PENGARUH GAYA MENGAJAR GURU FIQIH TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA MTsN PURWOASRI KAB. KEDIRI

  • Vinallia Vinallia

Abstract

Gaya guru mengajar yang jelas dan menarik sangat dibutuhkan dalamprosempembelajaran. Karenanya guru yang kompeten selalu harapkan kehadiarannyadalam sistem pendidikan, khususnya di Indonesia. Tujuan penerapan gaya mengajarsalah satunya untuk memberikan pengetahuan ke anak agar ilmu yang disampaikan olehguru mudah dipelajari dan tujuan dari inti materi dapat terlaksana, serta meningkatkankualitas pendidikan. Sementara motivasi belajar merupakan aspek yang sangat pentingyang dapat mempengaruhi perilaku belajar siswa.Rumusan masalah dalam hal ini: 1) Bagaimana gaya mengajar guru • qih di MTsNPurwoasri? 2) Bagaimana motivasi belajar • qih siswa kelas VII di MTsN Purwoasri?3) Adakah pengaruh yang signi• kan antara gaya mengajar guru • qih terhadap motivasibelajar • qih siswa kelas VII di MTsN Purwoasri? Penelitian ini bertujuan untukmengetahui:1) gaya mengajar guru Fiqih di MTsN Purwoasri 2) Motivasi belajar •qihsiswa kelas VII di MTsN Purwoasri 3) Pengaruh gaya mengajar guru Fiqih terhadapmotivasi belajar • qih siswa kelas VII di MTsN Purwoasri.Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitiankorelasional. Populasi peneitian ini adalah siswa-siswi kelas VII MTsN Purwoasri denganjumlah 250 siswa dan sampel 152 siswa. Tehnik pengambilan sampel menggunakanSimple Random Sampling. Pengumpulan data dilakukan melalui angket atau kuesioner.Dan analisis datanya menggunakan regresi linear.Hasil penelitian ini adalah gaya mengajar guru Fiqih di MTsN Purwoasridikategorikan baik, dengan nilai rata-rata sebesar 200,75; sedangkan untuk motivasibelajar siswa di MTsN Purwoasri dikategorikan cukup, dengan nilai rata-rata 142,28.Berdasarkan uji statistik dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh antara gaya mengajarguru Fiqih terhadap motivasi belajar siswa di MTsN Purwoasri. Hasil uji F angkakoe• sien determinasi menunjukkan 0,277. Dengan demikian dapat ditarik kesimpulanbahwa pengaruh gaya mengajar guru Fiqih terhadap motivasi belajar siswa di MTsNPurwoasri sebesar 27,7% dan sisanya 72, 3% dipengaruhi oleh faktor-faktor yang lain.
Published
2018-09-10
How to Cite
VINALLIA, Vinallia. PENGARUH GAYA MENGAJAR GURU FIQIH TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA MTsN PURWOASRI KAB. KEDIRI. Intelektual: Jurnal Pendidikan Islam, [S.l.], v. 8, n. 01, p. 193-201, sep. 2018. Available at: <http://ejournal.iai-tribakti.ac.id/index.php/intelektual/article/view/592>. Date accessed: 16 nov. 2018.