Implementasi Ubudiyah NU Guna Mencegah Ideologi Yang Gemar Menvonis Bid’ah Sesat Di Pondok Pesantren Al-Ishlah Bandar Kidul Kediri

Implementasi Ubudiyah NU Guna Mencegah Ideologi Yang Gemar Menvonis Bid’ah Sesat Di Pondok Pesantren Al-Ishlah Bandar Kidul Kediri

  • Nur Sahid Institut Agama Islam Tribakti
  • Muhammad Ma'shum Institut Agama Islam Tribakti
Keywords: Ubudiyah NU, Ideologi,, Gemar Menvonis Bid’ah

Abstract

Islamic boarding schools put forward the yellow book, sanad scholarly as a learning tradition to strengthen ubudiyah, ethics, and students' thoughts, especially in the Nahdlatul Ulama tradition. The focus of this research is 1) Ubudiyah NU applied at Al-Ishlah Islamic boarding school! 2) How to prevent students from ideologies who like to convict heresy. This research uses a qualitative approach with a case study research design. Types of data are divided into two, namely written data and unwritten data. All data obtained from observation, interviews and documentation. Data analysis was performed by examining all available data, data reduction, checking the validity of the data, perseverance of observation and triangulation. Research conclusions: 1) Ubudiyah NU applied at Al-Ishlah Islamic boarding school are adhan and iqamah, dhikr together, reciting the yellow book, reading Yasin and tahlil Friday night. 2) How to prevent ideologies who like to convict are: limiting external activities, introducing scientific sanad, introducing and teaching NU traditions, Conducting workshops on NUan, holding fast to the Qur'an, hadith, ijma ', qiyas, madrasa

(Pondok pesantren mengedepankan kitab kuning, sanad keilmuwan sebagai tradisi pembelajaran untuk menguatkan ubudiyah, etika, dan pemikiran santri, terutama dalam tradisi Nahdlatul Ulama. fokus penelitian ini adalah 1) Ubudiyah NU yang di terapkan di pondok pesantren Al-Ishlah! 2) Cara mencegah santri dari ideologi yang gemar menvonis bid’ah. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan rancangan penelitian studi kasus. Jenis data dibagi menjadi dua yaitu data tertulis dan data tidak tertulis. Seluruh data diperoleh dari observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan cara menelaah seluruh data yang ada, reduksi data, pengecekan keabsahan data, ketekunan pengamatan dan triangulasi. Kesimpulan penelitian:, 1) Ubudiyah NU yang di terapkan di pondok pesantren Al-Ishlah, adalah: adzan dan iqamah, dzikir bersama, ngaji kitab kuning, membaca Yasin dan tahlil malam jum’at. 2) Cara pencegahan dari ideologi yang gemar menvonis adalah: membatasi kegiatan luar, mengenalkan sanad keilmuan, mengenalkan dan mengajarkan tradisi NU, Mengadakan workshop tentang NUan, berpegang teguh dengan Al-Qur’an, hadist, ijma’, qiyas, madrasah)

References

Taufik,Agus dkk, Pendidikan Anak di SD, (Jakarta : Universitas Terbuka, 2009)

Dhofier,Zamakhsyari, Tradisi Pesantren: Studi Tentang Pandangan Hidup Kyai (Jakarta: LP3S, 1982)

Masyhud,M. Sulthon dkk, Manajemen Pondok Pesantren (Jakarta: Diva Pustaka, 2005).

Tono,Sidik Dkk, Ibadah Dan Akhlak Dalam Islam, (Yogyakarta: UII Pres Indonesia, 1998).

al-qaradhawi,Yusuf. Bid’ah Dalam Agama, (Jakarta: Gema Insani, 2014)

Forum Kajian Ilmiah Angkatan 2014, Potret Ajaran Nabi Muhammad Dalam Sikap Santun Tradisi Dan Amalia, (Kediiri: Sumenang , 2014 )

Anwar Ali, Pembaharuan Pendidikan di Pesantren Lirboyo Kediri (Kediri: IAIT Pres 2008),

Huda Nor, Islam Nusantara (Jogjakarta: Ar-Ruzz Media, 2007)

Qomar,Mujamil. Pesantren dari transformasi Metodologi Menuju Demokratisasi Intitusi, (Jakarta: Erlangga ).

Anason, “Sejarah Masuknya Islam di Jawa” dalam Darrari Amin (ed. ), Islam dan Kebudayaan Jawa (Yogyakarta: Gadjah Mada, 2002)

Ghozali,Bahri. Pesantren berwawasan Lingkungan, (Jakarta: CV Prasasti, 2002 ),

E.S. Nadj, Perspektif Kepemimpinan dan Manajemen Pesantren, Pergulatan Dunia Pesantren: Membangun dari bawah. (Rahardjo, ed). (Jakarta: P3M, 1985),

Munir, Salamah, dan Suratman, Pendidikan Pancasila (Malang: Madani Media, 2016),

Ghazali,Muchtar Abdul Majid, PPKn, (Bandung: Remaja Rosdakarya, 2014),

Nawawi,Hadari. Istrumen Penelitian Bidang Sosial, (Yogyakarta: UGM Press, 1995),

Vrendenberg,Jacob. Metode dan Penelitian Masyarakat, (Yogyakarta: Gramedia, 1986),

Winarno Surahcmad, Dasar Dan Teknik Research, (Bnadung: Tarsito, 1970),

Yatim Riyanto, Metode Penelitian Pendidikan, (Surabaya: SIC, 2001),

Melong, Lexy, Metode Penelitian Kualitatif ( Bandung : PT. Remaja Rosda Karya, 2014 )

Ghony, Djunaidy dan Fauzan Almansur, Metodologi Penelitian Kualitatif (Jogjakarta:Arruzz Media, 2012), 248.

Published
2020-04-30
How to Cite
Sahid, N., & Ma’shum, M. (2020). Implementasi Ubudiyah NU Guna Mencegah Ideologi Yang Gemar Menvonis Bid’ah Sesat Di Pondok Pesantren Al-Ishlah Bandar Kidul Kediri: Implementasi Ubudiyah NU Guna Mencegah Ideologi Yang Gemar Menvonis Bid’ah Sesat Di Pondok Pesantren Al-Ishlah Bandar Kidul Kediri. Jurnal Intelektual: Jurnal Pendidikan Dan Studi Keislaman, 10(1), 73-82. https://doi.org/10.33367/ji.v10i1.1101