Manajemen Kepala Sekolah Perempuan untuk Mewujudkan Sekolah Unggulan

  • Fatwa Destinasi Institut Agama Islam Tribakti Kediri
  • Miftahuddin Institut Agama Islam Tribakti Kediri
Keywords: Manajemen,, Kepala Sekolah Perempuan, Sekolah Unggulan

Abstract

Keberhasilan lembaga sekolah tidak terlepas dari manajemen yang diterapkan oleh seorang kepala sekolah serta bagaimana menggerakkan guru-guru serta karyawan yang terkait didalamnya. Seorang kepala sekolah harus mampu menjadikan lembaga yang dipimpinnya menjadi lembaga sekolah yang  sehingga, dapat menghasilkan out put yang berkualitas unggul pula. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan manajemen yang diterapkan kepala sekolah perempuan untuk mewujudkan sekolah unggulan di SMPN 4 Kediri dan faktor-faktor apa saja yang menjadi pendukung maupun penghambat dalam manajemen yang diterapkan oleh kepala sekolah perempuan untuk mewujudkan sekolah unggulan di SMPN 4 Kediri. Metode penelitian dalam penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif dengan pendekatan studi kasus. Teknik pengumpulan data melalui observasi langsung, wawancara mendalam Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) manajemen yang diterapkan kepala sekolah perempuan untuk mewujudkan sekolah unggulan di SMPN 4 Kediri meliputi beberapa tahap yaitu perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan, pengawasan dan penilaian. 2) faktor pendukung dan penghambat kepala sekolah perempuan untuk mewujudkan sekolah unggulan di SMP Negeri 4 Kediri yaitu: adanya kerjasama yang baik antara kepala sekolah dengan guru, sarana dan prasarana yang memadai, dan apresiasi kepala sekolah yang baik, sedangkan factor penghambatnya adalah masih ada beberapa guru yang mengajar tidak sesuai dengan kurikulum, factor usia dari pendidik yang menjadikan kurang maksimalnya kegiatan pendidikan.

References

Widodo, Hendro. Kepemimpinan Kepala Sekolah Perempuan Di Sekolah Dasar Muhammadiyah Kabupaten Sleman [Female Principal Leadership At Muhammadiyah Elementary School, Sleman Regency]. Pedagogia Jurnal Pendidikan Vol. 8 (1). Yogyakarta: Universitas Ahmad Dahlan. 2019.

Saharsaputra, Uhar. Kepemimpinan Inovasi Pendidikan (Mengembangkan Spirit Entrepreneurship Menuju Learning School). Bandung: PT Refika Aditama. 2016.

Kristiyanti, Eutrovia Iin, & Muhyadi. “Kepemimpinan Kepala Sekolah Perempuan (Studi Kasus Smkn 7, Smkn 1 Bantul, Smkn 1 Tempel)”.Jurnal Akuntabilitas Manajemen Pendidikan. Volume 3, No 1, ASMI “DESANTA”. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta. 2015.

Sulfemi & Wahyu Bagja. Model Pembelajaran Kooperatif Mind Mapping Berbantu Audio Visual Dalam Meningkatkan Minat, Motivasi dan Hasil Belajar IPS. Jurnal PIPSI (Jurnal Pendidikan IPS Indonesia), Vol. 4(1). 2019.

Ali, Muhammad. Fungsi Manajerial Kepala Sekolah dalam Mewujudkan Program Keagamaan. Jurnal Manajemen Pendidikan Islam Volume 2, Nomor 1. 2020.

Triwiyanto. “Pemetaan Mutu Manajemen Berbasis Sekolah Melalui Audit Manajemen Pendidikan”. Jurnal Manajemen Pendidikan. 2013.

Hasibun. Manajemen. Jakarta: Bumi Aksar. 2009.

Tim Prima Pena. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Gita Media Press. 2000.

Budi R, Sabar. Manajemen Sekolah Untuk Mencapai Sekolah Unggul Yang Menyenangkan: Studi Kasus Di Sman 1 Sleman Yogyakarta. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, Vol. 1, Nomor 2. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta. 2016.

H. E. Mulyasa. Menjadi Kepala Sekolah Profesional. Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 2018.

Purwanto, M. Ngalim. Administrasi dan Supervisi Pendidikan. Bandung: PT. Rosdakarya. 2003.
Harjanto, Kaufman. Perencanaan Pengajaran. Jakarta: PT. Rineka Cipta. 2003.Sondang P. Siagian, Teori dan Praktek Kepemimpinan. Jakarta: PT Rineka Cipta. 2015.

Hasibuan, Melayu. Manajemen Organisasi. Jogjakarta: Cakrawala. 2011.

Rahman. Actuating dalam Manajemen Sumber Daya Manusia. Lampung: Universitas Negeri Lampung. 2011.

Mipsu Tausyadi, Strategi Kepala Sekolah Dalam Peningkatan Etos Kerja Guru Di Smpn 36 Pendidikan Khusus Layanan Khusus Kabupaten Kaur. Jurnal An-Nizom Vol. 4, No. 3. Bengkulu: IAIN Bengkulu. 2019.

Muhaimin dkk. Manajemen Pendidikan (Aplikasinya dalam Penyusunan Rencana Pengembangan Sekolah/ Madrasah). Jakarta: Kencana Prenada Media Group. 2010.

Sri Banun Dkk, Strategi Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan Pada Smp Negeri 2 Unggul Mesjid Raya Kabupaten Aceh Besar. Jurnal Administrasi Pendidikan. Volume 4, No. 1. Banda Aceh: Universitas Syiah Kuala. 2016.

Rahman, Syarifah. Mengenal Sekolah Unggul. Jurnal: Itqan. Vol. VII, No. 1. 2016.

Morrison, D.M. & Mokashi K. & Cotter K. Instructional quality indicators: Research foundations, (Cambridge University. 2011.
Published
2020-11-30
How to Cite
Destinasi, F., & Miftahuddin. (2020). Manajemen Kepala Sekolah Perempuan untuk Mewujudkan Sekolah Unggulan. Indonesian Journal of Humanities and Social Sciences, 1(3), 221-232. https://doi.org/10.33367/ijhass.v1i3.1502