STRATEGI PENINGKATAN MUTU PENDIDIKAN MELALUI BUDAYA SEKOLAH DI SMPN 1 PRAMBON KABUPATEN NGANJUK

  • Dewi Sri Utami dan Suko Susilo

Abstract

Budaya Sekolah diharapkan mampu memperbaiki mutu sekolah, kinerja di sekolahdan mutu kehidupan yang diharapkan memiliki ciri sehat, dinamis, atau aktif, positif danprofesional. Budaya sekolah yang sehat memberikan peluang sekolah dan warga sekolahyang berfungsi secara optimal, bekerja secara e• sien, energik, penuh vitalitas, memilikisemangat tinggi, dan akan mampu terus berkembang. Oleh karena itu, budaya sekolah iniperlu dikembangkan. Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan bentuk kegiatan, strategimeningkatkan mutu pendidikan melalui budaya sekolah, dan dampak penerapan strategimeningkatkan mutu pendidikan melalui budaya sekolah.Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan mengambil latar di SMPN 1Prambon. Dikarenakan menurut pandangan peneliti telah berhasil menerapkan budayasekolahnya yang menonjol pada kepedulian lingkungannya sehingga mampu meraihpemenang Sekolah Adiwiyata tingkat nasional pada tahun 2016 dan banyak meraih prestasidibidang akademik maupun bidang lainnya. Fokus penelitian dalam hal ini adalah (1) Bentukstrategi meningkatkan mutu pendidikan melalui budaya sekolah di SMPN 1 Prambon. (2)Dampak penerapan strategi meningkatkan mutu pendidikan melalui Budaya Sekolah diSMPN 1 Prambon.Pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisisdata yang digunakan adalah analisis deskriptif kulitatif, yaitu cara analisis yang cenderungmenggunakan kata-kata untuk menjelaskan (describle) fenomena atau data yang didapatkan.Hasil penelitian menunjukkan: (1) Dampak strategi meningkatkan mutu pendidikanmelalui budaya sekolah meliputi: penataan dan perawatan linkungan • siknya, penataanlingkungan sosialnya, penataan personil sekolahnya, penataan lingkungan kerjanya. (2)Dampak penerapan Strategi meningkatkan mutu pendidikan melalui budaya sekolah di SMPN1 Prambon yang telah diterapkan berdampak:Pencapaian nilai sebesar 93 dan berpredikatA pada akreditasinya, peserta didik lulus 100 % dan lulusanya banyak diterima disekolahterbaik di wilayah Kediri maupun Nganjuk, gurunya profesional dengan indikator semuasudah berseti• kat pendidik dan semua berpendidikan minimal S1, hasil ujian nasional baik,sekolah memiliki prestasi dalam berbagai kompetisi, dan peserta didik memiliki karakteryang baik.
Published
2018-09-10
How to Cite
SUKO SUSILO, Dewi Sri Utami dan. STRATEGI PENINGKATAN MUTU PENDIDIKAN MELALUI BUDAYA SEKOLAH DI SMPN 1 PRAMBON KABUPATEN NGANJUK. Intelektual: Jurnal Pendidikan Islam, [S.l.], v. 8, n. 01, p. 18-34, sep. 2018. Available at: <http://ejournal.iai-tribakti.ac.id/index.php/intelektual/article/view/575>. Date accessed: 16 nov. 2018.