STUDI PARADIGMATIK TENTANG PEMAHAMAN MASYARAKAT KABUPATEN KEDIRI TERHADAP LEMBAGA PENDIDIKAN MA’ARIF DI SD NU NGADILUWIH DAN SDI NU KAYEN KIDUL

  • Musta’in Musta’in

Abstract

Dalam pendidikan terutama dalam memilih sekolah untuk anaknya, orang tua tentuakan mencari sekolah yang mampu dan bisa mendidik anaknya untuk lebih baik. Kualitasdan persaingan menjadi ciri utama iklim pendidikan diera globalisasi. Sekolah yang mampumemberikan pendidikan berkualitas akan menjadi pemenangnya. Dinamika lembaga pendidikanislam dalam beberapa tahun terakhir mengalami kemajuan yang signi• kan. Terlebih semuanyamasuk dalam naungan lembaga pendidikan Ma’arif.Dari fenomena yang ada sekarang ini, maka lembaga pendidikan Ma’arif tidak lagi dipandang sebelah mata oleh kalangan masyarakat. Hingga sekolah Ma’arif banyak di jadikansalah satu sekolah pilihan masyarakat kabupaten kediri. Maka dari itu, penelitian ini difokuskanpada a). Bagaimana paradigma masyarakat terhadap LPNU Maarif kabupaten Kediri, b). apafaktor-faktor yang mempengaruhi masyarakat memilihSD NU menjadikan sebagai sekolahfavorit.Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui paradigma masyarakat kabupatenKediri terhadap lembaga pendidikan NU ma’arif di dua SD NU kecamatan kayen kidul danNgadiluwih. Serta untuk mengethui apa saja faktor yang mempengaruhi minat masyarakatuntuk menyekolahkan anaknya ke SD NU. Jenis penelitian ini deskriptif kualitatif, denganmemandang fenomena yang terjadi secara alamiah, dengan pengumpulan data melalui metodeobservasi, Interviu (interview), dan dokumentasi.Dari sebuah penelitian di temukan bahwa masyarakat ternyata pusat perhatianya bukanterletak pada lembaga pendidikan NU Ma’arif. Akan tetapi lebih condong pada letak manajemenpelayanan yang memberikan kepuasan pada masyarakat. Yakni dengan dibuatnya sistemsekolah plus berupa tambahan muatan pelajaran Agama. Serta dengan adanya ikatan emposionalmasyarakat itu sendiri yang kebetulan mayoritas masyarakatnya adalah warga nahdliyin.
Published
2018-09-10
How to Cite
MUSTA’IN, Musta’in. STUDI PARADIGMATIK TENTANG PEMAHAMAN MASYARAKAT KABUPATEN KEDIRI TERHADAP LEMBAGA PENDIDIKAN MA’ARIF DI SD NU NGADILUWIH DAN SDI NU KAYEN KIDUL. Intelektual: Jurnal Pendidikan Islam, [S.l.], v. 8, n. 01, p. 137-147, sep. 2018. Available at: <http://ejournal.iai-tribakti.ac.id/index.php/intelektual/article/view/587>. Date accessed: 16 nov. 2018.