Pengembangan Keterampilan Proses Melalui Pendekatan Pembelajaran Biological Scienc Curriculum Study (BSCS)

  • Hadi Suseno
  • M. Badrus Institut Agama Islam Tribakti Kediri

Abstract

Tujuan tulisan ini menguraikan  teori pembelajaran kognitif dengan pendekatan Biological  Science Curriculum  Study (BSCS). Selanjutnya diuraikan pengertian pembelajaran kognitif dan domain-domain yang ada di dalamnya, dan juga diuraikan tentang orientasi BSCS sebagai pendekatan pembelajaran sains untuk mengembangkan pemikiran pebelajar. Dalam pendekatan Biological  Science Curriculum  Study (BSCS) model penelitian biologi dirancang untuk mengajarkan proses-proses biologi, mempengaruhi cara siswa dalam memproses informasi, dan mendidik komitmen mereka untuk melakukan penelitian ilmiah. Di samping itu dengan penelitian ilmiah juga dapat mendidik siswa untuk terbukanya pemikiran dan kemampuan meneguhkan pendapat serta kerja sama antara siswa dengan siswa dan antara siswa dengan guru.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2017-12-21
How to Cite
Suseno, H., & Badrus, M. (2017). Pengembangan Keterampilan Proses Melalui Pendekatan Pembelajaran Biological Scienc Curriculum Study (BSCS). Jurnal Pemikiran Keislaman, 28(2), 333-350. https://doi.org/10.33367/tribakti.v28i2.487