Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Pada Anak Berkebutuhan Khusus

  • M Maftuhin IAI-Tribakti Kediri
  • A Jauhar Fuad IAI-Tribakti Kediri

Abstract

Tulisan ini dimaksudkan untuk menjelaskan perencanan dan pelaksanan pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) untuk anak berkebutuhan khusus di Sekolah Luar Biasa pada tingkat Sekolah Menengah Pertama (SMPLB). Dalam perencananan dan pembelajaran memiliki perlakuan khusus jika dibandingkan dengan sekolah pada umumnnya. Perencanaan dan pelaksanaan pembelajaran PAI untuk SMPLB menggunakan metode ceramah, diskusi dan praktik, serta penggunan isyarat yang dilakukan oleh guru bergantung pada kelas yang sedang dihadapi. Oleh karena itu, terdapat perbedaan strategi pembelajaran yang diterapkan guru PAI terhadap siswa yang satu dengan yang lainnya. Hal ini mengacu pada kondisi fisik dan psikologis siswa, sehingga menggunakan pembelajaran per-individu

Downloads

Download data is not yet available.

References

Arifin, HM. 1996. Ilmu Pendidikan Islam Suatu Tinjauan Teoritis dan Praktis berdasarkan Pendekatan Interdisipliner, Jakarta: Bumi Aksara.
Daradjat, Dzakiyah, 2012. Ilmu Pendidikan Islam, Jakarta: Bumi Aksara.
Delphie, Bandi, 2012. Pembelajaran Anak Tunagrahita suatu pengantar dalam pendidikan inklusi, Bandung: Refika Aditama.
Efendi, Mohammad, 2008. Pengantar Psikopedagogik Anak Berkelainan, Jakarta: Bumi Aksara, 2008.
Fidhzalidar, M. Gengki, 2015. Tingkat Kecemasan Sosial Pada Anak Yang Mengalami Cacat Fisik Di YPAC, Prosiding Seminar Nasional Psikologi dan Kemanusiaan, Universitas Muhammadiyah Malang.
Fuad, A. Jauhar, 2013. Strategi pembelajaran kooperatif (studi experimen), Jurnal Pemikiran Islam, Vol. 20, No 1 Maret 2013.
Ghony, Djunaidi. M. & Fauzan. Almanshur. 2012. Metodologi penelitain kualitatif. Yogyakarta. ar-ruzz media, 2012.
Hasan, Yarmis, 2013. Pelaksanaan Pembelajaran Agama Islam Pada Anak Tunagrahita Di Sekolah Luar Biasa, Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, Vol. 13. No.2.
Hunt, Gilbert H. et al, 1999. Effective Teaching: Preparation and Implementation, Illionis: Charles C. Thomas Publisher.
Nabihati, Siti Bahrin, 2018. Wawancara, selaku guru Pendidikan Agama Islam di SMPLB Bintara Campurdarat di ruang guru pada tanggal, 12 Maret 2018 jam 10.00-12.00.
Noor, Triana Rosalina, 2017. Analisis Desain Fasilitas Umum Bagi Penyandang Disabilitas (Sebuah Analisis Psikologi Lingkungan), Journal An-Nafs Kajian Penelitian Psikologi, Institut Agama Islam Tribakti Kediri, Vol 2 No 2. ,
Poerwanto, Ngalim, 2014. Psikologi Pendidikan. Bandung: Remaja Rosda Karya.
Rosyada, Dede, 2004. Paradigma Pendidikan Demokratis: Sebuah Model Pelibatan Masyarakat dalam Penyelenggaraan Pendidikan, cet. 1 Jakarta: Prenada Media.
Shanty, Meita, 2012. Strategi Belajar Khusus Untuk Anak Berkebutuhan Khusus, Yogyakarta: Familia.
Usman, Uzer, 2017. Menjadi Guru Professional, Bandung: Remaja Rosda Karya.
Zulfa, Estetika Rochmatul., Noor, Irwan., Ribawanto, Heru., 2017. Pengembangan kapasitas Sekolah Luar Biasa Untuk Meningkatkan Pelayanan Pendidikan bagi Anak Luar Biasa. Jurnal Administrasi Publik, Vol. 02, No.03.
Published
2018-06-24
How to Cite
MAFTUHIN, M; FUAD, A Jauhar. Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Pada Anak Berkebutuhan Khusus. Journal An-Nafs: Kajian Penelitian Psikologi, [S.l.], v. 3, n. 1, p. 76–90, june 2018. ISSN 2549-6166. Available at: <http://ejournal.iai-tribakti.ac.id/index.php/psikologi/article/view/502>. Date accessed: 17 oct. 2018.