PEMAKAIAN MEDIA FLIPCHART DALAM PEMBELAJARAN PEDIDIKAN AGAMA ISLAM MATERI FIQIH KELAS VII DI MTS NU MOJOSARI NGANJUK

  • Ali Ansori

Abstract

Penerapan metode pembelajaran yang bervariasi perlu terus dikembangkantermasuk metode ! ipchart. Hal ini penting untuk memberikan daya tarik dan motivasisiswa dalam mendalami materi pembelajaran.Penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan kegiatan pembelajaran Fiqih dikelas dan menguraikan penerapan metode Flipchart dalam pembelajaran pendidikanagama Islam pada materi • qih kelas VII di MTs NU Mojosari. Penelitian ini menggunakanpendekatan kualitatif. Sementara metode penggalian datanya menggunakan wawancara,observasi dan dokumentasiHasil penelitian ini menjelaskan bahwa, 1) kegiatan belajar mengajar di MTsNU Mojosari berjalan dengan baik dan lancar, guru menggunakan media untukmenyampaikan materi agar siswa mudah memahami apa yang di sampaikan. 2) Pemakaian• ipchart tersebut dapat menstimulasi siswa untuk lebih semangat dan tertarik denganapa yang diajarkan oleh guru, selain itu siswa dapat lebih mudah memahami materiyang disampaikan oleh guru dengan menggunakan media • ipchart. hal ini diperolehberdasarkan analisis data yang di peroleh dari wawancara dan observasi. 3) faktor yangmendukung dan menghambat dalam penggunaan media • ipchart. Kelebihanataufaktoryang mendukungdalah: Pertama, denganmenggunakan • ipchart pelajaran mudahdimengerti oleh siswa,Kedua, Media • ipchart adalah media yang sederhanadantidakrumitatauberbelit-belit, Ketiga, Media • ipchart tidak sekali pakai. Keempat, Media • ipcharttidakmahal,.Kelima. Guru dapatmemuatmateri yang hanya dibutuhkan siswa agarmateri tidak melebar. Keenam, Menghematwaktudalam proses belajarmengajar (tidakperlu menggambar atau menulis lagi di papan cukup menempelkan gambar atau tulisanyang sudah dipersiapkan. Ketujuh, Media • ipchart mudah untukdipindah-pindahkan.Beberapafaktor yang menghambatadalah, pertama, untuk membuat • ipchart ataubaganyang baik guru memerlukan waktu persiapan atau pembuatan yang cukup lama. Kedua,• ipchart membutuhkan perawatan yang baik karena kertas adalah bahan yang mudahrusak. Ketiga, Flipchart membutuhkan tempat penyimpanan yang baik dan kondusif.Keempat, • ipchart tidak bisa menggambarkan unsur gerak. Kelima, perlu keterampilanmendesain isi dari • ipchart denganbaik. Solusi yang terbaik untuk factor penghambatnyaadalah adanya kerjasama antarapihak terkait agar dapat dilakukan dengan baik.
Published
2018-09-10
How to Cite
ANSORI, Ali. PEMAKAIAN MEDIA FLIPCHART DALAM PEMBELAJARAN PEDIDIKAN AGAMA ISLAM MATERI FIQIH KELAS VII DI MTS NU MOJOSARI NGANJUK. Intelektual: Jurnal Pendidikan Islam, [S.l.], v. 8, n. 01, p. 10-17, sep. 2018. Available at: <http://ejournal.iai-tribakti.ac.id/index.php/intelektual/article/view/574>. Date accessed: 22 sep. 2018.