Persepsi Gaya Mengajar Guru dan Prestasi Belajar Matematika Pada Murid SD di Jakarta

  • Sonna Etika Universitas Tarumanagara Jakarta
  • Agoes Dariyo Universitas Tarumanagara Jakarta
  • Roswiyani P. Zahra Universitas Tarumanagara Jakarta
Keywords: Perception of teacher’s teaching style, mathematic learning achievement, elementary school students

Abstract

Sutanto (2008) found that the mathematic learning achievement of Augustinus High School Students in Kediri was also influenced by their perception about their teacher’s teaching style. In a study-case to the students of SMPN 19 in Jambi, Sumadi (2010) found that the perception of those Junior High School students about their teacher’s teaching style contributed the effect to their mathematic learning achievement. Based on the past studies, researcher interested to find out a relationship between the perception of teacher’s teaching style and mathematic learning achievement on elementary school students. The participants of this research are 424 fifth-grade elementary school students  in West Jakarta. This research result suggest that there is no relationship  between  the perception of teacher’s teaching style and mathematic learning achievement on elementary school students

Downloads

Download data is not yet available.

References

Budinigsih, A. (2005). Belajar dan pembelajaran. Jakarta: Rineka cipta.

Dalyono, M. (2007). Psikologi pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.

Darhim. (2004). Pengaruh pembelajaran matematika kontekstual terhadap hasil belajar dan sikap siswa Sekolah Dasar kelas awal dalam matematika. Disertasi tidak diterbitkan, Universitas Pendidikan Indonesia, Bandung.

Deantono, Y. (2007). Perbandingan motivasi berprestasi berdasarkan persepsi terhadap gaya mengajar guru (studi pada mata pelajaran matematika Sekolah Menengah Atas). Skripsi tidak diterbitkan, Universitas Tarumanagara, Jakarta.

Deantono, Y., Dariyo, A., & Suyasa, P. T. Y. S. (2007). Alat ukur gaya mengajar guru matematika. Pusat Kajian Instrumen Psikologi, Fakultas Psikologi Universitas Tarumanagara. (Alat tes tidak diterbitkan).

Djiwandono, S. E. W. (2003). Psikologi pendidikan. Jakarta: PT. Grasindo.

Maienza, J. W., Hahn, D. D., & Joo, C. A. (2001). Mathematics instruction in Korean Primary Schools: Structur, processes, dan linguistyic analysis of questioning. Journal of Education Psychology, 93, 363-376.

Munandar, S. C. U. (1999). Mengembangkan bakat dan kreativitas anak sekolah. Jakarta: Grasindo.

Murwani, H. A. (2009). Hubungan antara persepsi kualitas pengajaran dengan prestasi belajar matematika siswa di SMA. Skripsi tidak diterbitkan, Universitas Muhammadiyah, Surakarta.

Nisfiannoor, M. (2009). Pendekatan statistika modern untuk Ilmu Sosial. Jakarta: Salemba Humanika.

Nuchasin. (2010). Walikota menerima kunjungan 17 siwa peraih medali OSN 2010. Diambil 6 September, 2010, dari http://barat.jakarta.go.id/v09/index.php?option=com_content&view=article&id=288:jakarta-barat--walikota-jakarta-barat-bertatap-muka-dengan-17-siswa-sma-dan-smk-berprestasi-dari-jakarta-barat-peraih-medali-dalam-olimpiade-sains-nasional-osn-2010---saya-haru-dan-bangga-atas-prestasi-pelajar-di-jakarta-barat-dalam-olimpiade-saint-&catid=25:pendidikan&Itemid=145.

Nugroho, S., & Sartono, J. (2005). Kuasai tuntas matematika SD. Jakarta: Limas.

Nurhayati, S. (2009). Eksperimen pembelajaran matematika dengan pendekatan snowball throwing dan drill terhadap prestasi belajar matematika ditinjau dari kemampuan awal siswa (pada siswa kelas VII SMP N 2 Ngrampal Kabupaten Sragen). Skripsi tidak diterbitkan, Universitas Muhammadiyah, Surakarta.

Rizali, Ahmad. (2010). Buta matematika. Diambil 8 Mei, 2010, dari http://suaraguru.wordpress.com/2010/05/08.

Ruseffendi, E. T. (1988). Pengantar kepada membantu guru mengembangkan kompetensinya dalam pengajaran matematilia untuk meningkatkan CBSA. Bandung: Tarsito.

Setiadi, R. (2008). Mengubah persepsi buruk terhadap matematika. Diambil 11 Oktober, 2008, dari http://www.scribd.com/doc/22533890/mengubah-persepsi-buruk-terhadap-matematika-ridho-setiadi.

Soedjadi, R. (2000). Kiat-kiat pendidikan matematika di Indonesia. Jakarta: Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, Departemen Pendidikan Nasional.

Sumadi. (2010). Analisis prestasi belajar matematika ditinjau dari persepsi siswa terhadap interaksi belajar mengajar matematika (studi kasus pada murid SMPN 19 di Kota Jambi). Diambil 11 Agustus, 2010, dari http://massumadi.com/2010_05_01_archive.html.

Supardi, S. (2010). Gaya mengajar yang menyenangkan siswa. Yogyakarta: Pinus Book Publisher.

Suryosubroto. (2010). Beberapa aspek dasar-dasar kependidikan. Jakarta: Rineka Cipta.

Sutanto, A. (2008). Hubungan antara gaya mengajar guru dan cara belajar siswa dengan hasil belajar matematika pada siswa SMUK Augustinus Kediri. Skripsi tidak diterbitkan, Universitas Kristen Petra, Surabaya.

Zainurie. (2007). Pakar matematika bicara tentang prestasi matematika Indonesia. Diambil 14 Mei, 2007, dari http://zainurie.wordpress.com.

Published
2017-12-19
How to Cite
Etika, S., Dariyo, A., & P. Zahra, R. (2017). Persepsi Gaya Mengajar Guru dan Prestasi Belajar Matematika Pada Murid SD di Jakarta. Journal An-Nafs: Kajian Penelitian Psikologi, 2(2), 169–186. https://doi.org/10.33367/psi.v2i2.436