Kompetensi Manajerial Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Profesionalitas Guru di SDN Blitar Kecamatan Sukorejo Kota Blitar

  • Siti Munawaroh

Abstract

Kepala sekolah dalam melakukan berbagai upaya dalam peningkatan mutu pendidikan harus terus dikembangkan. Salah satunya adalah meningkatkan  profesionalitas guru sebagai personal yang secara langsung berhadapan dengan siswa. Tujuan penelitian ini adalah  menggabarkan upaya kepada sekolah yang memiliki kopetensi untuk meningkatkan profesionalisme guru.
Fokus Penelitian ini adalah : 1) Bagaimana program kepala SDN Blitar Kecamatan Sukorejo Kota Blitar sebagai manajer dalam meningkatkan profesionalitas guru.  2) Bagaimana pelaksanaan kepala SDN Blitar Kecamatan Sukorejo Kota Blitar dalam meningkatkan profesionalitas guru. 3) Bagaimana evaluasi kepala SDN Blitar Kecamatan Sukorejo Kota Blitar dalam meningkatkan profesionalitas guru.
Kajian dan pembahasan tesis ini bertujuan untuk, 1)mendeskripsikan program kepala SDN Blitar Kecamatan Sukorejo Kota Blitar dalam meningkatkan profesionalitas guru. 2) mendeskripsikan pelaksanaan kepala SDN Blitar Kecamatan Sukorejo Kota Blitar dalam meningkatkan profesionalitas guru. 3) mendeskripsikan evaluasi kepala SDN Blitar Kecamatan Sukorejo Kota Blitar dalam meningkatkan profesionalitas guru.
Pendekatan penelitian yang digunakan termasuk jenis penelitian kualitatif. Yang mempunyai ciri-ciri antara lain: latar alami, peneliti sebagai instrument kunci, dan penelitiannya bersifat deskriptif. Dalam pengumpulan datanya peneliti menggunakan metode wawancara, observasi dan dokumentasi, dimana ketiganya tersebut merupakan komponen yang tidak dapat terpisahkan guna memperoleh data dalam penelitian. Untuk analisis datanya penulis menggunakan reduksi data atau penyederhanaan (data reduction), paparan data atau sajian data (data display), dan penarikan kesimpulan (conclusion verifiying).
Hasil penelitian menunjukkan bahwa, 1) Perencanaan kepala sekolah, meliputi: perencanaan melakukan supervisi, pelatihan, workshop, perencanaan pada teknik peningkatan yang efektif dilakukan dengan penekanan pada kualitas pembelajaran dan prestasi belajar siswa. 2) Pelaksanaan yaitu menciptakan iklim sekolah yang kondusif dengan memberikan nasehat dan tauladan. 3) Evaluasi meliputi: mengobservasi kegiatan kelas (observe classroom activities), meninjau kembali rencana pengajaran dan catatan-catatan dalam kelas. Memperluas jumlah orang-orang yang terlibat dalam evaluasi.
Published
2017-05-20
How to Cite
MUNAWAROH, Siti. Kompetensi Manajerial Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Profesionalitas Guru di SDN Blitar Kecamatan Sukorejo Kota Blitar. Intelektual: Jurnal Pendidikan Islam, [S.l.], v. 7, n. 1, may 2017. ISSN 0000-0000. Available at: <http://ejournal.iai-tribakti.ac.id/index.php/intelektual/article/view/373>. Date accessed: 23 oct. 2017.