Program Musyawarah dalam Mengembangkan Kemampuan Kognitif Siswa Madrasah Diniyah Haji Ya'qub

  • Muhammad Al-Qodhi Abi Saidil Mahzumi
  • Wasito Wasito Institut Agama Islam Tribakti Kediri
Keywords: Program Musyawarah, Kemampuan Kognitif

Abstract

Tulisan ini bertujuan untuk mengeksplorasi program musyawarah dengan memanfaatkan konsep konstruktivisme sosial untuk menjelaskan perkembangan kognitif siswa di Madrasah Diniyah Haji Ya’qub (MDHY) Pondok Pesantren Lirboyo Kediri. Penelitian ini beranjak dari dua pertanyaan penelitian, “Apakah program musyawarah di MDHY masih berlangsung secara tradisional atau mengarah pada kontekstualisasi? bagaimana praktik program musyawarah dalam mengembangkan perkembangan kognitif siswa?” Dengan dua pertanyaan itu, hasil penelitian ini menemukan bahwa program musyawarah tengah mengalami perubahan menjadi musyawarah konstruktif dengan membentuk program Musyawah Gabungan Sughra (MGS) yang berlangsung di luar jadwal pelajaran resmi dan dikelola langsung oleh MDHY. Hambatan belajar siswa diatasi secara bertahap dengan mengarahkan suasana belajar aktif dan mendorong interaksi belajar yang memaksimalkan interaksi sosial secara menyeluruh

Downloads

Download data is not yet available.

References

Amalia, Eka Rizki, and Salis Khoiriyati. “Effective Learning Activities To Improve Early Child- Hood Cognitive Development.” Al-Athfal Jurnal Pendidikan Anak 4, no. 1 (2018): 103–12. http://dx.doi.org/10.14421/al-athfal.2018.41-07.

“Brosur PPHY 2017-2018.Pdf.” Google Docs. Accessed January 27, 2019. https://drive.google.com/file/d/1Il7Tu7anh1Xq_9T_zN5DkTRX7jnJtQs_/view?usp=drive_open&usp=embed_facebook.

Elliot, Stephen N., Thomas R. Kratochwill, Joan Littlefield Cook, and John F. Travers. Educational Psychology: Effective Teaching, Effecctive Learning. Third Edition. United States of America: The McGraw-Hill Companies, 2010.

Hadi. Wawancara. Pondok Pesantren Haji Y’qub Lirboyo Kediri, 6 November 2018.

Hidayati, Eka Wahyu. “Penggunaan Media Puzzle Konstruksi Terhadap Hasil Belajar Kognitif Siswa SDN Kemangsen II Krian.” Indonesian Journal of Islamic Education Studies (IJIES) 1, no. 1 (August 6, 2018): 61–88. https://doi.org/10.33367/ijies.v1i1.519.

“Lajnah Bahtsul Masail.” Pondok Pesantren Lirboyo, September 11, 2015. https://lirboyo.net/lajnah-bahtsul-masail-lirboyo/.

Mokhtar, Azri, Wan Hasmah Wan Mamat, Ghazali Darussalam, and Triyo Supriyatno. “TAHAP PERKEMBANGAN KOGNITIF PESERTA PROGRAM PENDIDIKAN MORAL DAN ETIKA TENTARA DALAM ANGKATAN TENTARA MALAYSIA.” J-PAI: Jurnal Pendidikan Agama Islam 2, no. 1 (December 30, 2015). https://doi.org/10.18860/jpai.v2i1.3764.

“Pondok Pesantren Haji Ya’qub (PPHY).” Pondok Pesantren Lirboyo, September 10, 2015. https://lirboyo.net/pondok-pesantren-haji-yaqub-pphy/.

Ridhoi, Ahmad Fahim. Wawancara. Pondok Pesantren Haji Ya’qub Lirboyo Kediri, 2 November 2018.

Rohman, Fathur. “Pembelajaran Fiqih Berbasis Masalah Melalui Kegiatan Musyawarah Di Pondok Pesantren Al-Anwar Sarang Rembang.” Al-Tadzkiyyah: Jurnal Pendidikan Islam 8, no. 2 (November 17, 2017): 179–200. https://doi.org/10.24042/atjpi.v8i2.2124.

Sangidun. Wawancara. Pondok Pesantren Haji Ya’qub Lirboyo Kediri, 5 November 2018.

Sanjaya, Wina. Strategi Pembelajara Berorientasi Standar Proses. Jakarta: Kencana, 2013

Sugihartono, dkk. Psikologi Pendidikan. Yogyakarta: UNY Press, 2007.

Published
2019-01-31
How to Cite
Mahzumi, M., & Wasito, W. (2019). Program Musyawarah dalam Mengembangkan Kemampuan Kognitif Siswa Madrasah Diniyah Haji Ya’qub. Jurnal Pemikiran Keislaman, 30(1), 115-129. https://doi.org/10.33367/tribakti.v30i1.664