Analisis Korelasi Self Efficacy dan Flow Akademik dengan Prestasi Belajar Pendidikan Agama Islam di Sekolah Menengah Kejuruan YPM (Yayasan Pendidikan Maarif) 5 Sukodono Sidoarjo

Analisis Korelasi Self Efficacy dan Flow Akademik dengan Prestasi Belajar PAI di Smk YPM (Yayasan Pendidikan Maarif) 5 Sukodono Sidoarjo

  • Erma Roidhotul Jannah Institut Agama Islam Tribakti
  • Badrus Badrus Institut Agama Islam Tribakti
Keywords: Self Efficacy, Flow Akademik, Prestasi Belajar PAI

Abstract

This study aims to determine the magnitude of the relationship (1) Self Efficacy, (2) Academic Flow, (3) PAI Learning Achievement at SMK YPM (Maarif Education Foundation) 5 Sukodono Sidoarjo. The formulation of the issues discussed are: 1) Is there a positive relationship between self efficacy and learning achievement of Islamic Religious Education (PAI) ?; 2) Is there a positive relationship between academic flow and PAI learning achievement ?; 3) Is there a positive relationship between self efficacy and academic flow with PAI learning achievement? The purpose of this research is to 1) to find out whether there is self efficacy with PAI learning achievement; 2) Knowing whether there is academic flow with PAI learning achievements d; 3) Knowing whether there is a relationship between self efficacy and academic flow with PAI learning achievement. The approach of this research is correlational quantitative research, which is a study that focuses on calculations to find the maximum relationship between the variables studied. The sampling technique uses cluster random respondents. The analysis technique used is multiple regression with the help of the SPSS 16.00 program. The results of the study show: 1) There is a significant positive relationship between self efficacy and PAI grade X learning achievement, 2) There is a significant positive relationship between academic flow and PAI grade X learning achievement .; 3) There is a significant positive relationship between self efficacy and academic flow with the learning achievement of PAI grade X at SMK YPM 5 Sukodono Sidoarjo.

(Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui besarnya hubungan (1) Self Efficacy, (2) Flow Akademik, (3) Prestasi Belajar PAI di SMK YPM (Yayasan Pendidikan Maarif) 5 Sukodono Sidoarjo. Rumusan masalah yang dibahas adalah: 1) Apakah terdapat hubungan positif antara self efficacy dengan prestasi belajar Pendidikan Agama Islam (PAI)?; 2) Apakah terdapat hubungan positif antara flow akademik dengan prestasi belajar PAI ?; 3) Apakah terdapat hubungan positif antara self efficacy dan flow akademik dengan prestasi belajar PAI ?. Tujuan dari penilitian ini adalah untuk 1) untuk mengetahui ada tidaknya self efficacy dengan prestasi belajar PAI; 2) Mengetahui ada tidaknya flow akademik dengan prestasi belajar PAI d; 3)Mengetahui ada tidaknya hubungan self efficacy dan flow akademik dengan prestasi belajar PAI . Pendekatan penelitian ini adalah penelitian kuantitatif korelasional, yaitu suatu penelitian yang menitikberatkan pada perhitungan untuk mencari sebesar-besar hubungan antara variabel yang diteliti. Teknik pengambilan sampelnya menggunakan cluster random reponden. Teknik analisa yang digunakan adalah regresi berganda dengan bantuan program SPSS 16.00.Hasil Penelitian menunjukkan: 1) Ada hubungan positif yang signifikan antara self efficacy dengan prestasi belajar PAI kelas X, 2) Ada hubungan positif yang signifikan antara flow akademik dengan prestasi belajar PAI kelas X. ; 3) Ada hubungan positif yang signifikan antara self efficacy dan flow akademik dengan prestasi belajar PAI kelas X di SMK YPM 5 Sukodono Sidoarjo)

References

Agus S. (2010), Cooperative Learning. Yogyakarta : Pustaka Pelajar

Ahmadi. 2010. Metode Penelitian, Jakarta: Bumi Aksara

Alwisol. (2007) Psikologi kepribadian. UMM Press: Malang

Arif, 2013, Hubungan antara motivasi berprestasi dengan flow akademik. Calyptra. Jurnal Ilmiah Siswa Universitas Surabaya, Vol. 2, No. 1

Bakker, A, Simon L, et al. (2011) Flow and Performance: A Study Among Talented Dutch Soccer Players. Psychology of Sport and Exercise, 12, 442-450

Bandura, A. (1997) Self Efficacy: the Exercise of Control. New York: Freeman

Baron, R.A & Donn Byrne. (2003) Psikologi Sosial. Jakarta: ERLANGGA

Bauman dan Scheffer. (2010) Seeking Flow in The Achievement Domain: The Achievement Flow Motive Behind Flow Experience. Springer Science + Business Media.

