IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL DENGAN STRATEGI REACT (RELATING, EXPERIENCING, APPLYING, COOPERATING, DAN TRANFERRING) PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA DI MI DAYA MUDA AL-ISLAM TAKAT KAMPUNGBARU TANJUNGANOM NGANJUK

  • Nurul Kolisiyah

Abstract

Kemampuan siswa terhadap pelajaran matematika di MI perlu terus ditingkatkan,mengingat perkembangan dunia saat ini menuntut berbagai perhitungan yang lebih rumitid.Tidak terkecuali siswa di Madrasah Ibtidaiyah Daya Muda Al-Islam Takat KampungbaruTanjunganom Nganjuk yang saat ini masih tergolong rendah. Terlihat dari nilai ulangan semesterII tahun pelajaran 2015/2016, yaitu: dari 119 siswa hanya 21% yang tuntas belajar secaraklasikal (dikatakan tuntas apabila nilainya ³ 75) sedangkan yang tidak tuntas 79%. Mengatasipermasalahan di atas, diperlukan strategi REACT yang menekankan pada aktivitas siswa secarapenuh, baik • sik maupun mental.Fakus penelitian dalam tesis ini adalah: (1) Bagaimana proses pembelajaran kontekstualdengan strategi REACT pada mata pelajaran matematika di MI Daya Muda Al-Islam. (2)Kemampuan apa saja yang nampak dalam pembelajaran kontekstual dengan strategi REACTpada mata pelajaran matematika di MI Daya Muda Al-Islam.Metode penelitian ini adalah kualitatif. Sebagaimana arahan jenis penelitian kualitatif,maka data terkumpul dianalisis dengan bekal senjata intelektual berupa teori sebagaimanadisampaikan pada bab II untuk mendapatkan berbagai uraian interpretatif sesuai kaidahpenelitian ilmiah yang logis dan rasional.Hasil penelitian ini adalah: (1) Proses pembelajaran kontekstual dengan strategi REACTpada mata pelajaran matematika di MI Daya Muda Al-Islam dilakukan dengan 4 proses tahapan,pertama proses relating siswa diberi rumus kemudian mengaitkannya dengan kehidupan nyata,kedua proses experiencing yaitu siswa melakukan eksplorasi rumus dengan pengalaman nyatasiswa, ketiga siswa menerapkan pengalaman dalam kehidupan nyata untuk memecahkan soalmatematika, keempat proses cooperating siswa bersama dengan kelompoknya melakukandiskusi untuk memecahkan soal bersama-sama, kelima proses tranferring siswa melakukanpresentasi dari hasil diskusi bersama kelompoknya setelah memecahkan soal matematika. (2)Kemampuan siswa yang nampak dalam pembelajaran kontekstual dengan strategi REACTpada mata pelajaran matematika di MI Daya Muda Al-Islam adalah: pertama kemampuanrelating siswa sudah cukup baik hal ini dibuktikan dengan hasil tes ulangan harian.Kemampuanexperiencing dengan 8 indikator sudah mencapai nilai rata-rata yang baik. Kemampuan applyingdari 5 indikator,3 aspek kurang baik. Kemampuan cooperating siswa, 6 siswa dengan 5indikator sudah menunjukkan nilai rata-rata yang baik, Kemampuan tranferring siswa rata-ratasudah baik, walaupun siswa masih berlum terbiasa mengkomunikasikan hasil diskusi denganpresentasi di depan kelas.
Published
2018-09-10
How to Cite
KOLISIYAH, Nurul. IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL DENGAN STRATEGI REACT (RELATING, EXPERIENCING, APPLYING, COOPERATING, DAN TRANFERRING) PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA DI MI DAYA MUDA AL-ISLAM TAKAT KAMPUNGBARU TANJUNGANOM NGANJUK. Intelektual: Jurnal Pendidikan Islam, [S.l.], v. 8, n. 01, p. 160-169, sep. 2018. Available at: <http://ejournal.iai-tribakti.ac.id/index.php/intelektual/article/view/589>. Date accessed: 22 sep. 2018.