Implementasi Pembelajaran Ummi di MIN 2 Kediri Jalan Kilisuci Desa Doko Kecamatan Ngasem Kabupaten Kediri

Implementasi Pembelajaran Ummi di MIN 2 Kediri Jalan Kilisuci Desa Doko Kecamatan Ngasem Kabupaten Kediri

  • Elok Azizah MIN DOKO
  • Ahmad Ali Riyadi Pasca PGMI IAI Tribakti
Keywords: Implementasi, Pendidikan Ummi

Abstract

This research is a field research that aims to describe the application of the learning of the Koran with the Umm method for students in Madrasah Ibtidaiyah Negeri (MIN Doko) Kediri. The focus of research includes how 1) the implementation of the Ummi method, 2) the obstacles in applying the ummi method, 3) efforts to overcome the obstacles. Data collection techniques are interviews with resource persons, observation of learning activities, and documentation of all activities. The results showed that 1). The implementation of the Ummi method in learning the Qur'an is in accordance with the learning guidelines,: 2) The obstacle to the application of the ummi method is that there are teachers who are impatient when teaching, the selection of learning time is not right, there are teachers who do not obey the procedure; 3. Efforts to overcome obstacles by reminding teachers (Penelitian ini merupakan penelitian lapangan yang bertujuan mendiskripsikan penerapan pembelajaran al Qur'an dengan metode Ummi bagi siswa di Madrasah Ibtidaiyah Negeri (MIN Doko) Kediri. fokus penelitian meliputi bagaimana 1) implementasi metode Ummi, 2) hambatan penerapan metode ummi, 3) upaya mengatasi hambatan. Teknik pengumpulan data adalah wawancara terhadap nara sumber, pengamatan terhadap kegiatan pembelajaran, dan dokumentasi segala kegiatan. Hasil penelitian menunjukan yaitu 1). Implementasi metode Ummi dalam pembelajaran Al-Qur’an sudah sesuai dengan panduan pembelajaran , : 2) Pengahambat penerapan metode ummi adalah adanya guru yang kurang sabar saat mengajar , pemilihan waktu pembelajaran yang kurang tepat, adanya guru yang tidak mematuhi prosedur; 3. Upaya mengatasi hambatan dengan cara mengingatkan guru )

References

. Athaillah. 2010. Sejarah Al-Qur’an. Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Ahmad Syarifuddin. 2004. Mendidik Anak Membaca Menulis dan Mencintai Al-Qur’an. Jakarta: PT. Gema Insani Press

Departemen Agama RI. 2000. Pendidikan Agama Islam. Jakarta: Depag

Mushlihin Al-Hafizh. Metode Tilawati dalam Baca Tulis Al-Qur’an. http://www.referensimakalah.com/2019/03/metode-tilawati-dalam-baca-tulis-al.html. diakses pada tgl 3 April 2019 pukul 23.00

Maftuh bin Basthul Birri. 2000. Fathul Mannan. Kediri: MMQ Lirboyo

Muhammad Ali Sunan. “Metode Pengajaran Al-Qur’an”. http://muhammadalisunan.blogspot.com/2012/05/metode-pengajaran-al-quran.html. diakses pada tgl 3 April 2019 pukul 22.00

Mudawi ma’arif. 2009. Tahsin Al-Qur’an. Sidoarjo: Al-Qashwa

Muhammad Aly Ash-Shabuny. 1987. Pengantar Study Al-Qur’an (At-Tibyan). Bandung: Al-Ma’arif

Nasrul Islam. 2000. Dienul Islam. Bandung: PT. Al-Ma’arif

Qashta. “Macam-macam Metode Pembelajaran Al-Qur’an”. http://qashthaalhikmah.blogspot.com/2010/01/macam-macam-metode-pembelajaran-al.html. diakses pada tgl 3 April 2019 pukul 22.00

Ummi Surabaya. “Pengguna Metode Ummi dan Ummi Daerah”. Http://ummi-surabaya.blogspot.com/2012/02/pengguna-metode-ummi-dan-cabang-ummi.html. diakses pada tgl 18 Maret 2019 pukul 22.40.

Ummi Kediri. Pengguna Metode Ummi Cabang. Kediri Tahun 2017-2018.

Published
2020-04-30
How to Cite
Azizah, E., & Ali Riyadi, A. (2020). Implementasi Pembelajaran Ummi di MIN 2 Kediri Jalan Kilisuci Desa Doko Kecamatan Ngasem Kabupaten Kediri: Implementasi Pembelajaran Ummi di MIN 2 Kediri Jalan Kilisuci Desa Doko Kecamatan Ngasem Kabupaten Kediri. Jurnal Intelektual: Jurnal Pendidikan Dan Studi Keislaman, 10(1), 83-92. https://doi.org/10.33367/ji.v10i1.1104