Persepsi Metode Yanbu’a dan Pengaruh Terhadap Hasil Belajar Membaca Al Qur’an di TPQ Raudlatul Mubtadi-ien Kediri

  • Niswatul Mutiah Institut Agama Islam Tribakti Kediri
  • A. Jauhar Fuad Institut Agama Islam Tribakti Kediri
Keywords: Perception, Learning Outcome, The Yanbu'a Method

Abstract

A quantitative approach is used in this research using non-parametric statistical analysis of the Kendall tau formula. This form of research is based on field research conducted at TPQ Raudlatul Mubtadi-ien Kediri. The researcher used the data collection method by interviewing and distributing questionnaires with a sample of 48% of the 125 students, who were studied, namely the students of TPQ Raudlatul Mubtadi-ien Kediri who were class II and III ibtida 'who recited with the yanbu'a method. In this study, the researcher will look for the influence of the yanbu'a learning method on the reading potential of the students of TPQ Raudlatul Mubtadi-ien. This Al Qur'an reading program is available at the TPQ Raudlatul Mubtadi-ien from kindergarten to ibtida 'class III. The findings of this research are balanced students' perceptions and reading potential of the Qur'an at a high level, however, in the hypothesis test it is rejected with a value of 0.106 with a significance of 0.130, which means that most of the students do not understand and are not aware of learning with the yanbu'a method, students only focus on the Koran.

References

Akbar, Doni. “Pengaruh Rutinitas Membaca Alquran Sebelum Belajar Terhadap Prestasi Belajar Pendidikan Agama Islam Di Kelas VIII SMP Negeri 19 Palembang.” Jurnal Intelektual: KeIslaman, Sosial Dan Sains 8, no. 1 (Juni 2019): 2622–8491. http://dx.doi.org/10.19109/intelektualita.v8i1.4227.

Anggranti, Wiwik. “Penerapan Metode Pembelajaran Baca Tulis Al Qur’an (Studi Deskriptif-Analitik Di SMP Negeri 2 Tenggarong.” Intelegensia 1, no. 1 (1 April 2016). http://ejurnal.unikarta.ac.id/index.php/intelegensia/article/view/236.

Ardianto, Elvinaro. Metodologi Penelitian untuk Public Relations Kuantitatif dan Kualitatif. Bandung: Simbiosa Rekatama Media, 2011.

Dewi Wijayanti, Euis, Imas Musyaropah, dan Ilham Mu’tamariah. “Kualitas Baca Al Qur’an Anak, oleh Euis Dewi Wijayanti, Imas Musyaropah dan Ilham Mu’tamariah - Penelusuran Google.” Jurnal Pendidikan Islam 2, no. 2 (Februari 2019): 1–15.

Fadli, Iman Nurul, dan Usep Mohamad Ishaq. “Aplikasi Pengenalan Huruf dan Makharijul Huruf Hijaiyah dengan Augmented Reality Berbasis Android.” Jurnal Sistem Komputer 7, no. 2 (Oktober 2019): 70–83.

Fuad, A. Jauhar, dan Agus Eko Sujianto. Analisis Statistik Dengan Program SPSS. Tulungagung: Cahaya Abadi, 2014.

Hafsari, Mardi Takwim, dan Nursaeni. “Pengaruh Metode Pendidikan Al Qur’an Orang Dewasa Terhadap Kemampuan Membaca.” Journal Islamic Of Education 1, no. 1 (Juli 2018): 1–24.

Husti, Ilyas. “Metode Tahfidz Al Qur’an Ala Turki Utsmani (Kajian Terhadap Peranan Tahfidz Al Qur’an pada Yayasan Sulaimaniye Istanbul Turki) Husti Al-Fikra.” Al Fikra : Jurnal Ilmiah Kesehatan 13, no. 1 (2014). http://ejournal.uin-suska.ac.id/index.php/al-fikra/article/view/3992.

