EFEKTIFITAS PENDIDIKAN EKTRAKURIKULER MUSIK DALAM MENGEMBANGKAN BAKAT SISWA DI SMPN 1 TAROKAN KEDIRI

  • Khoiri Khoiri

Abstract

Perkembangan manusia pada dasarnya tidak hanya dipengaruhi oleh faktor pembawaansejak lahir, tetapi juga oleh lingkungan dan pendidikan. Hal ini berarti masa depan kehidupanmanusia, tidak terkecuali pada anak, bergantung pada potensi mereka sejak dilahirkan danproses pendidikan yang mereka alami.Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah 1) Bagaimana praktik pendidikanektrakurikuler di SMPN 1 Tarokan , 2) Bagaimana metode pembelajaran musik di SMPN 1Tarokan, 3) Bagaimana efekti• tas pendidikan ektrakurikuler dalam mengembangkan bakatsiswa di SMPN 1 Tarokan.Dalam penelitian ini penulis menggunakan pendekatan kualitatif, yaitu data diperolehdengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Adapun proses analisis data meliputi:kegiatan pengumpulan data, memeriksa kembali jawaban responden, merapikan danmengatur data, menyajikan data dalam bentuk deskriptif verbalistik, memeriksa kembalidata, dan merumuskan kesimpulan hasil penelitian.Akhirnya, penelitian ini dapat disimpulkan sebagai berkut. 1) Praktek pendidikanektrakurikuler musik di SMPN 1 Tarokan Kediri disimpulkan berjalan relatif baik. 2)Metode dalam pembelajaran ektrakurikuler musik di SMPN 1 Tarokan Kediri cukup baik 3)Pelakasanan pendidikan ektrakurikuler dalam pengembangan bakat siswa di SMPN 1 tarokansangat efektif. Dan terbukti di SMPN 1 Tarokan sering mengikuti festifal musik di tingkatsekolah maupun antar sekolah dengan hasil cukup memuaskan. Untuk itu penulis memberimotifasi dan penguatan kepada siswa agar aktif dalam mengikuti pendidikan extrakurikulerkhususnya ektra musik. Agar bakat dan minat siswa untuk dikembangkan hingga mahirdan profesional.Musik dapat menjadikan anak pintar terutama di bidang logika matematikadan bahasa. Keindahan musik adalah kata-kata yang menyatu dengan nada, sehingga anakmemiliki keinginan yang kuat untuk bergabung di dalamnya dan tanpa disadari anak turutberdendang dengan kata-katanya sendiri misalnya dengan menyanyikan ba..ba..ba..ba..ba,mengetuk-ngetukkan atau menjentik-jentikan jari-jari tangan atau mengangguk-anggukkankepala setiap kali mendengar irama musik dan sebagainya. Tapi keinginan untuk mengikutilagu yang ia dengar, akan mendorongnya untuk berlatih terus menerus.
Published
2018-09-10
How to Cite
KHOIRI, Khoiri. EFEKTIFITAS PENDIDIKAN EKTRAKURIKULER MUSIK DALAM MENGEMBANGKAN BAKAT SISWA DI SMPN 1 TAROKAN KEDIRI. Intelektual: Jurnal Pendidikan Islam, [S.l.], v. 8, n. 01, p. 57-68, sep. 2018. Available at: <http://ejournal.iai-tribakti.ac.id/index.php/intelektual/article/view/578>. Date accessed: 22 sep. 2018.