Efektifitas Komunikasi Interpersonal Siswa Melalui Metode Diskusi Buzz Group dalam Pembelajaran PAI Kelas VI SDN Bandar Kidul 1 Kediri

  • Moh. Latiful Umam

Abstract

 
Penelitian ini dibingkai dalam topik besar Metode Pembelajaran yang secara khusus melihat praktek pembelajaran di SDN Bandar Kidul 1 Kediri dari komunikasi interpersonal siswa dalam kelas dengan menggunakan metode buzz group. Penelitian ini diharapkan memiliki nilai praktis terhadap pembelajaran PAI.
Permasalahan yang diajukan dalam penelitian ini meliputi: 1). Bagaimana pelaksanaan metode Diskusi Buzz Group pada Mata Pelajaran PAI di kelas VI SDN Bandar Kidul 1 Kediri, dan 2). Bagaimana efektifitas Komunikasi Interpersonal siswa pada Mata Pelajaran PAI dalam metode Diskusi Buzz Group di kelas VI SDN Bandar Kidul 1 Kediri.
Lokasi penelitian ini SD Negeri Bandar Kidul 1 Kediri. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah siswa-siswi kelas VI SD Negeri Bandar Kidul 1 Kediri.
Jenis pendekatan penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan (1). Observasi, (2). Wawancara, (3). Tes, (4). Dokumentasi. Dan teknik analisa data yang digunakan adalah reduksi data, paparan data dan penyimpulan. Maka data terkumpul dianalisis dengan bekal senjata intelektual berupa teori sebagaimana ditampilkan dalam Bab II untuk mendapatkan berbagai uraian interperaktif sesuai kaidah penelitian ilmiah yang logis dan rasional atas data yang dikumpulkan.
Akhirnya, penelitian ini berhasil memperoleh temuan sesuai pertanyaan permasalahan yang pada garis besarnya dapat disimpulkan sebagai berikut. 1)pelaksanaan metode diskusi buzz group berjalan lancar, antusias dari anak-anak sangat baik serta memiliki kemanfaatan yang baik dalam kemajuan pemahaman siswa kelas VI pada materi pendidikan agama islam bab sholat tarawih. 2) efektifitasanya siswa pada materi pendidikan agama Islam ada kemajuan dengan menggunakan metode diskusi buzz group serta memperlancar siswa dalam komunikasi di kelas dan memahami materi pelajaran.
Published
2017-05-20
How to Cite
UMAM, Moh. Latiful. Efektifitas Komunikasi Interpersonal Siswa Melalui Metode Diskusi Buzz Group dalam Pembelajaran PAI Kelas VI SDN Bandar Kidul 1 Kediri. Intelektual: Jurnal Pendidikan Islam, [S.l.], v. 7, n. 1, may 2017. ISSN 0000-0000. Available at: <http://ejournal.iai-tribakti.ac.id/index.php/intelektual/article/view/370>. Date accessed: 23 oct. 2017.