EFEKTIFITAS METODE SOROGAN DALAM MENINGKATKAN MINAT BELAJAR SANTRI DI MADRASAH DINIYYAH HAJI YA’QUB LIRBOYO KEDIRI

  • Irfan Fauzan Muslimin

Abstract

Madrasah merupakan sebuah perkembangan dalam pembelajaran yang digunakan dipesantren untuk meningkatkan mutu pendidikanya, kalau mengamati awal mula berdirinyapesantren yang hanya terdapat dua metode pembelajaran yaitu sorogan dan bandongan.Dalam praktek pembelajaranya di madrasah para siswa sudah dibagi per kelas menurutkemampuanya masing-masing, meskipun sudah demikian akan tetapi pihak madrasahtidak menghapus metode klasikal seperti metode sorogan, yang menurut ZamaksyariDho• er merupakan metode pendidikan trasdisional pendidikan Islam yang tersulit, yangmembutuhkan disiplin diri, ketekunan dan utamanya adalah kesabaran.Berdasarkan latar belakang tersebut, maka dapat dirumuskan permasalahan penelitianini sebagai berikut, (1). Bagaimana Peranan Metode Sorogan dalam meningkatkan minatbelajar di Madrasah Diniyyah Haji Ya’qub Lirboyo Kota Kediri? (2) Bagaimana MinatBelajar Santri di Madrasah Diniyyah Haji Ya’qub Lirboyo Kota Kediri Jawa Timur? (3) Apasaja Kendala Yang Dialami Madrasah Diniyyah Haji Ya’qub Lirboyo Kota Kediri dalamUsahanya Meningkatkan Minat Belajar Santri?Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptip kualitatif untuk mengumpulkansemua data yang diperlukan, peneliti menggunakan tiga metode pengumpulan data, yaitu:wawancara, observasi, dan dokumentasi. Dalam menganalisis data menggunakan empattahapan diantaranya, reduksi data, display data, dan penarikan kesimpulan.Hasil penelitian menunjukan: Pertama metode sorogan berperan aktif dalammeningkatkan minat belajar santri. Kedua Minat belajar santri Madrasah Diniyah HajiYa’qub masih baik. Ketiga Kendala yang sering dialami pihak madrasah diantaranya adalahkebanyakan dari siswanya mengenyam pendidikan formal dan nonformal.
Published
2018-09-10
How to Cite
MUSLIMIN, Irfan Fauzan. EFEKTIFITAS METODE SOROGAN DALAM MENINGKATKAN MINAT BELAJAR SANTRI DI MADRASAH DINIYYAH HAJI YA’QUB LIRBOYO KEDIRI. Intelektual: Jurnal Pendidikan Islam, [S.l.], v. 8, n. 01, p. 45-56, sep. 2018. Available at: <http://ejournal.iai-tribakti.ac.id/index.php/intelektual/article/view/577>. Date accessed: 14 nov. 2018.