Peran Dosen dalam Meminimalisasi Perilaku Plagiasi Mahasiswa

  • Risa Rosalia Institut Agama Islam Tribakti Kediri
  • A. Jauhar Fuad Institut Agama Islam Tribakti Kediri
Keywords: Peran Dosen, Perilaku Plagiasi, Plagiasi Mahasiswa

Abstract

This study aims to determine the role of lecturers in minimizing plagiarism behavior of students. This study uses a qualitative method with interview and documentation data collection techniques. The results of the study found that : (1) socialization to students related to plagiarism, providing understanding of writing scientific papers and understanding of plagiarism, (2) students are required to revise their writing indicated plagiarism, (3) students who do plagiarism do not get assignments, (4) improve students reading culture; (5) teaches students about sentences paraphrasing, encourages indirect qoutations, provides journal references for students; (6) requires students to actively participate in discussion forums; (7) calls for retention from print books; (8) requires students to take online classes; (9) check plagiarism online; (10) giving assignments by hand; (11) determine the limit of plagiarism tolerance in accordance with the guidelines for writing scientific papers.

 

Downloads

Download data is not yet available.

References

Arifin, Zainal dan Edi Nurhidin (Eds). Pedoman Penulisan Karya Tulis Ilmiah Makalah, Proposal, Dan Skripsi. Kediri : IAIT Press, 2018.

Ardiansyah, Agus. Dkk. “Ketidakjujuran Akademik dalam Pendidikan Tinggi”, (01 Juli 2018).

Arista, Riska Fajar dan Refri Handini Listyana, ”Plagiarisme Dikalangan Mahasiswa”, Paradigma, Vol.3, No. 1, (2015).

Aziz, Lulu Andarini, Ana Irhandayaningsih, Aming Taufiq Kurniawan, “Upaya Perpustakaan dalam Mengurangi Plagiarisme Pada Karya Ilmiah Mahasiswa (Studi Kasus di UPT Perpustakaan UNIKA Soegijapranata”. Jurnal Ilmu Perpustakaan, Vol. 4, No. 3, (Juli 2015).

Hendrawan, Soetanto. “Memahami Plagiarisme Akademik”. 2014, (memahami plagiarisme akademik- Universitas Brawijaya PDFppikid.ub.ac.id>uploads >2014/10>PI…, diakses tanggal 15 Februari 2019).

Hidayah, Khoirul. ”Tingkat Pemahaman Mahasiswa tentang Perlindungan Hak Cipta atas Karya Tulis”, Jurnal Syari’ah Dan Hukum, Vol. 5, No. 1, (Juni 2013).

Hidrawati, Dhanis, Atik Catur Budiati dan Zaini Rohmad, “Habituasi Plagiasrisme Tugas Kuliah dikalangan Mahasiswa FKIP UNS”, Jurnal Ilmiah Pendidikan Sosiologi-Antropologi, Vol.5, No. 2, (2015).

Indriati, Etty. Strategi Hindari Plagiarisme. Jakarta : PT gramedia pustaka utama, 2015.

Makhfiyana, Imroatullayyin dan Moh. Mudzakkir, ”Rasionalitas Plagiarisme dikalangan Mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial Unesa”, Paradigma, Vol. 1, No. 3, (2013).

Moleong, Lexy J. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya, 2017.

Mulyana. ”Pencegahan Tindak Plagiarisme dalam Penulisan Skripsi”, cakrawala pendidikan, No. 3, (mei 2010).

Noor, Juliansyah. Metodologi Penelitian Skripsi, Tesis, Disertasi & Karya Ilmiah. Jakarta : Kencana, 2017.

Pradiansyah, Aditya. “Makna Plagiarisme bagi Mahasiswa Universitas Muhammadiyah”. Surakarta: Skripsi, Jurusan Psikologi Universitas Muhammadiyah Surakarta, (2015).

Prihantini, Febrina Nafasati dan Dian Indudewi, “Kesadaran dan Perilaku Plagiarisme dikalangan Mahasiswa (Studi pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi Jurusan Akutansi Universitas Semarang)”, Jurnal Dinamika Sosial Budaya, Vol.18, 1 (Juni 2016).

Purnamasari, Desi. ”Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Kecurangan Akademik Pada Mahasiswa”,Educational Psychology Journal, (Online), Volume.2, No.1, 2013, (https://journal.unnes.ac.is/sju/index.php/epj/article/view/ 2581, diakses 15 desember 2018).

Sagoro, Endra Murti. ”Pensinergian Mahasiswa, Dosen dan Lembaga dalam Pencegahan Kecurangan Akademik Mahasiswa Akuntansi”, Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia, Vol. XI, No. 2, (2013).

Santoso, Hari. ”Pencegahan dan Penanggulangan Plagiarisme dalam Penulisan Karya Ilmiah dilingkungan Perpustakaan Perguruan Tinggi”, (28 Juli 2015).

Soelistyo, Henry. Plagiarisme : Pelanggaran Hak Cipta Etika. Yogyakarta : kanisius, 2011.

Wiguna, I Made Arsa. “Metode Resitasi Berbasis TIK sebagai Upaya Penguatan Karakter Mahasiswa”, Cetta : Jurnal Ilmu Pendidikan, Vol. 1, No. 2, (1 juni 2018).

Published
2019-08-21
How to Cite
Rosalia, R., & Fuad, A. J. (2019). Peran Dosen dalam Meminimalisasi Perilaku Plagiasi Mahasiswa. Indonesian Journal of Islamic Education Studies (IJIES), 2(1), 61-77. https://doi.org/10.33367/ijies.v2i1.882