Sentralisasi Management Keuangan Sebagai Upaya Meningkatkan Mutu Pendidikan di Yayasan Al Mahrusiyah Lirboyo Kediri

  • Muchlis Muchlis

Abstract

 
Penelitian ini dibingkai dalam topik besar Managemen Keuangan yang secara khusus melihat langsung praktek keuangan di Yayasan Al Mahrusiyah Lirboyo Kediri dari praktek keuangan yang ada di kantor pusat administrasi yang kemudian berkembang ke beberapa Lembaga Pendidikan di bawah naungan Yayasan Al Mahrusiyah dengan kualitas atau mutu pendidikan di lembaga pendidikan dalam naungan Yayasan Al Mahrusiyah Lirboyo Kediri.
Permasalahan yang diajukan dalam penelitian ini meliputi pertanyaan, 1) bagaimanakah Managemen keuangan yang ada di Yayasan Al Mahrusiyah dan Lembaga Pendidikan dalam naungannya, 2) bagaimana mutu pendidikan dalam lembaga pendidikan yang ada di bawah naungan Yayasan Al Mahrusiyah Lirboyo Kediri.
            Jenis pendekatan penelitian ini adalah kualitatif. Sebagaimana arahan jenis penelitian kualitatif, maka data terkumpul dianalisis dengan bekal senjata intelektual berupa teori sebagaimana ditampilkan dalam Bab II untuk mendapatkan berbagai uraian interpretatif sesuai kaidah penelitian ilmiah yang logis dan rasional atas data yang dikumpulkan. Untuk metode penulis menggunakan metode Deskriptif yang pada hakikatnya adalah mencari teori, bukan menguji teori. Metode ini menitikberatkan pada observasi dan suasana alamiah.
Akhirnya, penelitian ini berhasil memperoleh temuan sesuai pertanyaan permasalahan yang pada garis besarnya dapat disimpulkan sebagai berikut. 1) Managemen keuangan yang ada di Yayasan Al Mahrusiyah Lirboyo Kediri sudah menunjukkan Managemen yang standar bahkan sentralisasi keuangan merupakan sistem managemen yang sudah berjalan dengan baik, sehingga ada beberapa Yayasan yang mengadakan  studi banding di Yayasan ini. 2) kualitas pendidikan yang ada dibawah naungan Yayasan Al Mahrusiyah Lirboyo Kediri menunjukkan kualitas pendidikan yang dapat bersaing dengan kualitas pendidikan di lembaga pendidikan negeri dengan bukti banyak lulusanya yang di terima sekolah-sekolah ataupun universitas-universitas negeri, maka dapat disimpulkan bahwa dengan Managemen keuangan yang baik yakni sentralisasi keuangan menjadi salah satu penyebab naiknya kualitas pendidikan di lembaga pendidikan di bawah naungan Yayasan Al Mahrusiyah Lirboyo Kediri. Saran penulis bahwa Yayasan yang mengutamakan Managemen khususnya managemen sentralisasi baik keuangan maupun pendidikan adalah Yayasan yang patut di jadikan uswatun hasanah. Sebab sesuatu yang buruk jika diatur atau dimanag terkadang mengalahkan sesuatu yang baik tanpa diatur
Published
2017-05-20
How to Cite
MUCHLIS, Muchlis. Sentralisasi Management Keuangan Sebagai Upaya Meningkatkan Mutu Pendidikan di Yayasan Al Mahrusiyah Lirboyo Kediri. Intelektual: Jurnal Pendidikan Islam, [S.l.], v. 7, n. 1, may 2017. ISSN 0000-0000. Available at: <http://ejournal.iai-tribakti.ac.id/index.php/intelektual/article/view/371>. Date accessed: 23 oct. 2017.