Chandra R. I. (2013) Go With The Flow: Dukungan Sosial dan Flow Akademik pada Mahasiswa, Jurnal Ilmiah Mahasiswa Universitas Surabaya, Vol. 2 No. 1

Cholil & Kurniawan. (2011) Psikologi Pendidikan Telaah Teoritik dan Praktik. Surabaya: IAIN Sunan Ampel Press

Csikszentmihalyi. (1990). Flow: The Psychology of Optimal Experience, USA: Harper Collins Pubisher

Daimurrahman, 2018, Problematika pembelajaran Pendidikan Agama Islam Di Lembaga Pendidikan Kristen (Studi Kasus Pai Di Smk Penabur Purworejo), PROGRESS, Vol 6, No. 2, Desember 2018

Elliot, A. J., Dweck. (2005) Handbook of Competence and Motivation. New York, The Guilford Press

Endah Mustikaningsih (2016), Hubungan Antara Dukungan Sosial Dan Flow Akademik dengan Prestasi Belajar Matematika Siswa SMA, Jurnal Ilmiah Mahasiswa Universitas Surabaya, Vol.5 No.1

Fiest & Fiest. 2009. Teori kepribadian Jilid I. Jakartra: Salemba Humanika

Hadi W, 2004. Hubungan antara Self Efficacy dengan Penyesuaian akademik dan Prestasi Akademik. Jurnal Psikologi, Vol. 14, No. 2

Harida dan Marhaeny W (2012), Self Efficacy dan Prestasi Belajar Siswa dalam Pembelajaran Kimia, Jurnal pendidikan Matematika dan IPA, Vol. 3, No. 1

Hobfoll, 1989, Conservation of Resources: A New Attempt at Conceptualizing Stress. American Psychologist, 44: 513-524

http://ppim.or.id/en/menu/berita/detail.php?r=20121214083330-pengajaran-pendidikan-agama islam-di-smp-sma-tak-menarik- , diunduh pada pada hari selasa, 16 Juli 2019 pukul 10.55

https://ahmadbinhanbal.wordpress.com/2017/10/31/problematika-pendidikan-agama-islam-pai-dalam-kurikulum-2013-dan-revisi-2013/ diunduh pada hari selasa, 16 Juli 2019 pukul 9.45

Jeanne Ellis Ormrod. (2008) Psikologi Pendidikan. Jakarta: ERLANGGA

Lisa R, 2013, Hubungan antara Self Efficacy Akademik dan Konsep Diri Akademik dengan Prestasi Akademik, HUMANIORA, Vol. 4, No.2, Oktober

Lucky P (2012), Pengalaman Flow dalam Belajar, JURNAL ILMU PERILKAU, Vol. 1, No. 1, 58-71

Majidah, 2012, Korelasi antara Self Efficacy dengan hasil Belajar Siswa dalam Matapelajaran Kimia di SMA, skripsi tidak diterbitkan, FKIP Untan

Muhibbin Syah. 2001. Psikologi Belajar. Jakarta: PT.Logos Wacana Ilmu

Mulayasa, E. 2013. Pengembangan dan Implementasi Kurikulum (Cet.Ke-9), Bandung: PT Remaja Rosdakarya

Mustikaningsih, E (2016) Hubungan Antara Dukungan Sosial Dan Flow Akademik dengan Prestasi Belajar Matematika Siswa SMA, Jurnal Ilmiah Mahasiswa Universitas Surabaya, Vol.5 No.1

Novita dan Dewi. (2014) Pengaruh Metode Pembelajaran Terhadap Flow Akademik pada Mahasiswa Psikologi UNISBA, Jurnal Ilmiah Universitas Islam Bandung, 279-286.

Ramayulis. 2008. Metodologi Pendidikan Agama Islam, (Jakarta: Kalam Mulia,

Riyanto, Y. (1996) Metodologi Penelitian. Jakarta: SIC, Cet. Kesatu, Yuwanto, L., Siandhika, L., Budiman, A.F., & Prasetyo, T.I. (2011) Stres akademik dan flow akademik. Presented at Psychology Village 2 Harmotion: It‟s our nation, it‟s our concern. Universitas Pelita Harapan Jakarta, in Jakarta, April 4

S. Arikunto. (1998) Manajemen Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta

S. Arikunto. (2013) Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta, hlm. 173

Salanova dkk, 2006, Flow At Work: Evidence for an Upward Spiral of Persomal and Organizational Resources.Journal of happiness studies, Vol. 7, 1-22

Sanapiah F. 2007. Format-format Penelitian Sosial, Jakarta: raja Grafindo

Sugiyono. (2012) Statistik Untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta

Sugiyono. (2013), Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta

Suranto. (2009) Metodologi Penelitian dalam Pendidikan Dengan Progran SPSS. Semarang: CV. Ghiyyas Putra

Suryabrata S. (2002) Psikologi pendidikan. Yogyakarta: PT. Raja grafindo Persada

Syamsu, Y & Juntika N. (2008) Teori kepribadian. Bandung: PT REMAJA ROSDA KARYA

Published
2020-04-30
How to Cite
Jannah, E. R., & Badrus, B. (2020). Analisis Korelasi Self Efficacy dan Flow Akademik dengan Prestasi Belajar Pendidikan Agama Islam di Sekolah Menengah Kejuruan YPM (Yayasan Pendidikan Maarif) 5 Sukodono Sidoarjo: Analisis Korelasi Self Efficacy dan Flow Akademik dengan Prestasi Belajar PAI di Smk YPM (Yayasan Pendidikan Maarif) 5 Sukodono Sidoarjo. Jurnal Intelektual: Jurnal Pendidikan Dan Studi Keislaman, 10(1), 21-30. https://doi.org/10.33367/ji.v10i1.1088