Kontribusi Kepala Sekolah Sebagai Manajer untuk Meningkatkan Mutu Pendidikan Di MTs Negeri Kanigoro Kras Kediri

  • Makhromi Makhromi Institut Agama Islam Tribakti Kediri
  • Mahbub Budiono Institut Agama Islam Tribakti Kediri
Keywords: Kontribusi Kepala Sekolah, Mutu Pendidikan, Sekolah Sebagai Manajer

Abstract

The principal plays an important role in providing education in the school and is responsible for the management of education in the school. Efforts to improve the quality of education is a strategic stage in the effort to realize quality education. This study aims to describe how the principal, supporting and inhibiting factors, and the principal as a manager to improve the quality of education in MTs N Kanigoro Kras Kediri. The method used in this study is qualitative and data collection techniques in this study, namely: 1) observation, 2) interviews, 3) documentation. It was found: 1) In the management arrangements implemented by MTsN head Kanigoro Kras Kediri based on national curriculum and curriculum management as well as the results of MGMP teacher subject clusters. 2) Supporting factors for improving the quality of education in MTsN Kanigoro Kras Kediri are geographical locations that are far from coordination, shady and far from the air, teacher competency in accordance with the standards that were passed. While the limiting factor is lack of funds and infrastructure. 3) The principal's contribution to improving the quality of education in MTs N Kanigoro Kras Kediri improves the quality of teachers and students, by completing the academic year 2011/2012 students have obtained 100% and has supported increasing as much as 99.8% of students to improve to higher education.

Kepala sekolah memainkan peran penting dalam memberikan pendidikan di sekolah dan bertanggung jawab atas manajemen pendidikan di sekolah. Upaya peningkatan kualitas pendidikan merupakan titik strategis dalam upaya mewujudkan pendidikan yang berkualitas. Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan bagaimana manajemen kepala sekolah, faktor pendukung dan penghambat, serta kontribusi kepala sekolah sebagai manajer untuk meningkatkan kualitas pendidikan di MTsN Kanigoro Kras Kediri. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif dan teknik pengumpulan data dalam penelitian ini, yaitu: 1) observasi, 2) wawancara, 3) dokumentasi. Ditemukan bahwa: 1) Dalam pengaturan manajemen yang diterapkan oleh kepala MTsN Kanigoro Kras Kediri didasarkan pada manajemen kurikulum dan kurikulum nasional serta hasil dari kluster mata pelajaran guru MGMP. 2) Faktor pendukung untuk meningkatkan kualitas pendidikan di MTsN Kanigoro Kras Kediri adalah lokasi geografis yang jauh dari kebisingan, suasana teduh dan jauh dari polusi air, kompetensi guru sesuai dengan standar yang disyaratkan. Sedangkan faktor penghambatnya adalah kurangnya dana dan infrastruktur. 3) Kontribusi kepala sekolah sebagai manajer untuk meningkatkan kualitas pendidikan di MTsN Kanigoro Kras Kediri meningkat dalam kualitas guru dan siswa, dengan bukti pada tahun akademik 2011/2012 siswa telah lulus 100% dan telah mampu mendorong sebanyak mungkin sebagai 99,8% siswa untuk melanjutkan ke pendidikan tinggi.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Anselm Strauss & Juliet Corbin. 2009. Dasar-Dasar Penelitian Kualitatif. Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Arifin, Imron. 2008. Kepemimpinan Kepala Sekolah Dalam Mengelola Sekolah Berprestasi. Yogyakarta: Aditya Media

Buchari Alma dan Ratih Hurriyati. 2008. Manajemen Corporate dan Strategi Pemasaran Jasa Pendidikan Fokus Pada Mutu dan Layanan Prima. Bandung: Alfabeta

C. Narbuko dan Achmadi. 2003. Metodologi Penelitian. Jakarta: Bumi Aksara

Depag RI. 2003. Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: Ditjenpendis

Depdiknas RI. 2007. Standar Kompetensi Kepala Sekolah. Jakarta: Pustaka Yustisia

Djamarah, Syaiful Bahri. 2005. Guru dan Anak Didik Dalam Interaksi Edukatif. Jakarta: Asdi Mahasatya

Dokumen Tata Usaha MTs Negeri Kanigoro Kras Kediri Tahun Pelajaran 2012/2013

Hamalik, Oemar. 2010. Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara

Karsidi, Ravik. 2005. Peningkatan Mutu Pendidikan Melalui Penerapan Teknologi Jarak Jauh, Makalah disampaikan dalam seminar Regional Unit Pelaksana Belajar Jarak Jauh-Universitas Terbuka, Solo

Kasiram, Moh. 2008. Metodologi Penelitian Kualitatif-Kuantitatif. Malang: UIN Maliki Press

Martinis Yamin dan Maisah. Manajemen Pembelajaran Kelas. 2009. Jakarata: Gaung Persada

Mulyasa, E. 2003. Manajemen Berbasis Sekolah, Konsep dan Strategis, Implementasi. Bandung: Remaja RosdaKarya

Moleong, Lexy J. 2002. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosda Karya

Nazir, Moh. 1985, Metode Penelitian. Jakarta: Ghalia Indonesia

Riyanto, Yatim. 2007. Metodologi Pendidikan Kualitatif dan Kuantitaif. Surabaya: Unesa Univercity Press

Robbins dan Coulter. 1999) . Manajemen. Jakarta: Prenhallindo

Rood, Jilian. 2010. Leadershi’p In Early Childhood. Terjemahan: Imron Arifin, Kepemimpinan PAUD (Pendidikan Anak Usia Dini). Yogyakarta: Aditya Media

Sanjaya, Wina. 2008. Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: Kencana

Sagala, Syaiful. 2007. Manajemen Strategik Dalam Peningkatan Mutu Pendidikan. Bandung: Alfabeta

Sallis, Edward. 2010. Total Quality Management In Education. Ahmad Ali Riyadi (Terj.) Manajemen Mutu Pendidikan. Jogjakarta: Ircisod

Sardiman. 2001. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Raja Grafindo persada

Susilo, Muhamad Joko. 2008. Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan, Manajemen Pelaksanaan dan Kesiapan Sekolah Menyongsongnya. Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Published
2019-07-31
How to Cite
Makhromi, M., & Budiono, M. (2019). Kontribusi Kepala Sekolah Sebagai Manajer untuk Meningkatkan Mutu Pendidikan Di MTs Negeri Kanigoro Kras Kediri. Indonesian Journal of Islamic Education Studies (IJIES), 2(1), 78-93. https://doi.org/10.33367/ijies.v2i1.833