Tantangan Modernisme Pendidikan Agama Islam dari Konservatisme

  • Moch. Mukhlison Institut Agama Islam Tribakti Kediri
Keywords: Moderatisme, Pendidikan Islam, Konservatisme

Abstract

Tantangan Moderatisme Pendidikan Agama Islam DariĀ  Konservatisme, bukan kajian baru sebagai usaha melihat wajah baru keislaman di Indonesia, terlebih pasca reformasi. Sebagian kalangan menilai perjalanan demokrasi yang belum tuntas dianggap sebagai ladang subur pertarungan ideologi di semua level masyarakat, termasuk dunia pendidikan. Sikap negara pun dianggap menilai kebutuhan berdasarkan kepentingan politik semata, termasuk dalam skop kecil politik pengetahuan. Tulisan ini, menstudi politik pendidikan dalam konteks pertarungan ideologi moderatisme dan konservatisme dalam sekolah agama Islam. Studi dimulai melacak konteks kemunculan pendidikan Islam di Indonesia hingga saat ini. Metode yang digunakan, studi literasi berbasis dokumen ilmiah dan laporan hasil penelitian. Hasil studi ini, melihat pendidikan agama Islam di lembaga-lembaga pendidikan berideologi moderatisme sedang mengalami serangan ideologi konservatisme dari pelbagai arah. Misalnya, materi dalam bahan-bahan ajar mata pelajaran agama seperti konsep jihad dengan doktrin amar makruf nahi munkar. Contoh lain adalah penjelasan tentang kerajaan Bani Umayyah atau Abbasiyah. Konteks yang diperlihatkan sistem pemerintahan khilafah (kepeminpinan tunggal). Sikap pemerintah yang mencerminkan demokrasi dihilangkan. Topik-topik seperti inilah yang sangat berpotensi dijadikan gerakan konservatisme untuk mengembangkan ideologinya.

Downloads

Download data is not yet available.

References

---------. What Happened to the Similing Face of Indonesian Islam? Muslim Inttelectualism and the Conservative Turn in post Suharto Era. Singapore: RSIS, 2011.

Gunaratna, Rohan. Global Threat Forecast. Counter Terrorist Trends and Analyses: A Journal of the International Centre for Political Violence and Terrorism Research ,10/1, RSIS Singapore, 2018.

Hasan, Noorhaidi. Islamizing Formal Education: Integrated Islamic Schools and a New Trend of Islamic Education Institution in Indonesia. Singapore: RSIS, 2009.

Hasniati. Analisis Muatan Radikalisme pada Buku Teks Pendidikan Agama Islam (PAI) SMA (Analysis of the Contents of Radicalism in the Text Books of Islamic Education for Highschool). Thesis Submitted to the Faculty of Education, UIN Syarif Hidayatullah, Jakarta, Indonesia, 2017.

Hefner, Robert W. Civil Islam. New Jersey: Princeton University Press. 2000.

Keputusan Meteri Agama RI No. 165 Tahun 2014 tentang Kurikulum 2013 Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Bahasa Arab pada Madrasah

Lukens-Bull, Ronald A. A Peaceful Jihad: Javanese Islamic Education and Religious Identity Construction. Unpublished Dissertation. Arizona State University, Arizona, USA, 1997.

Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI No. 21 tahun 2016 tentang Standar Isi Pendidikan Dasar dan Menengah).

Published
2018-07-31
How to Cite
Mukhlison, M. (2018). Tantangan Modernisme Pendidikan Agama Islam dari Konservatisme. Jurnal Pemikiran Keislaman, 29(2), 407~424. https://doi.org/10.33367/tribakti.v29i2.605