Lumpur Lapindo Dan Psikologis Anak

(Analisis Dampak Bencana Lumpur Lapindo terhadap Perkembangan Psikologis Anak di Tanggulangin Sidoarjo)

  • Suwarni Suwarni Universitas Muhammadiyah Yogyakarta

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui pengaruh keharmonisan keluarga korban lumpur Lapindo terhadap psikologis anak, (2) mengetahui pengaruh hubungan sosial kemasyarakatan terhadap perkembangan psikologis anak, (3) mengetahui pengaruh peranan pemerintah terhadap perkembangan psikologis anak, (4) mengetahui pengaruh kepribadian anak terhadap perkembangan psikologis anak, (5) Mengetahui pengaruh keharmonisan keluarga, hubungan sosial kemasyarakatan, dan peranan pemerintah terhadap perkembangan psikologis anak korban Lapindo melalui kepribadian anak di Tanggulangin Sidoarjo. Penelitian ini menggunakan mixed methods. Penelitian ini menggunakan analisis statistik melalui analisis regresi multivariat, juga dilakukan eksplorasi dan narasi pada perkembangan psikologis anak akibat lumpur Lapindo. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) faktor yang berperan dalam pencapaian perkembangan psikologis anak dampak musibah lumpur, yaitu faktor kepribadian. Kepribadian memiliki kontribusi yang paling besar dan bermakna dalam mencapai perkembangan psikologis anak yaitu sebesar 9, 021 %, (2) kepribadian anak merupakan faktor yang paling banyak berperan dalam perkembangan berpikir, perkembangan kecerdasan, perkembangan bahasa, perkembangan kepribadian, dan perkembangan jiwa agama anak. Anak yang psikologisnya berkembang adalah pembelajar mandiri, kesadaran dan kemampuan belajarnya tinggi sehingga mereka belajar dan berusaha sendiri untuk mencapai prestasi tanpa harus di minta oleh orang lain, (3) peran pemerintah mempunyai hubungan dengan perkembangan psikologis anak akibat lumpur Lapindo. Psikologis anak meningkat kalau dukungan dari pemerintah baik, sebaliknya semakin berkurang peran pemerintah maka psikologis anak berkurang

Downloads

Download data is not yet available.

References

Arikunto, S. (2013). Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.
Astuti. (1997). Hubungan Antara Keharmonisan Keluarga dengan Stress pada anak Remaja. Surakarta: Fakultas Psikologi UMS.
Bawani, I. (1990). Ilmu Jiwa Perkembangan: dalam Konteks Pendidikan Islam. Jakarta: Bina Ilmu.
Bock, G. ., & Ackrill, K. (1993). The Origin and Development of High Ability. Chichester: John Wiley & Son.
Daradjat, Z. (1979). Ilmu Jiwa Agama. Jakarta: Bulan Bintang.
Desmita. (2005). Psikologi Perkembangan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Elliot, S. N., Kratochwill, T. R., & Travere, J. F. (t.t.). Educational Psychology: Effective Teaching, Effective Learning. Madison: Brown & Benchmark Publisher.
Heller, K. A., Mönks, F. J., & Passow, A. H. (1993). International Handbook of Research and Development of Giftedness and Talent. Oxford: Pergamon.
Hurlock, E. B. (1990). Psikologi Perkembangan.
Jolley, J. M., & Mitchell, M. L. (1996). Lifespan Developmental. A Topical Approach. Chicago: Brown & Benchmark Publishers.
Kartono, K. (1980). Teori kepribadian. Bandung: Penerbit Alumni.
Komarudin. (1993). Manajemen Kantor Teori dan Praktek. Jakarta: PT Pustaka Binama Pressindo.
Moenir. (2002). Manajemen Pelayanan Umum Indonesia. Jakarta: Bumi Aksara.
Patimila, H. (t.t.). Kasus Lapindo: Perlindungan Anak Khusus Bencana. Diambil dari http://www.ykai.net/index.php?option=com_content&view=article&id=557:kasus-lapindo-perlindungan-khusus-anak-korban-bencana-&catid=89: artikel&Itemid=121
Pervin, L. A. (1996). The science of personality. USA: John Wiley, Inc.
R.S., B., & N.L., K. (2003). Group Process, Group Decision, Group Action 2nd. Philadelpia: Open University.
Rubiandini, R. (2008). Mengupas Tuntas Tragedi Lapindo Brantas, Bahas Lumpur Panas Sidoarjo (Makalah). Bandung: ITB.
Singgih, & Singgih, Y. (2012). Dasar dan Teori Perkembangan Anak. Jakarta: Libri.
Smet, B. (1994). Psikologi Kesehatan.Jakarta. Jakarta: Grasindo.
Sugiyono. (2010). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan RND. Bandung: Alfabeta.
Thaha, C. (1994). Teknik Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Rajawali Press.
Published
2018-06-24
How to Cite
SUWARNI, Suwarni. Lumpur Lapindo Dan Psikologis Anak. Journal An-Nafs: Kajian Penelitian Psikologi, [S.l.], v. 3, n. 1, p. 50-82, june 2018. ISSN 2549-6166. Available at: <http://ejournal.iai-tribakti.ac.id/index.php/psikologi/article/view/492>. Date accessed: 15 aug. 2018.