Memory Awareness (Kesadaran Memori) pada Anak

  • Nur Fatwikiningsih Universitas Trunojoyo Madura

Abstract

Memory awareness (kesadaran memori) adalah salah satu bagian dari metakognitif. Anak-anak memiliki kemampuan untuk memantau performance memori diri sendiri (metacognitive monitoring). Penelitian observasi partisipan pada anak usia 4-11 tahun ini bertujuan untuk melihat ketepatan memory awareness (kesadaran memori) mereka serta memeriksa pemahaman anak-anak tersebut akan proses memorinya. Hasil observasi menunjukkan (t = - 4.239, p = 0.001) bahwa partisipan (anak usia 4-11 tahun) mengalami peningkatan signifikan antara jumlah gambar yang mungkin diingat (prediksi penilaian keyakinan) dan performance aktual. Anak-anak usia yang lebih muda optimis mengenai kemampuan mengingat dibandingkan usia di atasnya

Downloads

Download data is not yet available.

References

Memory awareness part of metacognitive. Children are able to monitoring their performance memory (metacognitive monitoring). The research with participant observation in children aged 4-11 years aims to examine accuracy memory awareness and children's understanding of their memory processes. The results of the observation indicate (t = - 4.239, p = 0.001) was a significant increase between the number of pictures can be succesfully remembered (predictions of confidence judgments) and actual performance. Young children were optimistic about their abilities to remember than the age above.
Published
2017-12-19
How to Cite
FATWIKININGSIH, Nur. Memory Awareness (Kesadaran Memori) pada Anak. Journal An-Nafs: Kajian Penelitian Psikologi, [S.l.], v. 2, n. 2, p. 91-100, dec. 2017. ISSN 2549-6166. Available at: <http://ejournal.iai-tribakti.ac.id/index.php/psikologi/article/view/429>. Date accessed: 21 july 2018.