PROGRAM PENCEGAHAN PENYALAHGUNAAN NARKOBA DI MADRASAH TSANAWIYAH DARUSSALAM KRAS KECAMATAN KRAS KABUPATEN KEDIRI TAHUN PELAJARAN 2016/2017

  • Ahmad Santoso

Abstract

Penelitian ini di bingkai dalam topik besar Program Pencegahan Narkoba yangsecara khusus melihat program pencagahan yang ada di MTs Darussalam Kras KabupatenKediri dari program perencaan madrasah samapai pelaksaaan yang ada dapat atau bisameningkatkan mutu madrasah.Fokus yang diajukan peneliti ini meliputi : 1) Program pencegahan narkoba diMTs Darussalam Kras Tahun Pelajaran 2016-2017, 2) Pelaksanaan program pencegahanpenyalahgunaan narkoba di MTs Darussalam Kras Tahun Pelajaran 2016-2017.Jenis penelitian ini adalah kualitatif. Untuk pendekatan penelitian menggunakanstudi kasus. Sedangkan metode penggalian data peneliti menggunakan metode interaktifmeliputi : interview dan observasi. Sebagaimana arahan jenis penelitian kualitatif, datayang terkumpul dianalisis menggunakan jenis analisis Miles dan Huberman dan dengansenjata intelektual berupa teori sebagaimana ditampilkan dalam Bab II untuk mendapatberbagai uraian interpretatif sesuai kaidah paneliti ilmiah yang logis dan rasional atasdata yang terkumpul.Akhirnya, penelitian ini berhasil memperoleh temuan sesuai dengan fokuspermasalahan yang pada garis besarnya dapat disimpulkan sebagai berikut. 1) Programpencegahan narkoba dilakukan dengan cara sosialisasi, entah itu dari pihak internal sekolahsendiri ataupun dari pihak luar atau dari ahlinya. Secara internal MTs Darussalam Krasmemberdayakan dewan guru untuk mentranfer ilmu pengetahuan, dan juga mendidik. 2)Dari segi perencanan yang mengkhususkan untuk pencegahan penyalahgunaan narkobadi MTs Darussalam Kras belum ada, sehingga otomatis untuk pelaksaan pencegahanpenyalahgunaan narkoba di MTs Darussalam Kras belum terlaksana. Akan tetapi adabeberapa kegiatan madrasah sudah mengarah ke dalam program pencegahan narkoba.
Published
2018-09-10
How to Cite
SANTOSO, Ahmad. PROGRAM PENCEGAHAN PENYALAHGUNAAN NARKOBA DI MADRASAH TSANAWIYAH DARUSSALAM KRAS KECAMATAN KRAS KABUPATEN KEDIRI TAHUN PELAJARAN 2016/2017. Intelektual: Jurnal Pendidikan Islam, [S.l.], v. 8, n. 01, p. 1-9, sep. 2018. Available at: <http://ejournal.iai-tribakti.ac.id/index.php/intelektual/article/view/573>. Date accessed: 22 sep. 2018.