PENGARUH PELAKSANAAN PROGRAM PROFESIONAL DEVELOPMENT FOR EDUCATION PERSONAL (PRODEP) TERHADAP PERBAIKAN MUTU PENDIDIKAN TINGKAT MADRASAH IBTIDAIYAH (MI) DI KABUPATEN NGANJUK TAHUN 2015

  • M. Bisri Mustofa

Abstract

Upaya meningkatkan mutu madrasah, perlu diupayakan dari berbagai segi, termasukpengadaan dana penyelenggaraan sekolah. Karena dana bagian penting dari berjalannya suatulembaga pendidikan. Salah satu bantuan dari Program professional Development for EducationPersonal (ProDep). Untuk lebih dalamnya penelitian ini focus akan menelaah program ini.Rumusan masalah dalam penelitian ini adalahAdakah pengaruh antara pelaksanaan ProgrmProDep) terhadap perbaikan mutu pendidikan tingkat MI di Kabupaten Nganjuk pada Tahun2014? Dari pokok rumusan masalah tersebut dijabarkan menjadi tiag sub, yaitu bagaimanakahImplementasi Program ProDep di MI Kecamatan Prambon Nganjuk, bagaimanakah perilakupendidik di MI Kecamatan Prambon Nganjuk, adakah pengaruh kegiatan ProDep terhadap mutupendidikan di MI Kecamatan Prambon Nganjuk.Jenis penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif dengan pendekatan ! eld research.Penelitian bertujuan mengukur pengaruh dari program ProDep terhadap peningkatan mutupendidikan. Penggalain data menggunakan interviu. Sedangkan analisis datanya menggunakanteknik analisis T tes.Hasil penelitian ini menunjukkan bahawa perilaku pendidik di MI Kecamatan PrambonNganjuk setelah adanya program ProDep perilaku pendidikan menjadi lebih baik hal ini dibuktikandengan rata-rata prosentase perilaku pendidik 79,83% hal ini berarti berada pada interval 75% -100% dengan kategori baik.Implementasi Program ProDep di MI Kecamatan Prambon Nganjukanatara lain: Adanyaperbaiakan secara terus-menerus yang dilakukan oleh guru di MI sasaran program ProDep.Adanya peningkatan kualitas pada SDM di MI sasaran program ProDep, terpenuhinya saranadan prasana yang memadai yang telah sesuai dengan petunjuk teknis program ProDep.tingkatmutu pendidikan di MI Se Kecamatan Prambon adalah baik, karena rata-rata prosentase mutupendidikan adalah 84,55% hal ini berarti berada pada interval 75% - 100% dengan kategori baik.Pengaruh kegiatan ProDep terhadap mutu pendidikan di MI Kecamatan Prambon Nganjukadalah sedang hal ini dibuktikan dengan interpretasi terhadap Rxy = 0,757 yang berarti terletakantara 0,40 – 0,59 artinya terdapat korelasi yang sedang antara program ProDep dengan mutupendidikan di MI se Kecamatan Prambon Nganjuk.
Published
2018-09-10
How to Cite
MUSTOFA, M. Bisri. PENGARUH PELAKSANAAN PROGRAM PROFESIONAL DEVELOPMENT FOR EDUCATION PERSONAL (PRODEP) TERHADAP PERBAIKAN MUTU PENDIDIKAN TINGKAT MADRASAH IBTIDAIYAH (MI) DI KABUPATEN NGANJUK TAHUN 2015. Intelektual: Jurnal Pendidikan Islam, [S.l.], v. 8, n. 01, p. 91-103, sep. 2018. Available at: <http://ejournal.iai-tribakti.ac.id/index.php/intelektual/article/view/581>. Date accessed: 16 nov. 2018.