Efektifitas Pelatihan Self Management sebagai Upaya Meningkatkan Self Regulated Learning Siswa Kelas VII MTs Sunan Ampel Pare

  • Beti Malia Rahma Hidayati

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektifitas pelatihan self management sebagai upaya meningkatkan self regulated learning siswa kelas VII di MTs SA Pare. Self regulated learning adalah upaya meningkatkan pencapaian hasil belajar, mengatur diri dalam belajar dan kesanggupan untuk mengelola lingkungan yang kondusif untuk belajar dengan mengikutsertakan kemampuan metakognisi, motivasi instrinsik, dan perilaku belajar aktif. Kemudian Self management merupakan seperangkat prinsip yang meliputi self monitoring, self reward, self contracting, stimulus control yang digunakan untuk meningkatkan keterampilan siswa dalam proses pembelajaran yang diharapkan melalui pelatihan. Jenis penelitian ini adalah true experiment. Populasi adalah siswa kelas VII program reguler. Sampel dipilih dengan purposive sampling, yaitu bagi siswa-siswi yang memiliki kategori self regulated learning rendah. Jumlah sampel ada 18 siswa yang dibagi menjadi kelompok kontrol dan kelompok eksperimen dengan cara random. Adapun tehnik analisa data yang digunakan adalah ANOVA dua arah (Two-way ANOVA). Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis statistik dengan memanfaatkan software SPSS versi 20. Berdasarkan hasil analisis, pada faktor kelas diketahui bahwa antara siswa yang diberi dan tidak diberi pelatihan self management memiliki self regulated learning yang berbeda signifikan, rata-rata self regulated learning siswa yang diberi pelatihan lebih tinggi dari pada siswa yang tidak diberi pelatihan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Daftar Pustaka

