PEMAKAIAN JILBAB DI SMP NEGERI 2 PACE NGANJUK (Analisis Fenomenologis terhadap Pemahaman Siswa terkait Pemakaian Jilbab dan Pembelajaran PAI di SMP Negeri 2 Pace Kab. Nganjuk)

  • Moh. Ali Said

Abstract

Begitu pentingnya manfaat jilbab bagi para wanita. Sebuah bentuk ajaran agama Islam yangtak bisa dipelajari dalam pelajaran PAI tapi juga harus dan sangat penting untuk dimplementasikan,namun masih banyak wanita yang tidak menyadarinya. Zaman yang modern ini mengarahkanmodel pakaian para perempuan mengalami kemunduran, menjadi kembali primitif denganketerbukaan seperti pada zaman awal munculnya manusia di bumi. Para perempuan lebih memilihpakaian yang minim dan membuka uratnya..Fokus penelitian dalam tesis ini meliputi pertanyaan: (1) Bagaimana praktek pembelajaranPAI di SMP Negeri 2 Pace Nganjuk (2) Bagaimana pemahaman siswa terhadap jilbab bagiseorang muslimah di SMP Negeri 2 Pace NganjukMetode penelitian ini adalah kualitatif. Sebagaimana arahan jenis penelitian kualitatif, makadata terkumpul dianalisis dengan bekal senjata intelektual berupa teori sebagaimana disampaikanpada bab II untuk mendapatkan berbagai uraian interpretatif sesuai kaidah penelitian ilmiah yanglogis dan rasionalitas data yang terkumpulkan.Hasil penelitian inia dalah: (1) Praktek pembelajaran PAI di SMP Negeri 2 Pace Nganjukadalah melalui kegiatan kurikuler yaitu pembelajaran PAI yang dilaksanakan berdasarkankurikulum Nasional 2 jam perminggu, selain itu praktek pembelajaran PAI juga dilaksanakanmelalui kegiatan ekstra keagamaan seperti sholat dhuha ketika istirahat, sholat dhuhur berjamaah,sholat jumat tiap kelas di wakili 10 siswa bersama wali kelas, majelis ta’lim, dilaksanakan sebelumsholat dhuhur, hadrah/shalawatan, MTQ, kegiatan PHBI seperti perayaan hari raya idul adhakegiatanyaa takbiran, sholat ied dan penyembelihan hewan kurban, pondok ramadhan, isra’ mi’raj,maulid Nabi Muhammad SAW. (2) Pemahaman siswa terhadap jilbab bagi seorang muslimah diSMP Negeri 2 Pace Nganjuk adalah berdasarkan dari anjuran guru PAI kepada siswi muslimuntuk memakai jilbab, anjuran tersebut diberikan melalui kegaitan praktek pembelajaran PAI baiksaat pelajaran PAI di kelas maupun dalam kegiatan ekstra keagamaan. Setelah memakai jilbabpara siswi mempunyai pemahamaman bahwa memakai jilbab bagi mereka akan mengingatkankewajiban seorang muslimah untuk menutup aurat dan menjalankan ibadah. Memakai jilbabmerupakan sebuah kultur sekolah yang positif dengan pendekatan keagamaan, yang mampumembentuk akhlak terpuji bagi siswi seperti: sopan santun ketika berbicara, selalu menjalankansholat, mengerjakan tugas, tidak suka marah-marah, patuh kepada orang tua, jujur, mandiri,tanggung jawab, menghargai lingkungan
Published
2018-09-10
How to Cite
SAID, Moh. Ali. PEMAKAIAN JILBAB DI SMP NEGERI 2 PACE NGANJUK (Analisis Fenomenologis terhadap Pemahaman Siswa terkait Pemakaian Jilbab dan Pembelajaran PAI di SMP Negeri 2 Pace Kab. Nganjuk). Intelektual: Jurnal Pendidikan Islam, [S.l.], v. 8, n. 01, p. 104-119, sep. 2018. Available at: <http://ejournal.iai-tribakti.ac.id/index.php/intelektual/article/view/584>. Date accessed: 14 nov. 2018.