Pemanfaatan Media Sosial dalam Proses Pembelajaran di SMPN 1 Mojo Kediri

  • Dina Dahniary Sholekah Institut Agama Islam Tribakti (IAIT) Kediri
  • Siti Wahyuni Institut Agama Islam Tribakti (IAIT) Kediri
Keywords: Learning Process, Social Media

Abstract

This article examines social media in learning process at SMPN 1 Mojo Kediri. This study found that the use of social media in the learning process was under the supervision and direction of the teacher. If it is outside school hours, students experience difficulties or students encounter difficulties so they can directly communicate through social media to ask questions or discuss with friends or with their teacher. The use of social media also gives a positive influence on student learning achievement. The indication is seen from the condition of students who become more enthusiastic in learning. In this way, the teacher is educating students to use social media wisely. This is one form of social media literacy socialization conducted by teachers for students

 

Artikel ini mengkaji media sosial dalam proses pembelajaran di SMPN 1 Mojo Kediri. Penelitian ini menemukan bahwa pemanfaatan media sosial pada proses pembelajaran berada dalam pengawasan dan pengarahan dari guru. Apabila sudah di luar jam sekolah, siswa mengalami kesusahan atau siswa menemui kesulitan maka mereka bisa dengan langsung melakukan komunikasi melalui media sosial untuk bertanya atau berdiskusi dengan teman atau dengan gurunya. Pemanfaatan media sosial juga memberikan pengaruh positif pada prestasi belajar siswa. Indikasinya tampak dari kondisi siswa yang menjadi lebih bersemangat dalam belajar. Dengan cara itu, guru tengah melakukan edukasi kepada siswa untuk menggunakan sosial media secara bijak. Inilah salah satu bentuk sosialisasi literasi media sosial yang dilakukan guru untuk siswa.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ardianto, Elvinaro. Komunikasi Masa Suatu Pengantar. Bandung: Simbiosa Rekatama Media, 2007..
Arifin, Zaenal. “Perilaku Remaja Pengguna Gadget; Analisis Teori Sosiologi Pendidikan.” Jurnal Pemikiran Keislaman 26, no. 2 (2015): 287–316. https://doi.org/10.33367/tribakti.v26i2.219.
Arnus, Sri Hadijah. “Literasi Media: Cerdas dan Bijak Menikmati Konten Media Baru.” Al-Munzir 10, no. 1 (March 25, 2018): 131–50. https://doi.org/10.31332/am.v10i1.802.
Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia (APJJI), Penetrasi dan Profil Perilaku Pengguna Internet Indonesia: Survey 2018, diakses dari https://apjii.or.id/content/read/39/410/Hasil-Survei-Penetrasi-dan-Perilaku-Pengguna-Internet-Indonesia-2018
Fitri, Sulidar. “Dampak Positif dan Negatif Sosial Media terhadap Perubahan Sosial Anak.” Naturalistic : Jurnal Kajian Penelitian Pendidikan Dan Pembelajaran 1, no. 2 (April 17, 2017): 118–23. https://doi.org/10.35568/naturalistic.v1i2.5.
Ismail, Ismail. “Peran Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Mengantisipasi Dampak Penggunaan Media Sosial Bagi Siswa Sekolah Menengah Pertama.” IQRO: Journal of Islamic Education 1, no. 2 (December 17, 2018): 105–20. https://doi.org/10.24256/iqro.v1i2.493.
Juliswara, Vibriza. “Mengembangkan Model Literasi Media yang Berkebhinnekaan dalam Menganalisis Informasi Berita Palsu (Hoax) di Media Sosial.” Jurnal Pemikiran Sosiologi 4, no. 2 (November 6, 2017): 142–64. https://doi.org/10.22146/jps.v4i2.28586.
Khairuni, Nisa. “Dampak Positif dan Negatif Sosial Media terhadap Pendidikan Akhlak Anak (Studi Kasus di SMP Negeri 2 Kelas VIII Banda Aceh).” JURNAL EDUKASI: Jurnal Bimbingan Konseling 2, no. 1 (August 30, 2016): 91–106. https://doi.org/10.22373/je.v2i1.693.
Margono. Metodologi Penelitian Pendidikan. Jakarta: PT. Rineka Cipta, 2004.
Marlindasari, Weni. Interview, November 30, 2018.
Nugraha, Muhamad Tisna. “Budaya Literasi dan Pemanfaatan Sosial Media pada Masyarakat Akademik.” At-Turats 11, no. 2 (January 25, 2018): 124. https://doi.org/10.24260/at-turats.v11i2.884.
Putra, Nusa dan Santi Lisnawati. Penelitian Kualitatif Pendidikan Agama Islam. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya, 2013.
Rosenberg, Marc J. Strategies for Delivering Knowledge in the Digital Age. USA: McGraw-Hill Companies, 2001.
Salsabila, Nuriza, Interview, September 29, 2018.
Santoso, Agus. “Media Literacy Siswa Muslim Surabaya dalam Penggunaan Internet.” Jurnal Komunikasi Islam 5, no. 1 (June 4, 2015): 83–97. https://doi.org/10.15642/jki.2015.5.1.83-97.
Sa’ud, Udin Saefudin. Inovasi Pendidikan. Jakarta: Alfabeta, 2008.
Suryadi, Edi, Muhammad Hidayat Ginanjar, and Muhamad Priyatna. “Penggunaan Sosial Media Whatsapp Pengaruhnya terhadap Disiplin Belajar Peserta Didik pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam (Studi Kasus Di SMK Analis Kimia YKPI Bogor).” Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam 7, no. 01 (April 16, 2018): 1–22. https://doi.org/10.30868/ei.v7i01.211.
Syahputra, Iswandi. “Media Sosial dan Prospek Muslim Kosmopolitan: Konstruksi & Peran Masyarakat Siber pada Aksi Bela Islam.” Jurnal Komunikasi Islam 8, no. 1 (October 1, 2018): 19–40. https://doi.org/10.15642/jki.2018.1.1.19-40.
Zubaidi, Advan Navis. “Urgensi Literasi Media di Tengah Sinisme Antarsuku, Agama, Ras, dan Golongan.” Jurnal Komunikasi Islam 8, no. 1 (October 1, 2018): 111–28. https://doi.org/10.15642/jki.2018.1.1.111-128.
Published
2019-08-21
How to Cite
Sholekah, D. D., & Wahyuni, S. (2019). Pemanfaatan Media Sosial dalam Proses Pembelajaran di SMPN 1 Mojo Kediri. Indonesian Journal of Islamic Education Studies (IJIES), 2(1), 50-60. https://doi.org/10.33367/ijies.v2i1.850