EKSEKUTIF HYPER-PERFORMER: SEBUAH POTRET BUDAYA KERJA MANAJER KOSMOPOLIT

  • Rifqiawati Zahara Institut Agama Islam Tribakti Kediri

Abstract

Bekerja terasa dipastikan (terdeterministik seperti dalam alam yang dikuasai oleh suatu hukum objektif), tidak lagi seperti halnya di mana kemampuan seseorang diukur berdasarkan seseorang itu sendiri. Akan tetapi merupakan hasil paksaan dari kekuasaan luar yang asing yang tidak diketahui dari mana dan kemana tujuannya. Hal itu muncul sebagai suatu kesadaran uncontrollable, bahkan sebaliknya lepas dari kemauan dan perjalanan manusia. Sehingga manusia dipaksa menjalani urutan penahapan dan tingkatan perkembangan di bawah suatu perintah. Hal itu yang menggambarkan performa eksekutif profesional dewasa ini. Adanya tuntutan beban kerja yang menumpuk telah menciptakan peran eksekutif yang super sibuk. Muncul distorsi dalam hidup eksekutif yang disebabkan adanya suatu pola yang tidak sistemik dan proporsional. Terutama dalam menetapkan pola kerja sehingga muncul budaya eksekutif “gila kerja” (workaholic). Karena itu sebagai anti tesis workaholic muncul paradigma baru dengan melahirkan performa hyper-performer sebagai alternasi. Dari situ, seberapa jauh eksekutif hyper-performer tersebut dapat tercipta di lingkungan bisnis? Bagaimanakah konsteratif pola kerja eksekutif puncak dalam menempatkan secara tepat hyper-performance dan tidak terjebak pada pola workaholic. Maka tulisan ini berusaha untuk menjelajah konsep tersebut.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Budiman, H. Pembunuhan Yang Selalu Gagal-Modernisme dan Krisis Rasionaliitas menurut Daniel Bell. Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 1997.
Carnegie, Dale. Petunjuk Hidup Tentram dan Bahagia. Jakarta: Gramedia, 1982.
Giddens, Anthony M. Kapitalisme dan Teori Sosial Modern. Jakarta: UI Press, 1986.
Hardiman, F. Budi. Menuju Masyarakat Komunikatif, Ilmu Masyarakat Politik & Postmodernisme menurut Jurgen Habermas. Yogyakarta: Kanisius, 1993.
Mangunwijaya, YB. Pasca Indonesia Pasca Einsten: Esai-Esai Tentang Kebudayaan Indonesia Abad Ke-21 Kanisius. Yogyakarta. Majalah Fakultas Ekonomi Universitas Kristen Satya Wacana, Dian Ekonomi, edisi no 1 1993/1994.
_______, SWA, Sembada, 1991. edisi 6/VIII September
_______, SWA Sembada, 1995.edisi khusus III Agustus.
_______, 1994. Kalam, edisi I
Published
2018-07-31
How to Cite
ZAHARA, Rifqiawati. EKSEKUTIF HYPER-PERFORMER: SEBUAH POTRET BUDAYA KERJA MANAJER KOSMOPOLIT. Jurnal Pemikiran Keislaman, [S.l.], v. 29, n. 2, p. 278-292, july 2018. ISSN 2502-3047. Available at: <http://ejournal.iai-tribakti.ac.id/index.php/tribakti/article/view/599>. Date accessed: 16 dec. 2018.