Manajemen Pembelajaran Fiqih dengan Menggunakan Metode Audio Visual di MA Al Muwazanah Gondang Plosoklaten Kediri

  • Muhlisin Muhlisin

Abstract

 
Tersedianya sumber daya manusia (SDM) yang andal antara lain ditandai oleh penguasaan ilmu pengetahuan dan teknologi. SDM ini penting untuk dikembangkan di suatu Negara berkembang termasuk di Indonesia, khususnya di institusi pendidikan. Karena embrio kemajuan suatu bangsa dimulai dari sektor pendidikan.
Penguasaan ilmu pengetahuan yang menandai SDM di sekolah adalah guru yang menguasai metode pembelajaran yang andal. Di antaranya metode pembelajaran yang mutakhir adalah metode dengan menggunakan audio visual.
Permasalahan yang peneliti ajukan dalam penelitian ini antara lain: 1. Apa yang direncanakan dalam pembelajaran fiqih dengan menggunkan media Audio Visual di MA Al Muwazanah Gondang Plosoklaten 2. Bagaimana pengorganisasian pembelajaran fiqih dengan menggunkan media Audio Visual di MA Al Muwazanah Gondang Plosoklaten Kediri, 3.Bagaimana pengimplementasian pembelajaran fiqih dengan menggunkan media Audio Visual di MA Al Muwazanah Gondang Plosoklaten Kediri.
          .  Jenis penelitian ini adalah kualitatif, sebagaimana arahan jenis penelitian kualitatif, maka data yang terkumpul kemudian dianalisis berdasar teori – teori yang diketemukan guna menarik sebuah kesimpulan yang sesuai dengan maksud diadakannya suatu penelitian tersebut.
            Berdasarkan pembahasan diatas, terkait dengan pelaksanaan pembelajaran dengan menggunakan metode audio visual, dapat disimpulkan 1) Perencanaan. yaitu proses  penetapan dan pemanfaatan  sumber daya secara  terpadu  yang diharapkan dapat menunjang kegiataan dan upaya-upaya yang akan dilaksanakan secara efisien dan efektif dalam mencapai tujuan. 2) Pengorganisasian. Yaitu Merupakan upaya untuk menghimpun semua sumber daya yang dimiliki daerah dan memanfaatkannya secara efisien guna mencapai tujuan (goals) yang telah ditetapkan. Dalam pengorganisasian (organizing) harus pula diperhatikan adalah menentukan siapa melakukan apa (staffing). 3) Evaluasi. Yaitu suatu proses yang direncanakan untuk  memporoleh data atau informasi yang di gunakan merumuskan tujuan pembelajaran, memperbaiki belajar siswa dan sejauh mana proses pencapaian pembelajaran siswa agar siswa menapai tujuan yang di harapkan  oleh pendidik
Published
2017-05-20
How to Cite
MUHLISIN, Muhlisin. Manajemen Pembelajaran Fiqih dengan Menggunakan Metode Audio Visual di MA Al Muwazanah Gondang Plosoklaten Kediri. Intelektual: Jurnal Pendidikan Islam, [S.l.], v. 7, n. 1, may 2017. ISSN 0000-0000. Available at: <http://ejournal.iai-tribakti.ac.id/index.php/intelektual/article/view/372>. Date accessed: 23 oct. 2017.