Dekadensi Moral Siswa dan Penanggulangan melalui Pendidikan Karakter

  • Imam Taulabi Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Kediri
  • Bustomi Mustofa Institut Agama Islam Tribakti (IAIT) Kediri
Keywords: Dekadensi Moral, Pendidikan Karakter

Abstract

Pendidikan karakter tumbuh menjadi salah satu tren dalam diskursus pendidikan nasional. Tulisan ini menjelaskan tentang dekandensi moral dan pendidikan karakter sebagai sebuah tawaran alternatif. Metode penelitian dalam tulisan ini menggunakan kajian literatur dengan memanfaatkan berbagai sumber yang relevan. Efektifitas penerapan pendidikan karakter dapat berlangsung secara optimal dengan melibatkan seluruh elemen secara sistemik dan berkelanjutan antara orang tua, sekolah, dan masyarakat. Penerapan  pendidikan karakter di sekolah dapat dilakukan dengan memanfaatkan beberapa model dan metode. Model penerapannya meliputi model otonomi, model integrasi, model ekstrakurikuler, dan model kolaborasi. Selain itu, metode penerapan pendidikan karakter yang dilaksanakan di sekolah dapat dilakukan dengan empat cara, yaitu: belajar, keteladanan, penguatan, dan habituasi.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Amelia, Mey. dalam http://m.detik.com, diakses tanggal 3 Maret 2018.

Asyari, Yusuf. dalam jawapos.com, diakses tanggal 3 Maret 2018.

Balitbang Puskur. Pengembangan Pendidikan Budaya dan Karakter Bangsa: Pedoman Sekolah. Jakarta: Kemdikdas, 2010.

Bangka.tribunnews.com diakses tanggal 3 Maret 2018.

Banjarmasin.tribunnews.com, diakses tanggal 3 Maret 2018.

Fadillah, Iqbal. dalam http://jurnalintelijen.net/2017/06/09/indonesia-negara-paling-menjunjung-tinggi-toleransi/, diakses tanggal 3 Maret 2018.

Fadillah, Ramadhian. dalam https://www.merdeka.com, diakses tanggal 3 Maret 2018.

Fuad, A. Jauhar. Pembelajaran Toleransi: Upaya Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Menangkal Paham Radikal Di Sekolah, Proceedings of Annual Conference for Muslim Scholars, no. series 2, April 2018.

Fuad, A. Jauhar. Perguruan Tinggi Dan Pendidikan Multikultural, Jurnal Pemikiran Keislaman 22, no. 2, 2011, https://doi.org/10.33367/tribakti.v22i2.88.

Fuad, A. Jauhar. Pendidikan Karakter dalam Pesantren Tasawuf. Jurnal Pemikiran Keislaman. No. 1, February 2013, http://ejournal.iai-tribakti.ac.id/index.php/tribakti/article/view/13

https://regional.kompas.com, diakses tanggal 3 Maret 2018.

Hurlock, Elizabeth B. Perkembangan Anak. Jakarta: Erlangga, 1993.

Jihad, Asep. Pendidikan Karakter Teori dan Aplikasi. Jakarta: Dirjenmandikdasmen, 2010.

Kemendikdas. Model Pembinaan Pendidikan Karakter di Lingkungan Sekolah. Jakarta: 2010.

Lickona, Thomas. Mendidik Untuk Membentuk Karakter. Jakarta: Remaja Rosdakarya, 2013.

Lickona, Thomas. Educating For Character: How Our School Can Teach Respect And Responsibility. New York: Bantam Book, 1991.

Ryan, Kevin and Karen E. Bohlin. Building Character in Schools: Practical Way to Bring Moral Instruction For Life. San Francisco: JOSSEY-BASS Wiley Imprint, 1999.

Samani, Mukhlas dan Hariyanto. Pendidikan Karakter. Bandung: Remaja Rosdakarya, 2013.

Sudrajat, Ajat. Mengapa Pendidikan Karakter, Jurnal Pendidikan Karakter, Oktober 2011.

Suhilmiati, Endhang. Revitalisasi Pendidikan Karakter Melalui kegiatan Training of Trainer. Intelektua: Jurnal Pendidikan Islam Tribakti, Vol. 7, No. 2, Agustus 2017.

Published
2019-01-31
How to Cite
Taulabi, I., & Mustofa, B. (2019). Dekadensi Moral Siswa dan Penanggulangan melalui Pendidikan Karakter. Jurnal Pemikiran Keislaman, 30(1), 28-46. https://doi.org/10.33367/tribakti.v30i1.660