Analisis Level Berpikir Geometri Guru MI Ditinjau dari Jenis Kelamin

  • Mohammad Auzai Aqib IAIT Kediri
Keywords: Level Berpikir, Geometri, Van Hielle, Guru MI

Abstract

Salah satu ruang lingkup materi matematika untuk MI adalah geometri dan pengukuran. Begitu banyaknya kompetensi yang berhubungan dengan geometri untuk satuan pendidikan dasar merupakan kesulitan tersendiri bagi siswa. Kesulitan siswa dalam mempelajari geometri tersebut tentu menjadi tantangan tersendiri bagi guru yang diberikan tugas mengampu mata pelajaran yang bersangkutan. Pada hakekatnya guru harus memiliki kompetensi profesional dimana guru harus menguasai materi yang diajarkan. Tingkatan penguasaan materi khusunya geometri dapat dilihat dari tingkatan level berpikir Van Hielle guru tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan tingakatan level berpikir guru MI laki-laki dan perempuan. Jenis penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah Guru MI laki-laki dan perempuan yang sama-sama mengampu kelas VI agar menghindari adanya bias. Instrumen dalam penelitian ini adalah peneliti sendiri dan pedoman wawancara berbasis tes. Tes yang diberikan diadaptasi dari V.H.G.T (Van Hielle Geometry Test). Pengolahan data dilakukan dengan cara reduksi data, penyajian data, dan penarikan simpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat berpikir geometri guru MI laki-laki adalah pada level 0 sedangkan tingkat berpikir geometri guru MI perempuan adalah pada level 2.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Muhsetyo, G. (2007). Pembelajaran Matematika SD. Jakarta: Universitas Terbuka

Musser, Burger, and Petterson (2011). Mathematics for Elementary Teahcer a contemporary approach. United State: John Wiley & Sons, Inc

Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia. No. 4 Tahun 2018. Tentang Penilaian Hasil Belajar oleh Satuan Pendidikan dan Penilaian Hasil Belajar oleh Pemerintah

Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia. No. 19 Tahun 2016. Tentang Program Indonesia Pintar

Pemerintah Indonesia. 2005. Undang-Undang RI Nomor 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen

Shiel, G., Perkins R., Close S. & E. Oldham. (2007). PISA Mathematics: A Teacher's Guide. Dublin: Department of Education and Science

Published
2019-03-01
How to Cite
Aqib, M. (2019). Analisis Level Berpikir Geometri Guru MI Ditinjau dari Jenis Kelamin. EL BIDAYAH: Journal of Islamic Elementary Education, 1(1), 35-45. https://doi.org/10.33367/elbidayah.v1i1.682