Metode Pembelajaran Terpadu untuk Mingkatkan Kreativas Verbal Dan Figural Pada Siswa Kelas Enam di SDN 2 Kenayang Tulungagung

  • Mentari Marwa IAI-Tribakti Kediri

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah dengan adanya metode pembelajaran terpadu dapat meningkatkan kreativitas verbal dan figural pada siswa kelas VI Penelitian ini menggunakan desain eksperimen Pretest-Posttest One Group Design. Metode pembelajaran terpadu yaitu suatu pembelajaran yang memadukan berbagai materi dalam satu sajian pembelajaran agar siswa memahami keterkaitan antara satu materi dengan materi lain atau antara satu mata pelajaran dengan mata pelajaran lain dan partisipasi aktif dari siswa akan membuat siswa lebih mudah untuk mengingat dan mengembangkan kognitif, dinamika afektif dan psikomotorik anak secara simultan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh metode pembelajaran terpadu untuk meningkatkan kreativitas verbal pada anak kelas VI. Metode pembelajaran terpadu ternyata mampu meningkatkan kreativitas verbal siswa, dimana semua siswa mengalami peningkatan kreativitas verbal, dengan nilai Z = -2,041 dan p < 0,05. Hasil lain menunjukkan tidak terdapat pengaruh metode pembelajaran terpadu untuk meningkatkan kreativitas figural, dengan nilai Z = -0,000 dan p > 0,05

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ancok, D. (1991). Teknik Penyusunan Skala Pengukuran. Yogyakarta: Pusat Kependudukan Universitas Gadjah Mada

Astuti, R. S. (2003). Semua Anak Bisa Kreatif. Dalam Familia. Majalah Keluarga Bulanan. Maret 2003. Yogyakarta: Kanisus

Azwar, S. (1997). Reliabilitas dan Validitas. Yogyakarta: Liberty Press

Beck, J. (1997). Meningkatkan Kecerdasan Anak. Jakarta: Pustaka Delaprasta

Dagun, S. M. (1992). Makulin dan Feminim. Jakarta: Rineka Cipta.

Davidoff, L. (1991). Psikologi Suatu Pengantar: Jilid 2. Alih Bahasa: Marijuniati. Jakarta: Erlangga.

Hadi, S. (2000). Metodologi Research 2. Yogyakarta: Andi Offset

Hidayati, V. F. (2007). Perbedaan Efektivitas Metode Pembelajaran Terpadu dan Ceramah dalam Pendidikan Seksualitas Bagi Remaja. Tesis (tidak diterbitkan). Semarang: Magister Profesi Psikologi Program Pasca Sarjana Universitas Katolik Soegijapranata.

Hurlock, E.B. (1999). Psikologi Perkembangan: Suatu Pendekatan Sepanjang Rentang Kehidupan. Alih Bahasa: Istiwidayanti. Jakarta: Erlangga.

Karli, H. (2003). Head, Heart, Hand dalam Kurikulum Berbasis Kompetensi Bandung: Media Informasi.

Kusumawati, M.R. (2008). Metode pembelajaran terpadu untuk meningkatkan kreativitas verbal dan figural pada siswa SD kelas VI. Tesis. Semarang: Magister Profesi Psikologi Program Pasca Sarjana Universitas Katolik Soegijapranata.

Monk, F.J., Knoers, L & Haditono, S.R. (1998). Psikologi Perkembangan Pengantar Dalam Berbagai Bagiannya. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.

Munandar, S.C.U. (1987). Mengembangkan Bakat dan Kreativitas Anak Sekolah. Jakarta: Gramedia

Nuryoto, S. (1993). Kemandirian Remaja Ditinjau Dari Tahap Perkembangan, Jenis Kelamin dan Peran Jens. Jurnal Psikologi Yogyakarta: Universitas Gadjah Mada No. 2 (48-58)

Peck, U. (1991). Perilaku Organisasi. Alih Bahasa: Agus Darma. Jakarta: PT. Pustaka Binaman Pressindo.

Sandjaja, S. (2004). Pembelajaran Terpadu. Ungaran: Pondok Belajar Merpati

Sarwono, S.W. (2007). Ayahbunda. No. 7. Oktober. Jakarta

Urban, K.K. & Jellen, H.G. Test for Creative Thinking – Drawing Production (TDT-DP).

Wiryawan, S.A. (2003). Kurikulum Terpadu. Surakarta: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Sebelas Maret.

Published
2017-12-19
How to Cite
Marwa, M. (2017). Metode Pembelajaran Terpadu untuk Mingkatkan Kreativas Verbal Dan Figural Pada Siswa Kelas Enam di SDN 2 Kenayang Tulungagung. Journal An-Nafs: Kajian Penelitian Psikologi, 2(2), 212-240. https://doi.org/10.33367/psi.v2i2.447