Proteksi Tanah Wakaf Dari Sengketa Tanah Melalui Program Pendaftaran Tanah Sistem Lengkap di Desa Jarak Kecamatan Plosoklaten Kabupaten Kediri

  • Galih Abditya Rahman Institut Agama Islam Tribakti Kediri
  • Abdul Halim Mushthofa Institut Agama Islam Tribakti Kediri
Keywords: Tanah Wakaf, Sertifikasi, Program PTSL

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk memahami bagaimana proses dan apa alasan sertipikasi tanah wakaf masjid dan musala di Desa Jarak Kecamatan Plosoklaten Kabupaten Kediri dilakukan oleh Pemerintah Desa Jarak. Penelitian ini menggunakan metode penelitian hukum empiris-normatif dengan jenis dan pendekatan kualitatif deskriptif serta menggunakan metode studi kasus. Jumlah tanah wakaf  yang belum bersertipikat di Indonesia sangatlah banyak. Jawa Timur menempati posisi kedua terbanyak tanah wakaf belum bersertipikat. Berbagai peraturan secara jelas memberikan pengaturan tentang prosedur perwakafan tanah dan pendaftaran tanah wakaf atau sertipikasi tanah wakaf di Kantor Pertanahan dengan mendasarkan pada ketentuan perundang-undangan yang berlaku. Fungsi utama sertipikat adalah menjadi alat bukti yang kuat sebagai jaminan kepastian hukum dan preventif timbulnya sengketa tanah. Sengketa tanah wakaf masjid dan musala terjadi diberbagai daerah di Indonesia. Dalam upaya penyelesaian sengketa pertanahan wakaf, Kementerian ATR/BPN melakukan sertipikasi tanah melalui program Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL). Program ini diprioritaskan untuk tanah wakaf masjid dan musala. Pemerintah Desa Jarak menyelenggarakan program PTSL, Tanah wakaf  seperti masjid dan musala menjadi prioritas Pemerintah Desa Jarak dalam program ini.  Penelitian ini berfokus pada beberapa hal, Pertama,bagaimana proses sertipikasi tanah wakaf masjid dan musala di Desa Jarak Kecamatan Plosoklaten Kabupaten Kediri?, Kedua, Mengapa Pemerintah Desa Jarak melakukan sertipikasi tersebut? Berdasarkan hasil temuan dan pembahasan, maka dapat disimpulkan, Pertama, prosesnya adalah melalui program PTSL persiapan berkas, pendaftaran, pengukuran, dan penerbitan. Kedua, Alasannya adalah untuk memberikan jaminan hukum yang kuat sebagai preventif timbulnya sengketa tanah dan menjaga peruntukannya agar sesuai dengan kehendak wakif.

References

al-Qur’an bi Rosmi al-Utsmani dan Terjemahnya, Kudus: CV. Mubarokatan Thoyyibah, tt.
Direktorat Pemberdayaan Zakat dan Wakaf, Direktorat Jenderal Bimbingan Masyarakat Islam Kementerian Agama Republik Indonesia,“Data Tanah Wakaf”,http://siwak.kemenag.go.id/index.php, diakses pada 09 Januari 2020.
Direktorat Pemberdayaan Zakat dan Wakaf, Direktorat Jenderal Bimbingan Masyarakat Islam Kementerian Agama Republik Indonesia, “Jumlah Tanah Wakaf Seluruh Indonesia”, http://siwak.kemenag.go.id/tabel_jumlah_tanah_wakaf.php, diakses pada 09 Januari 2020.
Dokumentasi, Nila Sari, Potensi Jarak Desa Jarak Kecamatan Plosoklaten Kabupaten Kediri Provinsi Jawa Timur Bulan 12 Tahun 2019.
Fadhilah, Nur, “Sengketa Tanah Wakaf Dan Strategi Penyeles=aiannya”, de Jure, Jurnal Syariah dan Hukum, Vol. III, 1 Juni, 2011.
Habibi, M., Fiqh Waqaf Dalam Pandangan Madzhab Dan Problematikanya, Kediri: SANTRI SALAF PRESS. 2017.
Humas, “Presiden Jokowi Banyak Sengketa Tanah Wakaf Karena Tidak Pegang Sertipikat”, http://setkab.go.id/presiden-jokowi-banyak-sengketa-tanah-wakaf-karena-tidak pegang sertipika, 04 Januari 2019, diakses 15 Desember 2019.
IstibdaL Dalam Perspektif Hukum Islam Studi Kasus di Masjid al-Ikhlas Desa Blabak Kecamatan Kandat Kabupaten Kediri”, (Skripsi, Prodi Ahwal Al-Syakhshiyah Fakultas Syariah dan Hukum Universitas Islam Negeri Sunan Ampel, Surabaya, 2015.
Lubis, Syaddan Dintara, et.al., “Hubungan Hukum Pengelolaan Wakaf Antara Nazhir Dan Badan Wakaf Indonesia Provinsi Sumatera Utara Terhadap Tanah Wakaf Yang Belum Terdaftar (Studi di Kota Medan)”, USU Law Journal, Vol. III, 3 November, 2015.
Mulyadi, Satino, “Penyelesaian Sengketa Kepemilikan Tanah Bersertipikat
Muslim, Shahih Muslim
Nurnasrina, P. Adiyes Putra, Kegiatan Usaha Bank Syariah, Yogyakarta: Kalimedia, 2018
Pasal 67 UU RI 6/2014 Tentang Desa
PP 24/1997 Tentang Pendaftaran Tanah
Rafeldi, Mediya, Kompilasi Hukum Islam dan Undang-Undang Perkawinan, Wkaf, & Penyelenggaraan Haji ,Jakarta; Alika, 2016.
Rawi, Hofid Eksan, “Sertipikasi Wakaf Tanah MilikPerspektif Teori Sistem Hukum Lawrence M. Friedman Studi di Desa Jeruk Soksok, Kecamatan Binakal, Kabupaten Bondowoso”, (Tesis,: Program Magister Al-Ahwal Al-Syakhshiyah Universitas Islam Negeri (UIN) Maulana Malik Ibrahim,Malang, 2019.
Tim Penyusun, Himpunan Fatwa MUI, (Jakarta: Emir, 2015), h, 404.
Ulinnuha, Muhammad Shokhan, “Alih Fungsi Penggunaan Tanah Wakaf
Umi Supraptiningsih, “Problematika Implementasi Sertipikasi Tanah Wakaf Pada Masyarakat”, Nuansa, Vol. IX, 1 Juni-Juli, 2012.
Published
2020-12-16
How to Cite
Rahman, G. A., & Mushthofa, A. H. (2020). Proteksi Tanah Wakaf Dari Sengketa Tanah Melalui Program Pendaftaran Tanah Sistem Lengkap di Desa Jarak Kecamatan Plosoklaten Kabupaten Kediri. Legitima: Jurnal Hukum Keluarga Islam, 3(1), 19-36. https://doi.org/10.33367/legitima.v3i1.1442

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.