Agung, Anak Putu Chintya Putri Suardana dan Nicholas Simarmata. (2013) Hubungan antara Motivasi Belajar dan Kecemasan pada Siswa Kelas VI Sekolah Dasar di Denpasar Menjelang Ujian Nasional. Program Studi Psikologi, Fakultas Psikologi, Universitas Udayana. Jurnal Psikologi Udayana, Vol. 1, (No. 1. ISSN: 2354-5607), Hal: 203-212.
Arikunto, Suharsimi. (2006). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek, Edisi VI. Jakarta: Rineka Cipta.
Aziz, Rahmat. (2010). Psikologi Eksperimen. Handout Perkuliahan (tidak dipublikasikan).
Azizi. (2013). Self Regulated Learning Strategis Among Bachelor Science Degree Students of Male and Female: A Comparative Study. Acme International Journal of Multidiscriplinary Research. Volume – I, (Issue – XII), Hal: 232 – 236.
Azwar, Saifuddin. (2003). Penyusunan Skala Psikologi. Yogyakarta: Pustaka Belajar.
Budiyani, Kondang dan Sri Mulyani Martaniah. (2011). Pelatihan Manajemen Diri untuk Meningkatkan Kepatuhan Diet pada Penderita Diabetes Melitus Tipe II. PSYCHO IDEA, (ISSN 1693-1076), Hal: 78-97.
Cormier, L.J. & Cormier, L.S. 1989. Interviewing Strategies for Helpers. 7 ed Montery, California: Brooks/Code Publishing Company.
Darmayanti. (2008). Efektifitas Intervensi Keterampilan Self Regulated Learning dan Keteladanan dalam Meningkatkan Kemampuan Belajar Mandiri dan Preatasi Belajar Mahasiswa Pendidikan Jarak Jauh. Jurnal Pendidikan Terbuka dan Jarak Jauh. Volume 9, (Nomor 2), Hal: 68-82.
Djiwandoro. (2002). Psikologi Pendidikan. Jakarta: PT. Grasindo.
Ellen. (2008). Self Efficacy for Self-Regulated Learning: A Validation Study. Journal Educational and Psychological Measurement. SAGE. (DOI: 10.1177/001316440730847; 443) Hal: 68.
Ellianawati dan Wahyuni. (2010). Pemanfaatan Model SelfRegulated Learning Sebagai Upaya Peningkatan Kemampuan Belajar Mandiri pada Mata Kuliah OPTIK. Jurnal Pendidikan Fisika Indonesia. Vol. 6 (ISSN: 1693-124). Hal: 35-39.
Gunarsa, D. Singgih. (2004). Konseling dan Psikoterapi. Jakarta: Gunung Mulia.
Hamalik, Oemar. 2000. Perencanaan Pengajaran Berdasarkan Pendekatan Sistem. Jakarta: PT. Bumi Aksara.
Ishtifa, Hanny. (2011). Pengaruh Self Efficacy dan kecemasan Akademis terhadap Self Regulated Learning Mahasiswa Fakultas Psikologi Universitas Islam Negeri Jakarta. Skripsi. Fakultas Psikologi Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta.
Isnaini, Faiqotul. (2014). Strategi Self Management untuk Meningkatkan Kedisiplinan Belajar. Tesis. Naskah publikasi. Program Magister Sains Psikologi Universitas Muhammadiyah Surakarta
Kartono, K. (2007). Bimbingan dan Dasar-dasar Pelaksanannya. Jakarta: CV. Rajawali.
Komalasari, G. dkk. (2011). Teori dan Teknik Konseling. Jakarta: PT. Indeks.
Kramarski. (2013). New Perspectives on Integrating Self Regulated Learning at School. Journal Hindawi Publishing Corporation. Education Research International. Volume 2013, (ID 498212), Hal: 4.
Kurniawan, Rizki. (2013) Hubungan antara Self Regulated Learning dengan Prokrastinasi Akademik pada Mahasiswa Jurusan Psikologi Universitas Negeri Semarang. Skripsi. Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Semarang.
Latipah. (2010). Strategi Self Regulated Learning dan Prestasi Belajar: Kajian Meta Analisis. Jurnal Psikologi. Volume 37, (No. 1), Hal: 110-129.
Latipun. (2008). Psikologi Eksperimen. Malang: UMM Press.
Loekmono, L. (1994). Belajar Bagaimana Belajar. Jakarta: BPK. Gunung Mulia.
Magno. (2011). The Predictive Validity of the Academic Self Regulated Learning Scale. The International Journal of Education and Psychological Assessment. Vol. 9 (1).
Mahadi. (2013). The Role of Meta-Cognitive Self Regulated Learning Strategies in Enhancing Language Performance: A the Oretical and Empirical Review. Journal of Asian Scientific Research. Asian Economicand Social Society – AESS. 3 (No. 6), Hal: 570-577.
Mappiare, Andi. (2006). Kamus Istilah Konseling & Terapi. Jakarta: PT RajaGrafindo Persada.
Mariyati, Ika. (2014). Pelatihan Manajemen Diri dengan Pendekatan Choice Theory untuk Menurunkan Kecenderungan Merokok pada Remaja. Fakultas Psikologi Universitas Muhammadiyah Sidoarjo. Jurnal Ilmiah Psikologi Terapan. Vol. 02, (No. 01. ISSN: 2301-8267).
Muhibbin. (2005). Psikologi Pendidikan Suatu Pendekatan Baru. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Mulyani. (2013). Hubungan antara Manajemen Waktu dengan Self Regulated Learning pada Mahasiswa. Educational Psychology Journal. EPJ 2 (1) ISSN 2252-634X.
Mustika (2013). Hubungan antara Manajemen Waktu dengan Self Regulated Learning pada Mahasiswa. Educational Psychology Journal. Vol. 02 (No. 01. ISSN 2252-634X). Hal: 43-48.
Nursalim, Mochamad. (2013). Strategi & Intervensi Konseling. Jakarta: Indeks.
Rahil, Eka. (2013). Motivasi Berprestasi dan Self Regulated Learning. Jurnal Online Psikologi, Vol.01, (No.02, Thn. 2013. ISSN: 2301-8259).
Rusyan, Kusdinar, dan Zainal. (1992). Pendekatan dalam Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Sadeghy. (2014). The Relationship Between Learners Goal-Oriented and Self-Regulated Learning And Their Endorsement of L2 Learning Strategies. International Journal of Language Learning and Applied Linguistics World (IJLLALW). Volume 5 (No. 2); 574-593. ISSN (online): 2289-2737 & ISSN (print): 2289-3245.
Santrock, J.W. (2007). Psikologi Pendidikan. Edisi Kedua. Jakarta: PrenadaMedia Group.
Sugiono. (2008). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R & D. Bandung: Alfabeta.
Susanto, Handy. (2006). Mengembangkan Kemampuan Self-Regulation Untuk Meningkatkan Keberhasilah Akademik Siswa. Journal Pendidikan Penabur. Vol.5. (No.7), Hal. 64-71
Syah, M. (2012). Psikologi Belajar. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.
Wolters, C.A. Pintrich, P.R, dan Karabenick, S.A. (2003). Assesing Academic Self Regulated learning. Conference on Indicators of Positive Development: Cild Trends. Hal: 8-24.
Yates, Brian T. (1985). Self-Management: The Science and Art of Helping Yourself. California: Wadsworth Publishing Company.
Zimmerman, B.J. (1990). Self Regulated Learning and Academic Achievement: An Overview. Educational Psychologist. Vol. 25 (No. 1), Hal: 3-17.
Zimmerman, Barry J. (1989). A Social Cognitive View of Self-Regulated Academic Learning. Journal of Educational Psychology. Vol. 81. (No. 3), Hal. 329–339. Washington: American Psychological Association.
Published
2018-06-06
How to Cite
RAHMA HIDAYATI, Beti Malia. Efektifitas Pelatihan Self Management sebagai Upaya Meningkatkan Self Regulated Learning Siswa Kelas VII MTs Sunan Ampel Pare. Journal An-Nafs: Kajian Penelitian Psikologi, [S.l.], v. 3, n. 1, p. 20-45, june 2018. ISSN 2549-6166. Available at: <http://ejournal.iai-tribakti.ac.id/index.php/psikologi/article/view/501>. Date accessed: 16 dec. 2018.