MODEL KOMUNIKASI ISLAM

  • Bustanul Arifin Institut Agama Islam Tribakti Kediri

Abstract

Sebagai ilmu, komunikasi mengalami perkembangan dinamis. Dinamika ilmu komunikasi mengambil bentuk dalam berbagai konteks kehidupan manusia, baik sebagai makhluk individual dan sosial yang melahirkan beberapa tipe klasifikasi komunikasi, antara lain komunikasi intrapersonal, interpersonal, publik, dan massa. Perkembangan ilmu komunikasi terus berlanjut dan berintegrasi dengan keilmuan atau konsep-konsep dalam Islam. Perwujudan integrasi ilmu komunikasi dengan Islam kemudian banyak dikenal dengan istilah komunikasi profetik. Konsep profetik di sini bersifat lentur, lebih substantif, dan menyeluruh yakni tidak hanya bermakna dakwah yang selalu hanya berdimensi teologis, tapi juga membangun dimensi sosiologis manusia, yaitu untuk mengangkat derajat kemanusiaan (memanusiakan manusia), membebaskan manusia dan membawa manusia beriman kepada Tuhan. Berarti, profetik dalam konteks komunikasi di sini dimaksudkan untuk mengambil makna sosial kenabian dalam kehidupan saat ini.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Alam, Zafar. Education in Early Islamic Period. New Delhi: Markazi Maktaba Islami Publishers, 1997.
Danim, Sudarwan dan Suparno. Manajemen dan Kepemimpinan Transformasional Kekepalasekolahan. Jakarta:Rineka Cipta, 2009.
Departemen Pendidikan Nasional. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka, 2005.
Ibrahim, Idi Subandy (ed). Media dan Citra Muslim. Yogyakarta: Jalasutra, 2005.
Kuntowijoyo. Islam sebagai Ilmu, Epistemologi, Metodologi, dan Etika. Bandung: Teraju Mizan, 2005.
Liliweri, Alo. Komunikasi Serba Ada Serba Makna. Jakarta:Kencana, 2011.
Nata, Abuddin. Tafsir Ayat-ayat Pendidikan. Jakarta: Rajawali Press, 2012.
Rohim, Syaiful. Teori Komunikasi; Perspektif, Ragam dan Aplikasi. Jakarta: Rineka Cipta, 2009.
Roqib, Moh. Prophetic Education Kontekstualisasi Filsafat dan Budaya Profetik dalam Pendidikan. Purwokerto: STAIN Press, 2011.
Rosyadi, Khoiron. Pendidikan Profetik. Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2009.
Shofan, Moh. Pendidikan Berparadigma Profetik Upaya Konstruktif Membongkar Dikotomi Sistem Pendidikan Islam. Yogyakarta: IRCiSoD, 2004.
Syahputra, Iswandi. Komunikasi Profetik. Bandung: Sembiosa, 2007.
Vardiyansyah, Dani. Filsafat Ilmu Komunikasi Suatu Pengantar. Jakarta: Indeks, 2005.
Published
2018-01-30
How to Cite
ARIFIN, Bustanul. MODEL KOMUNIKASI ISLAM. Jurnal Pemikiran Keislaman, [S.l.], v. 29, n. 1, p. 135-144, jan. 2018. ISSN 2502-3047. Available at: <http://ejournal.iai-tribakti.ac.id/index.php/tribakti/article/view/571>. Date accessed: 16 nov. 2018.

Most read articles by the same author(s)