IMPLEMENTASI PERMENAG NOMOR 2 TAHUN 2008 DAN PERMENDIKBUD NOMOR 20 TAHUN 2016 TENTANG STANDAR KOMPETENSI LULUSAN DI MAN PRAMBON NGANJUK

  • Novita Rahmah

Abstract

Implementasi Permenag Nomor 2 Tahun 2008 dan Permendikbud Nomor 20 Tahun 2016Tentang Standar Kompetensi Lulusan perlu dikuatkan dalam pelaksanaan di lapangan karenaditengarai di MAN Prambon muncul permasalahan pedagogik guru yang belum maksimal,sarana dan prasarana pembelajaran yang belum lengkap, input siswa kurang berkualitas,sebagian tamatan SMP kurang mampu mempelajari Mapel Bahasa Arab. Minat, motivasi dandisiplin belajar siswa kurang maksimal, dan belum maksimalnya pos-pos pembiayaan untukkegiatan pembelajaran dan kegiatan ekstra kurikuler serta pembiayaan kegiatan pengembangandiri karena minimnya sumber pendapatan.Fokus penelitian ini adalah: 1) Bagaimanakah Bentuk Implementasi Permenag No.2Tahun 2008 dan Permendikbud Nomor 20 tahun 2016 tentang Standar Kompetensi Lulusandi MAN Prambon Nganjuk. 2) Bagaimana Implikasi Implementasi dalam pembelajaran. 3)Bagaimanakah faktor pendukung dan penghambat Implementasi Permenag Nomor 2 Tahun2008 dan Permendikbud Nomor 20 tahun 2016.Kesimpulan penelitian ini adalah: 1) Bentuk Implementasi Permenag No. 2 Tahun 2008dan Permendikbud Nomor 20 tahun 2016 tentang Standar Kompetensi Lulusan di MANPrambon Nganjuk bagi guru PAI dan Bahasa Arab adalah berikut: a) Guru melaksanakankegiatan pembelajaran dengan menerapkan strategi dan metode mengajar yang sesuai,mengadakan penilaian dan analisis hasil belajar, serta evaluasi, mengadakan program remididan pengayaan, b) Pengadaan tes peminatan pada siwa baru untuk penempatan jurusan. 2)Implikasi Implementasi Permenagsebagai berikut: a) Implikasinya didasarkan pada pada tujuanpendidikan nasional, b) didasarkan pada ruang lingkup standar kompetensi lulusan, c) dilakukandengan cara mengadakan monitoring dan evaluasi, d) dilaksanakan berdasar kebijakan kepalamadrasah, e) dijalankan dengan baik sesuai dengan rencana. 3) Faktor-faktor Pendukung antaralain: a) Kondisi riil standar isi yang bagusdan Respon komite dan siswa sangat baik. Sedangkanfaktor-faktor penghambatnya antara lain: fasilitas untuk memenuhi terlaksnanya kurikulum 13sangat terbatas.
Published
2018-09-10
How to Cite
RAHMAH, Novita. IMPLEMENTASI PERMENAG NOMOR 2 TAHUN 2008 DAN PERMENDIKBUD NOMOR 20 TAHUN 2016 TENTANG STANDAR KOMPETENSI LULUSAN DI MAN PRAMBON NGANJUK. Intelektual: Jurnal Pendidikan Islam, [S.l.], v. 8, n. 01, p. 148-159, sep. 2018. Available at: <http://ejournal.iai-tribakti.ac.id/index.php/intelektual/article/view/588>. Date accessed: 22 sep. 2018.