm utsmani. Kudus: CV.Mubarokatan Thoyyibah 2014.

Mahmud Yunus, Kamus Indonesia Arab. Jakarta : Yayasan Penyelenggaraan Penterjemah Penafsiran al-Qur’an, 1973.

Published
2020-04-30
How to Cite
Hidayah, E. N., & Susilo, S. (2020). Tradisi Lalaran Sebagai Upaya Memotivasi Hafalan Santri di Pondok Pesantren Putri Al-Mahrusiyah III Mojoroto Kediri Jawa Timur: Tradisi Lalaran Sebagai Upaya Memotivasi Hafalan Santri di Pondok Pesantren Putri Al-Mahrusiyah III Mojoroto Kediri Jawa Timur. Jurnal Intelektual: Jurnal Pendidikan Dan Studi Keislaman, 10(1), 93-102. https://doi.org/10.33367/ji.v10i1.1105