Analisis Korelasi Self Efficacy dan Flow Akademik dengan Prestasi Belajar Pendidikan Agama Islam di Sekolah Menengah Kejuruan YPM (Yayasan Pendidikan Maarif) 5 Sukodono Sidoarjo
Abstract
This study aims to determine the magnitude of the relationship (1) Self Efficacy, (2) Academic Flow, (3) PAI Learning Achievement at SMK YPM (Maarif Education Foundation) 5 Sukodono Sidoarjo. The formulation of the issues discussed are: 1) Is there a positive relationship between self efficacy and learning achievement of Islamic Religious Education (PAI) ?; 2) Is there a positive relationship between academic flow and PAI learning achievement ?; 3) Is there a positive relationship between self efficacy and academic flow with PAI learning achievement? The purpose of this research is to 1) to find out whether there is self efficacy with PAI learning achievement; 2) Knowing whether there is academic flow with PAI learning achievements d; 3) Knowing whether there is a relationship between self efficacy and academic flow with PAI learning achievement. The approach of this research is correlational quantitative research, which is a study that focuses on calculations to find the maximum relationship between the variables studied. The sampling technique uses cluster random respondents. The analysis technique used is multiple regression with the help of the SPSS 16.00 program. The results of the study show: 1) There is a significant positive relationship between self efficacy and PAI grade X learning achievement, 2) There is a significant positive relationship between academic flow and PAI grade X learning achievement .; 3) There is a significant positive relationship between self efficacy and academic flow with the learning achievement of PAI grade X at SMK YPM 5 Sukodono Sidoarjo.
(Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui besarnya hubungan (1) Self Efficacy, (2) Flow Akademik, (3) Prestasi Belajar PAI di SMK YPM (Yayasan Pendidikan Maarif) 5 Sukodono Sidoarjo. Rumusan masalah yang dibahas adalah: 1) Apakah terdapat hubungan positif antara self efficacy dengan prestasi belajar Pendidikan Agama Islam (PAI)?; 2) Apakah terdapat hubungan positif antara flow akademik dengan prestasi belajar PAI ?; 3) Apakah terdapat hubungan positif antara self efficacy dan flow akademik dengan prestasi belajar PAI ?. Tujuan dari penilitian ini adalah untuk 1) untuk mengetahui ada tidaknya self efficacy dengan prestasi belajar PAI; 2) Mengetahui ada tidaknya flow akademik dengan prestasi belajar PAI d; 3)Mengetahui ada tidaknya hubungan self efficacy dan flow akademik dengan prestasi belajar PAI . Pendekatan penelitian ini adalah penelitian kuantitatif korelasional, yaitu suatu penelitian yang menitikberatkan pada perhitungan untuk mencari sebesar-besar hubungan antara variabel yang diteliti. Teknik pengambilan sampelnya menggunakan cluster random reponden. Teknik analisa yang digunakan adalah regresi berganda dengan bantuan program SPSS 16.00.Hasil Penelitian menunjukkan: 1) Ada hubungan positif yang signifikan antara self efficacy dengan prestasi belajar PAI kelas X, 2) Ada hubungan positif yang signifikan antara flow akademik dengan prestasi belajar PAI kelas X. ; 3) Ada hubungan positif yang signifikan antara self efficacy dan flow akademik dengan prestasi belajar PAI kelas X di SMK YPM 5 Sukodono Sidoarjo)
References
Alwisol. Psikologi kepribadian. UMM Press: Malang, 2007.
AlwisolPsikologi kepribadian. UMM Press: Malang, 2007.
Cholil & Kurniawan. Psikologi Pendidikan Telaah Teoritik dan Praktik, Surabaya: IAIN Sunan Ampel Press, 2011.
Elliot, A. J., Dweck Handbook of Competence and Motivation. New York, The Guilford Press, 2005.
Harida dan Marhaeny W. Self Efficacy dan Prestasi Belajar Siswa dalam Pembelajaran Kimia, Jurnal pendidikan Matematika dan IPA, Vol. 3, No. 1 (2012)
Hobfoll, Conservation of Resources: A New Attempt at Conceptualizing Stress. American Psychologist, 44: 1989, 513-524
Lucky P Pengalaman Flow dalam Belajar, JURNAL ILMU PERILKAU, Vol. 1, No. 1, (2012), 58-71
Lucky P. Pengalaman Flow dalam Belajar, JURNAL ILMU PERILKAU, Vol. 1, No. 1, (2012), 58-71
Ormrod, Jeanne Ellis. Psikologi Pendidikan, Jakarta : ERLANGGA.
Robert A. Baron & Donn Byrne Psikologi Sosial, Jakarta : ERLANGGA, 2003.
Saifudin, PPIM: Pengajaran Pendidikan Agama Islam di SMP-SMA Tak Menarik, http://ppim.or.id/en/menu/berita/detail.php?r=20121214083330-pengajaran-pendidikan-agama islam-di-smp-sma-tak-menarik- , diunduh pada pada hari selasa, 16 Juli 2019 pukul 10.55
Suranto, Metodologi Penelitian dalam Pendidikan Dengan Progran SPSS, Semarang: CV. Ghiyyas Putra, 2009.
Suryabrata S. Psikologi pendidikan, Yogyakarta: PT. Raja grafindo Persada, 2002.
Warsito, Hadi. Hubungan antara Self Efficacy dengan Penyesuaian akademik dan Prestasi Akademik. Jurnal Psikologi, Vol. 14, No. 2 2004.
Yuwanto, L., Siandhika, L., Budiman, A.F., & Prasetyo, T.I Stres akademik dan flow akademik. Presented at Psychology Village 2 Harmotion: It‟s our nation, it‟s our concern. Universitas Pelita Harapan Jakarta, in Jakarta, 2011.
Copyright (c) 2020 Jurnal Intelektual: Jurnal Pendidikan dan Studi Keislaman

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.