PEMBENTUKAN KARAKTER DALAM PENDIDIKAN

  • Nirra Fatmah Institut Agama Islam Tribakti Kediri

Abstract

Pembentukan karakter sangatlah penting untuk kita kaji kembali, karena pembentukan karakter merupakan salah satu wujud dari upaya pemerintah untuk membentuk generasi muda selanjutnya yang berkarakter. untuk mewujudkan hal ini maka diperlukan dukungan dari semua pihak, salah satunya adalah lembaga pendidikan. Pendidikan dapat digunakan sebagai salah satu solusi yang tepat untuk membentuk dan membina kepribadian peserta didik. Kendati demikian, perlu adanya upaya yang ekstra dari pendidik supaya hal itu bisa terealisasi. Dalam lingkup pendidikan karakter bisa dibentuk melalui pembelajaran langsung maupun tidak langsung dan dilakukan secara continue supaya siswa bisa memahami dan mempraktekkannya dalam kehidupan sehari-hari.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Fuad, Jauhar. “Pendidikan Karakter dalam Pesantren Tasawuf,” Jurnal Pemikiran Keislaman 23, No. 1 (Februari 28, 2013): 1, http://ejournal.iai-tribakti.ac.id/index.php/tribakti/article/view/
Kemendiknas. Pengembangan Pendidikan Budaya dan Karakter Bangsa. Jakarta: Puskur, 2010.
Muslih, Masnur. Pendidikan Karakter Menjawab Tantangan Krisis Multidimensional. Jakarta: PT. Bumi Aksara, 2011.
Samani, Mukhlas dan Hariyanto. Konsep dan Model Pendidikan Karakter. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya, 2012.
Siraj, Said Aqil. Tasawuf sebagai Rekonstruksi Sosial. Jakarta: Pustaka al-Kautsar, 2007.
Tafsir, Ahmad. Ilmu Pendidikan dalam Perspektif Islam. Bandung: Remaja Rosdakarya, 2010.
Tim Direktorat Pendidikan Madrasah. Wawasan Pendidikan Karakter dalam Islam. Jakarta: Direktorat Pendidikan Madrasah Kementerian Agama, 2010.
Published
2018-07-31
How to Cite
FATMAH, Nirra. PEMBENTUKAN KARAKTER DALAM PENDIDIKAN. Jurnal Pemikiran Keislaman, [S.l.], v. 29, n. 2, p. 339-356, july 2018. ISSN 2502-3047. Available at: <http://ejournal.iai-tribakti.ac.id/index.php/tribakti/article/view/602>. Date accessed: 16 dec. 2018.