Analisis Kepuasan Mahasiswa Terkait Kinerja Pembelajaran Daring oleh Dosen Via Aplikasi Whatsapp Grup

  • Mohammad Auza’i Aqip Institut Agama Islam Tribakti Kediri
  • Muslimin Institut Agama Islam Tribakti Kediri
Keywords: Satisfaction, Distance Learning, WA Group Application

Abstract

Distance learning is an alternative to learning in the Covid19 era by using the Whastapp Group application. Where the educator plays a major role, namely the lecturer. Lecturers who are given the mandate to guide students must have specific skills, including pedagogical competence, professional competence, personality competence, and social competence. Learning by lecturers is like services provided to consumers or college students. In providing services, of course, what must be considered is the quality of the service itself. The level of service quality can only be seen by consumers or college students. When the quality of service exceeds the expectations thought by college students, a sense of satisfaction will arise. The description of student satisfaction related to distance learning performance by lecturers is very satisfying for all indicators of personality and social competence. 

References

Afrodhita Munthe, dan Halimatus Sakdiah. “Pelaksanaan Rumusan Tujuan Instruksional Dan Penggunaan Metode Mengajar Guru Di Smp Negeri 6 Percut Sei Tuan,” T.T.

Apriyani, Dwi Aliyyah. “Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen,” t.t., 7.

Bainus, Arry, dan Junita Budi Rahcman. “Editorial: Pandemi Penyakit Menular (Covid-19) Hubungan Internasional.” Intermestic: Journal of International Studies 4, no. 2 (31 Mei 2020): 111. https://doi.org/10.24198/intermestic.v4n2.1.

Dewi, Luh Retiantari, dan Naswan Suharsono. “Pengaruh Kompetensi Pedagogik Dan Kompetensi Profesional Terhadap Hasil Belajar Siswa Dalam Mata Pelajaran Ekonomi Kelas X Sman 4 Singaraja” 4, no. 1 (2014): 11.

Guru Profesional : Implementasi Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) dan Sukses dalam Sertifikasi Guru. Jakarta: Rajagrafindo Persada, 2007.

Irawadi, Wawan. “The Effec of Price, Trust And Service Quality On Customer Satisfaction Of Moerni Store In Pati,” t.t., 14.

Lestari, Junita Rina Sri. “Efektivitas Program Homestay Dalam Pembentukan Karakter Kemandirian Siswa Di Sekolah Dasar Az-Zakiyah Islamic School,” t.t., 95.

Malyana, Andasia. “Pelaksanaan Pembelajaran Daring Dan Luring Dengan Metode Bimbingan Berkelanjutan Pada Guru Sekolah Dasar Di Teluk Betung Utara Bandar Lampung,” t.t.

Nasution. Manajemen Mutu Terpadu (Total Quality Management). Jakarta: Ghalia Indonesia, 2001.

Nazarudin, Rahman. Manajemen Pembelajaran: Implementasi Konsep Karakteristik dan Metodologi Pendidikan Agama Islam di Sekolah Umum. Jogjakarta: Pusaka Felicha, t.t.

Nilasari, Eswika. “Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap” 13, no. 01 (2015): 12.

“Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 16 Tahun 2007 tentang standar Kompetensi Pendidik,” t.t.

Poerwadarminta. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka, t.t.

Pribadi, Benny A. Model Desain Sistem Pembelajaran. Jakarta: Dian Rakyat, t.t.

Rahmawati, Anggun, dan C Indah Nartani. “Kompetensi Sosial Guru Dalam Berkomunikasi Secara Efektif Dengan Siswa Melalui Kegiatan Pembelajaran Bahasa Indonesia Di Sd Negeri Rejowinangun 3 Kotagede Yogyakarta,” t.t., 5.

Rohman, Ahmad Aunur, M. Ismail, dan Emy Siswanah. “Media Pembelajaran Matematika SMP Berbasis Android Berorientasi UoS untuk meningkatkan Hasil Belajar Siswa.” Square : Journal of Mathematics and Mathematics Education 1, no. 1 (16 September 2019): 19. https://doi.org/10.21580/square.2019.1.1.4057.

Sulastri, Tuti. “Analisis Kepuasan Mahasiswa Terhadap Kinerja Dosen.” Optimal: Jurnal Ekonomi Dan Kewirausahaan 10, no. 2 (2016): 167–84.

Supranto, Johanes. Pengukuran tingkat kepuasan pelanggan : untuk menaikkan pangsa pasar. Jakarta: Rineka Cipta, 2006.

“Undang-Undang Nomor 12 Tahun 2012 tentang Pendidikan Tinggi,” t.t.

“Undang-Undang Nomor 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen” Pasal 10 Ayat 1 (t.t.).

Published
2020-11-30
How to Cite
Aqip, M. A., & Muslimin. (2020). Analisis Kepuasan Mahasiswa Terkait Kinerja Pembelajaran Daring oleh Dosen Via Aplikasi Whatsapp Grup. Indonesian Journal of Humanities and Social Sciences, 1(3), 141-153. https://doi.org/10.33367/ijhass.v1i3.1454