KORELASI KUALITAS SUPERVISI AKADEMIK PENGAWAS SEKOLAH TERHADAP KINERJA GURU DI MI KECAMATAN PRAMBON NGANJUK

  • Unaisiyah Unaisiyah

Abstract

Supervisi yang handal untuk meningkatkan mutu kinerja guru harus terus digalkkan, seiringdengan perkembangan teknologi saat ini. Pengawasan sebagai supervisor sekolah dituntut menjadi• gur yang dapat menjadi contoh dan panutan bagi para guru dan para siswa dalam hal pembentukankarakter baik dalam hal disiplin, maupun dalam hal etika dan moral. Terlebih lagi saat ini telahmenerapkan kurikulum baru yang berorientasi pada pembentukan karakter siswa. Memberikanpengetahuan tentang etika pergaulan, penanaman nilai-nilai agama, moral, budi pekerti serta etikabagi anak didik, harus terus menerus dilakukan.Fokus penelitian ini adalah: (1) Bagaimana tingkat keaktifan supervisi akademik pengawassekolah di MI Kecamatan Prambon Nganjuk. (2) Bagaimana tingkat kinerja guru di MI KecamatanPrambon Nganjuk. (3) Bagaimana korelasi supervisi akademik pengawas sekolah terhadap kinerjaguru di MI Kecamatan Prambon Nganjuk.Metode penelitian ini adalah kuantitatif. Populasi dalam peneliitan ini sebanyak 66 analisisdata menggunakan teknik analisis korelasi product moment.Hasil penelitian ini adalah: (1) Tingkat keaktifan supervisi akademik pengawas sekolah diMI Kecamatan Prambon Nganjuk adalah baik hal ini dibuktikan dengan fakta empiris denganindikator pelaksanaan kurikulum yang berlaku. Perencanaan, pelaksanaan dan penilaian prosespembelajaran oleh guru. Pencapaian standar kompetensi lulusan (SKL), standar proses, standarisi, dan peraturan pelaksanaannya. Peningkatan mutu pembelajaran melalui pengembanganmodel kegiatan pembelajaran, peran serta peserta didik dalam proses pembelajaran secara aktif,kreatif, demokratis, mendidik, memotivasi, mendorong kreati! tas dan dialogis bahwa sebanyak 66responden yang menjawab baik adalah 27 responden atau (41%), cukup baik sebanyak 13 respondenatau (20%), kurang baik sebanyak 11 responden atau (17 %), sangat baik 9 responden atau (13%)dan sangat kurang baik 6 responden atau (9%). (2) Tingkat kinerja guru di MI Kecamatan PrambonNganjuk adalah cukup baik hal ini dibuktikan dengan fakta empiris bahwa dengan indikatorkompetensi menyusun rencana pembelajaran, kompetensi melaksanakan proses belajarmengajar, kompetensi melaksanakan penilaian proses belajar mengajar, hubungan antarpribadi dari 66 responden yang menjawab cukup baik adalah 24 responden atau (36%), kurangbaik 20 responden atau (30%) sangat kurang baik 11 responden atau (17%), baik 10 respondenatau (15%), sangat baik 1 orang atau (2%). (3) Korelasi supervisi akademik pengawas sekolahterhadap kinerja guru di MI Kecamatan Prambon Nganjuk adalah kuat, hal ini dibuktikan denganpenghitungan rumus product moment dan regresi linier sederhana bahwa nilai korelasi sebesar rxy= 0,757 yang berarti terletak antara 0,60 – 0,79 artinya terdapat korelasi yang kuat antara kualitassupervisi akademik dengan kinerja guru.
Published
2018-09-10
How to Cite
UNAISIYAH, Unaisiyah. KORELASI KUALITAS SUPERVISI AKADEMIK PENGAWAS SEKOLAH TERHADAP KINERJA GURU DI MI KECAMATAN PRAMBON NGANJUK. Intelektual: Jurnal Pendidikan Islam, [S.l.], v. 8, n. 01, p. 179-192, sep. 2018. Available at: <http://ejournal.iai-tribakti.ac.id/index.php/intelektual/article/view/591>. Date accessed: 22 sep. 2018.