AKTIFITAS KEPEMIMPINAN KEPALA MADRASAH DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI KERJA GURU DI MADRASAH IBTIDAIYAH NEGERI POJOK PONGGOK BLITAR

  • Muh. Hamzah Sururi

Abstract

Kepala madrasah memiliki peranan penting dalam meningkatkan kemajuan madrasah.Untuk itu diperlukan sebuah motivasi yang tinggi dalam memimpin. Di samping itu diperlukanvisi dan misi yang jelas untuk menggerakkan bawahanya. Sehingga sejumlah guru dan tenagakependidikan lainya memiliki arah yang jelas demi kemajuan madrasah.Fokus penelitian ini adalah : 1). Bagaimana Akti• tas Kepemimpinan Kepala Madrasah MINPojok. 2). Bagaimana Motivasi Kerja Guru di MIN Pojok? 3). Apa Kontribusi KepemimpinanKepala Madrasah dalam Meningkatkan Motivasi Kerja Guru di MIN Pojok.Kajian dan pembahasan tesis ini bertujuan untuk, 1) Untuk mengetahuai akti•taskepemimpinan kepala madrasah di MIN Pojok, 2) Untuk mengetahui tingkat motivasi kerjaguru di MIN Pojok, 3) Untuk mengetahui kontribusi kepemimpinan kepala madrasah dalammeningkatkan motivasi kerja guru di MIN PojokPendekatan penelitian yang digunakan termasuk jenis penelitian kualitatif. Yang memilikiciri-ciri antara lain : latar alami, peneliti sebagai instrument kunci, dan penelitiannya bersifatdeskriptif. Dalam pengumpulan datanya peneliti menggunakan metode wawancara, observasidan dokumentasi, dimana ketiganya tersebut merupakan komponen yang tidak dapat terpisahkanguna memperoleh data dalam penelitian. Untuk analisis datanya peneliti menggunakan reduksidata atau penyederhanaan (data reduction), paparan data atau sajian data (data display), danpenarikan kesimpulan (conclusion veri! ying)Hasil penelitian menunjukkan bahwa, 1) Akti• tas kepemimpinan kepala madrasah dalammeningkatkan motivasi guru antara lain: menciptakan kebersamaan diantara guru, menciptakanrasa aman dan nyaman dilingkungan madrasah, memberikan sugesti positif kepada para guru,mengadakan pendidikan dan pelatihan bagi guru, menyediakan kebutuhan dalam menunjangkegiatan belajar mengajar. 2) Motivasi kerja guru di MIN Pojok secara umum sudah baik, dilihatdari tingkat kehadiran guru dimadrasah, keaktifan guru dalam pembelajaran dikelasdan diluarkelas, pembuatan perangkat pembelajaran yang sudah siap sebelum pengajaran, melakukanpenilaian dan analisis hasil ulangan siswa 3) Kontribusi kepemimpinan kepala madrasah dalammeningkatkan motivasi kerja guru di MIN Pojok antara lain: kepala madrasah menerapkanmanajemen terbuka, menerapkan sistem pembagian tugas dan tanggung jawab, menjalin hubunganyang baik terhadap guru dan karyawan, melakukan pengawasan secara berkesinambungan,melakukan evaluasi terhadap uraian tugas dan dokumen dan memberikan koreksi dan masukanjika terjadi kesalahan
Published
2018-09-10
How to Cite
SURURI, Muh. Hamzah. AKTIFITAS KEPEMIMPINAN KEPALA MADRASAH DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI KERJA GURU DI MADRASAH IBTIDAIYAH NEGERI POJOK PONGGOK BLITAR. Intelektual: Jurnal Pendidikan Islam, [S.l.], v. 8, n. 01, p. 129-136, sep. 2018. Available at: <http://ejournal.iai-tribakti.ac.id/index.php/intelektual/article/view/586>. Date accessed: 14 nov. 2018.