Penerapan Metode Collaborative Learning untuk Meningkatkan Pemahaman Siswa pada Materi Al Quran Hadits Siswa Kelas X IPS 2 MA Al Mahrusiyyah

Keywords: Metode Collaborative Learning, Pemahaman Siswa

Abstract

General assumptions about the problem of education will never be discussed. Therefore, education must always be continuous in following the development of the curriculum in order to be able to anticipate all the problems that will be faced in the present and future. Education will not achieve success if one component does not participate in it. Understanding for students is needed especially in understanding learning materials to help achieve education. Understanding is the matter of authority over something that has not been understood so that it can be understood and practiced. So that student achievement increases and educational success will be achieved. This paper aims to find out learning by using Collaborative Learning methods to improve students' understanding so that student achievement increases. The method used in this study is classroom action research, which is the technique of collecting data with tests, observation and documentation. Research findings: (1) Increasing student understanding using the Collaborative Learning method. (2) High student understanding can improve student learning achievement. Asumsi umum mengenai masalah pendidikan tidak akan pernah habis diperbincangkan. Oleh karenanya, pendidikan harus senantiasa kontinu dalam mengikuti perkembangan kurikulum agar mampu mengantisipasi segala persoalan yang akan di hadapi di masa sekarang dan akan datang. Pendidikan tidak akan mencapai keberhasilan jika salah satu komponen tidak ikut berpartisipasi di dalamnya. Pemahaman bagi siswa sangat diperlukan khususnya dalam memahami materi pembelajaran untuk membantu ketercapaian dalam pendidikan. Pemahaman adalah perihal penguasaaan terhadap sesuatu yang belum di mengerti sehingga dapat di fahami dan di praktekkan. Sehingga prestasi siswi meningkat dan keberhasilan pendidikan akan tercapai. Tulisan ini bertujuan untuk mengetahui pembelajaran dengan menggunakan metode Collaborative Learning untuk meningkatkan pemahaman siswi sehingga prestasi siswi meningkat. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas, yang mana teknik pengumpulan data dengan tes, observasi dan dokumentasi. Temuan penelitian: (1) Meningkatnya pemahaman siswa dengan menggunakan metode Collaborative Learning. (2) Pemahaman siswa yang tinggi dapat meningkatkan prestasi belajar siswi.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Nata, Abuddin. Metodologi Studi Islam. Jakarta: PT Raja Gravindo Persada, 2012.

Hamalik, Oemar. Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara, 2009.

Suparta, Munzier & Noer Aly, Hery. Metodologi Pengajaran Agama Islam. Jakarta: Amissco, 2008.

Samiudin. Peran Metode untuk Mencapai Tujuan Pembelajaran. Jurnal studi Islam. Vol. 11. No. 2. 2016.

Munadi, Yudhi. Media Pembelajaran. Jakarta: Gaung Persada (GP) Press, 2008.

Parwoto. Pengaruh Penerapan Metode Pembelajaran Collaborrative Program Based Learning (CPBL) Terhadap Kreativitas Anak dalam Bermain Komputer. Jurnal Pendidikan Usia Dini. Vol.11. Edisi.1. 2017.

Sunismi & Halim Fathani, Abdul. Pengembangan Model Collaborrative Learning Matematika Berbasis Media Blog Mata Kuliah Kalkulus II. Seminar Nasional Matematika dan Aplikasinya. 2017.

Apriono, Djoko. Pembelajaran Kolaboratif: Suatu Landasan Membangun Kebersamaan dan Keterampilan Kerjasama. Diklus. Edisi XVII. Nomor 1. 2013.

Istihapsari, Vita. Meningkatkan Pemahaman Konsep Materi Matematika SMP Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe JIGSAW pada Mahasiswa Prodi Pendidikan Matematika UAD. AdMathEdu. Vol.7. No.1. 2017.

Marlina, dkk. Meningkatkan Pemahaman Siswa pada Kompetensi Dasar tentang Jual Beli melalui Metode Diskusi unruk Pelajaran IPS di Kelas VSD Inpres 2 Kasimbar. Jurnal Kreatif Tadulako Online. Vol.2. No. 4. (tt).

Priyambodo, Sudi. Peningkatan Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa dengan Metode Pembelajaran Personalized System Of Intruction. Jurnal Musharofa. Vol. 5. No. 1. 2016.

Suyatno. Menjelajah Pembelajaran Inovatif. Surabaya: MasMedia Buana pustaka, 2009.

Richard Raco, Joseph. Metode Penelitian Kualitatif. Jakarta: PT Gramedia Widiasarana Indonesia, 2010.

Afandi, Muhammad. Pentingnya Penelitian Tindakan Kelas Bagi Guru dalam Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah: PENDIDIKAN DASAR. Vol. 1. No. 1. 2014.

Published
2019-02-26
How to Cite
Rosida, N., & Turmudi, M. (2019). Penerapan Metode Collaborative Learning untuk Meningkatkan Pemahaman Siswa pada Materi Al Quran Hadits Siswa Kelas X IPS 2 MA Al Mahrusiyyah. EL BIDAYAH: Journal of Islamic Elementary Education, 1(1), 25-34. https://doi.org/10.33367/elbidayah.v1i1.675