DAKWAH CYBERMEDIA

  • Bustanul Arifin Institut Agama Islam Tribakti Kediri

Abstract

Artikel ini berusaha membahas tentang dakwah melalui cyber media, yang dalam konteks dakwah, multimedia yang digunakan tidak sekadar memfungsikan sebahagian fungsi komunikasi seperti menginformasikan, mendidik dan mempengaruhi saja, tetapi juga mengoptimalisasikan upaya mengajak atau menyeru (to invite/ to propagate). Sehingga multi media atau dalam konsepsi ilmu dakwah disebut wasilah, mengadopsi segala produk media komunikasi terutama multimedia berbasis teknologi informasi dan komunuikasi dapat digunakan sebagai media dakwah.Internet menjadi salah satu media paling efektif untuk menyalurkan bakat atau gagasan. Hal ini disebabkan oleh jangkauan internet yang dapat diakses secara global oleh seluruh manusia di seluruh penjuru dunia. Oleh karena itu, dakwah melalui multimedia berbasis teknologi informasi dan komunikasi menjadi kebutuhan mutlak yang tidak bisa ditawar lagi. Sudah saatnya para pegiat dakwah mengejar ketertinggalannya dalam konteks pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi untuk berdakwah dengan standar minimal menjadi pengguna (user).

Downloads

Download data is not yet available.

References

Azis, Moh. Ali. Ilmu Dakwah. Kencana: Jakarta, 2009.

Ahmad, Amar. Dinamika Komunikasi Islami di Media Online. Jurnal Ilmu Komunikasi. Volume 11. Nomor 1. Januari- April 2013.

Arbi, Armawati. Dakwah dan komunikasi. UIN Jakarta Press: Jakarta, 2003.

As Shouwy, Ahmad. Metode Dakwah dalam Perkembangan IPTEK. Gema Insan Press: Jakarta, 1985.

Abd. Khaliq, Abdurahman. Strategi Dakwah Dalam Menghadapi Perkembangan Teknologi. CV. Pustaka Mantik: Jakarta, 2002.

Syukir. Asmuni Dasar-dasar Strategi Dakwah Islam. Al Ikhlas: Surabaya, 1983.

Pardianto. Meneguhkan Dakwah Melalui New Media. Jurnal: Komunikasi Islam. ISBN 2088-6314. Volume 03. Nomor 01. Juni 2013.

Shohib. Tinjauan Teologis dan Teoritis Dakwah Multimedia. Jurnal: Kemenag.go.id. diakses pada tanggal 14 Desember 2015.

Pardianto. Meneguhkan Dakwah Melalui New Media. Jurnal: Komunikasi Islam. ISBN 2088-6314. Volume 03. Nomor 01. Juni 2013.

Faradillah Iqmar Omar. Penerimaan Media Sosial Sebagai Medium Dakwah dalam Kalangan Mahasiswa Kuis. E-proceedings of the Conference on Management and Muamalah (CoMM 2014), 26-27 May 2014.

Published
2016-05-28
How to Cite
Arifin, B. (2016). DAKWAH CYBERMEDIA. Jurnal Pemikiran Keislaman, 26(1), 201-219. https://doi.org/10.33367/tribakti.v26i1.215