Kusuma, Yuanda. “Model-Model Perkembangan Pembelajaran BTQ Di TPQ/TPA Di Indonesia.” J-PAI: Jurnal Pendidikan Agama Islam 5, no. 1 (30 Desember 2018). https://doi.org/10.18860/jpai.v5i1.6520.

Latifah, NIM : 12480066. “Pengaruh Penerapan Metode Yanbu’a Terhadap Kemampuan Baca Tulis Al-Qur’an Di Kelas Ii Mi Sunan Pandanaran Ngaglik Sleman Yogyakarta Tahun Pelajaran 2015/2016.” skripsi, uin sunan kalijaga yogyakarta, 2016. http://digilib.uin-suka.ac.id/21616/.

Mamlu’ah, Aya, dan Devy Eka Diantika. “Metode Yanbu’a Dalam Penanaman Kemampuan Membaca Huruf Hijaiyah Pada Santri TPQ At-Tauhid Tuban.” Al Ulya 3, no. II (30 Agustus 2018): 110–19.

Munir, Syahrul. Wawancara. TPQ Roudlatul Mubtadi-’ien, 25 Februari 2020.

Nurkholis, Muhammad, Unang Wahidin, dan Muhamad Priyatna. “Implementasi Pembelajaran Baca Tulis Al Qur’an (BTQ) Sistem Kuttab dan Relevansinya pada Pendidikan Anak Usia Dini di Kuttab Nurussalam Cikoneng Kabupaten Ciamis Tahun 2018.” Prosa PAI : Prosiding Al Hidayah Pendidikan Agama Islam 1, no. 2 (19 Maret 2019): 30–42. https://doi.org/10.30868/ppai.v1i2.407.

Rizki Nur Tri Rahayu, “Studi Komparasi Kemampuan Membaca Al-Qur’an Berdasarkan Latar Belakang Pendidikan Pada Siswa Kelas Vii Mts Negeri 1 Yogyakarta Tahun Pelajaran 2016/2017.” Skripsi, UIN Sunan Kalijaga, 2017. http://digilib.uin-suka.ac.id/26779/.

Saputra, Rendy Rinaldy, Jafar Sodiq, dan Cahya Ningsih. “(PDF) Analisis Hubungan Penerapan Metode Ummi dengan Kemampuan Baca Al Qur’an Siswa SDIT Khoiru Ummah Liwa | dikdas matappa and Rendy R I N A L D Y Saputra - Academia.edu.” Dikdas Matappa: Jurnal Ilmu Pendidikan Dasar 1, no. 1 (April 2018): 32–38.

Suriah, Muslikah. “Metode Yanbu’a Untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Al-Quran Pada Kelompok B-2 RA Permata Hati Al-Mahalli Bantul.” Jurnal Pendidikan Madrasah 3, no. 2 (13 Desember 2018): 291–99.

Syaikhon, Muhammad. “Penerapan Metode Tilawati Dalam Pembelajaran Membaca Alqur’an Pada Anak Usia Dini Di KB Taam Adinda Menganti Gresik.” Education and Human Development Journal 2, no. 1 (22 Juni 2017). http://journal.unusa.ac.id/index.php/education/article/view/260.

Tanzeh, Ahmad. Metodologi Penelitian Praktis. Yogyakarta: Teras, 2011.

Wasito, Wasito, dan Moh Turmudi. “Penerapan Budaya Religius Di SD al Mahrusiyah.” Jurnal Pemikiran Keislaman 29, no. 1 (7 September 2018): 1–22. https://doi.org/10.33367/tribakti.v29i1.560

Published
2020-11-30
How to Cite
Mutiah, N., & Fuad , A. J. (2020). Persepsi Metode Yanbu’a dan Pengaruh Terhadap Hasil Belajar Membaca Al Qur’an di TPQ Raudlatul Mubtadi-ien Kediri. Indonesian Journal of Humanities and Social Sciences, 1(3), 154-164. https://doi.org/10.33367/ijhass.v1i3.1455

Most read articles by the same author(s)