Implementasi Pembelajaran Ummi di MIN 2 Kediri Jalan Kilisuci Desa Doko Kecamatan Ngasem Kabupaten Kediri
Abstract
Salah satu isi pendidikan Islam adalah ilmu pengetahuan yang dimulai dengan ketrampilan membaca dan menulis. Usaha awal dalam mencetak generasi Islam yang berwawasan al-Qur’an adalah mendidik mulai usia anak dan menanamkan kecintaan yang tinggi terhadap al-Qur’an serta berusaha untuk mempelajarinya dengan baik dan benar. Pendidik di lembaga Islam menyadari bahwa perlu mencari cara baru yang dalam mengajarkan al-Qur’an dengan bacaan tartil. Diantaranya dengan menggunakan metode Ummi. Implementasi metode Ummi dalam pembelajaran Al-Qur’an di MIN 2 Kediri Kec Ngasem sudah sesuai dengan panduan pembelajaran Al-Qur’an dengan metode Ummi, Proses pembelajaran metode Ummi di MIN 2 Kediri Kec Ngasem dilaksanakan dengan tiga waktu atau 3 kali tatap muka dalam satu hari dengan alokasi waktu 60 menit tiap 1 kali tatap muka: 2) Pengahambat Implementasi Metode Ummi dalam Pembelajaran Al-Qur’an di MIN 2 Kediri Kec Ngasem Kediri diakrenakan adanya guru yang kurang sabar saat mengajar Al-Qur’an pada peserta didik, pemilihan waktu pembelajaran Al-Qur’an yang kurang tepat, adanya guru Al-Qur’an yang tidak memakai alat peraga dalam proses pembelajaran; 3. Upaya Mengatasi Hambatan-hambatan dalam Implementasi Metode Ummi dalam Pembelajaran Al-Qur’an di MIN 2 Kediri Kec Ngasem dengan cara mengingatkan guru agar lebih sabar dalam mengajar anak-anak, dan memaksimalkan alat peraga
References
. Athaillah. 2010. Sejarah Al-Qur’an. Yogyakarta: Pustaka Pelajar
Ahmad Syarifuddin. 2004. Mendidik Anak Membaca Menulis dan Mencintai Al-Qur’an. Jakarta: PT. Gema Insani Press
Departemen Agama RI. 2000. Pendidikan Agama Islam. Jakarta: Depag
Mushlihin Al-Hafizh. Metode Tilawati dalam Baca Tulis Al-Qur’an. http://www.referensimakalah.com/2019/03/metode-tilawati-dalam-baca-tulis-al.html. diakses pada tgl 3 April 2019 pukul 23.00
Maftuh bin Basthul Birri. 2000. Fathul Mannan. Kediri: MMQ Lirboyo
Muhammad Ali Sunan. “Metode Pengajaran Al-Qur’an”. http://muhammadalisunan.blogspot.com/2012/05/metode-pengajaran-al-quran.html. diakses pada tgl 3 April 2019 pukul 22.00
Mudawi ma’arif. 2009. Tahsin Al-Qur’an. Sidoarjo: Al-Qashwa
Muhammad Aly Ash-Shabuny. 1987. Pengantar Study Al-Qur’an (At-Tibyan). Bandung: Al-Ma’arif
Nasrul Islam. 2000. Dienul Islam. Bandung: PT. Al-Ma’arif
Qashta. “Macam-macam Metode Pembelajaran Al-Qur’an”. http://qashthaalhikmah.blogspot.com/2010/01/macam-macam-metode-pembelajaran-al.html. diakses pada tgl 3 April 2019 pukul 22.00
Ummi Surabaya. “Pengguna Metode Ummi dan Ummi Daerah”. Http://ummi-surabaya.blogspot.com/2012/02/pengguna-metode-ummi-dan-cabang-ummi.html. diakses pada tgl 18 Maret 2019 pukul 22.40.
Ummi Kediri. Pengguna Metode Ummi Cabang. Kediri Tahun 2017-2018.
Copyright (c) 2020 Jurnal Intelektual: Jurnal Pendidikan dan Studi Keislaman

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.