Program Musyawarah dalam Mengembangkan Kemampuan Kognitif Siswa Madrasah Diniyah Haji Ya'qub

  • Muhammad Al-Qodhi Abi Saidil Mahzumi Institut Agama Islam Tribakti (IAIT) Kediri
  • Wasito Wasito Institut Agama Islam Tribakti Kediri
Keywords: Program Musyawarah, Kemampuan Kognitif

Abstract

Tulisan ini bertujuan untuk mengeksplorasi program musyawarah dengan memanfaatkan konsep konstruktivisme sosial untuk menjelaskan perkembangan kognitif siswa di Madrasah Diniyah Haji Yaqub (MDHY) Pondok Pesantren Lirboyo Kediri. Penelitian ini beranjak dari dua pertanyaan penelitian, Apakah program musyawarah di MDHY masih berlangsung secara tradisional atau mengarah pada kontekstualisasi? bagaimana praktik program musyawarah dalam mengembangkan perkembangan kognitif siswa? Dengan dua pertanyaan itu, hasil penelitian ini menemukan bahwa program musyawarah tengah mengalami perubahan menjadi musyawarah konstruktif dengan membentuk program Musyawah Gabungan Sughra (MGS) yang berlangsung di luar jadwal pelajaran resmi dan dikelola langsung oleh MDHY. Hambatan belajar siswa diatasi secara bertahap dengan mengarahkan suasana belajar aktif dan mendorong interaksi belajar yang memaksimalkan interaksi sosial secara menyeluruh

Downloads

Download data is not yet available.

References

Elliot, Stephen N., Thomas R. Kratochwill, Joan Littlefield Cook, and John F. Travers. Educational Psychology: Effective Teaching, Effecctive Learning. Third Edition. United States of America: The McGraw-Hill Companies, 2010.

Sanjaya, Wina. Strategi Pembelajara Berorientasi Standar Proses. Jakarta: Kencana, 2013

Sugihartono, dkk. Psikologi Pendidikan. Yogyakarta: UNY Press, 2007.

Published
2019-01-31
How to Cite
Mahzumi, M. A.-Q. A. S., & Wasito, W. (2019). Program Musyawarah dalam Mengembangkan Kemampuan Kognitif Siswa Madrasah Diniyah Haji Ya’qub. Jurnal Pemikiran Keislaman, 30(1), 115-129. https://doi.org/10.33367/tribakti.v30i1.664