Analisis Perda Nomor 1 Tahun 2012 tentang Rencana Tata Ruang Wilayah Kota Kediri Terhadap Undang-undang Lingkungan Hidup

  • Syamsul Umam Institut Agama Islam Negeri Tulungagung
Keywords: Perda, Lingkungan, Kebijakan

Abstract

Pembangunan merupakan upaya sadar yang dilakukan manusia untuk mencapai kehidupan yang lebih baik.  Hakekat pembangunan adalah bagaimana agar kehidupan hari depan lebih baik dari hari ini.  Di sisi lain, perubahan besar itu sendiri membawa dampak negative terhadap lingkungan hidup.  Kerusakan lingkungan hidup lebih banyak disebabkan oleh sikap pengkhilafan pembangunan yang kurang menyadari pentingnya segi lingkungan hidup serta akibat keterbatasan dan penataan kota yang kurang baik.

Secara khusus penelitian ini hendak menjelaskan bagaimana analisis konsistensi dan harmonisasinya perda tata ruang kota Kediri bila dikaitkan dengan undang-undang lingkungan hidup beserta implementasinya dan faktor-faktor yang mempengaruhi implementasi peraturan daerah tata ruang kota tersebut. Sedangkan analisis pergeseran terbagi menjadi tiga yaitu analisis pergeseran pada azas filosofi, normatif dan analisis pergeseran implementasi penataan ruang.  Implementasi kebijakan penataan ruang bila dikaitkan dengan undang-undang lingkungan hidup telah mengalami pergeseran yang sangat signifikan, karena sebagian kebijakan pengembangan ruang kota Kediri tidak sesuai dengan fungsi peruntukan lahan.  Serta faktor-faktor yang mempengaruhi implementasi Peraturan Daerah Tata Ruang Kota Kediri bila dikaitkan dengan Undang-undang Lingkungan Hidup tidak dapat terlepas dari pertimbangan-pertimbangan sosiologis yang antara lain; faktor perkembangan penduduk, faktor ekonomi yang menjadi faktor utama, faktor estetika, serta faktor filosofis.  Belum lagi ditambah dengan faktor-faktor lainnya seperti pelanggaran yang dilakukan pihak-pihak swasta, kebijakan pimpinan yang menyalahi pelanggaran yang dilakukan pihak-pihak swasta, kebijakan pimpinan yang menyalahi peraturan perundang-undangan, belum adanya tindakan yang konkrit dari pemerintah.

References

Berg, Bruce L., Law Enforcement, An Introduction to Police In Society, Allyn And Bacon, A Division of Simon & Schuster, Inc.

Hermanto, Dardek A., Revitalisasi Penataan Ruang Untuk Mewujudkan Ruang Nusantara yang Nyaman, Produktif dan Berkelanjutan, dalam Pattimura Luthfi (editor), Penataan Ruang Untuk Kesejahtraan Masyarakat; Khazanah Pemikiran Para Pakar, Birokrat dan Praktisi, LSKPI, Press: Jakarta, 2005

Hidayat, Arif dan Dr. FX. Aji Samekto, Penegakan Hukum Lingkungan di Era Otonomi Daerah, Badan Penerbit Universitas Diponegoro, Semarang : Cetakan I, 2007.

Islamy, Irfan, Prinsip-prinsip Perumusan Kebijaksanaan Negara, Jakarta : PT. Bumi Aksara, Cetakan ke-8, 1997.

Kusuma, Mulyana W., Perspektif, Teori dan Kebijaksanaan Hukum, Rajawali, Jakarta 1986,

Manan, Abdul, Aspek-aspek Pengubah Hukum.,Jakarta : Prenada Media , 2005.

Marx, Karl, Capital : A Critique of Political Economi, Vol. 1, New York: Humebolett Publishing Co, 1886.

Muhammad, Abdulkadir, Hukum dan Penelitian Hukum, PT. Citra Aditya Bakti, Badung, 2004.

Rahardjo, Satjipto, “Mempertahankan Pikiran Holistik dan Watak Hukum Indonesia”, dalam Masalah-masalah Hukum, Edisi Khusus, Semarang : FH Undip, 1997.

Rahardjo, Satjipto, Beberapa Pemikiran tentang Rancangan Antar Disiplin Dalam Pembinaan Hukum Nasional, Penerbit Sinar Baru Bandung, 1985.

Rasjidi, Lili & I.B. Wyasa Putra. Hukum sebagai Suatu Sistem. Bandung : PT. Ramaja Rosdakarya, 1993. Juga dalam Ian Craib. Teori-teori Sosial Modern, Dari Parsons samapai habermas. Jakarta : Raja Grafindo Persada, Cetakan ke-3, 1994.

Salim, Emil, Lingkungan Hidup dan Pembangunan, Mutiara Sumber Widya, Jakarta : Cetakan, 10, 1995.

Samekto, FX. Adji , Studi Hukum Kritis : Kritik terhadap Hukum Modern, Semarang : Badan Penerbit Undip, 2003

Soedjono D., Segi-segi Hukum tentang Tata Bina Kota di Indonesia. Bandung : PT. Karya Nusantara, 1978.

Sumaryono, E, Etika Profesi Hukum, Penerbit Kanisius , Yogyakarta , 1995.

Trubek, David M. , Max Weber on Law and the Rise of Capitalism, Yale School Studies in Law and Modernization, (Tanpa Tahun),

Unger, Roberto M., Law and Modern Society : Toward a Criticism of Social Theory. Free Press, 1976;

Published
2019-12-31
How to Cite
Umam, S. (2019). Analisis Perda Nomor 1 Tahun 2012 tentang Rencana Tata Ruang Wilayah Kota Kediri Terhadap Undang-undang Lingkungan Hidup. Legitima: Jurnal Hukum Keluarga Islam, 2(1), 74-98. https://doi.org/10.33367/legitima.v2i1.1075

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.