Implementasi Kurikulum Berbasis Tauhid di SD Integral Yaa Bunayya Plosoarang Kecamatan Sanankulon Blitar

  • Khairul Umam

Abstract

 
Penelitian ini di bingkai dalam topik besar Kurikulum Pendidikan yang secara khusus melihat bagaimana Implementasi Kurikulum Berbasis Tauhid di SD Integral Yaa Bunayya Plosoarang Kecamatan Sanankulon Kabupaten Blitar, dengan  meneliti langsung praktek Implementasi Kurikulum Berbasis Tauhid di sekolah yang bersangkutan.
Permasalahan yang diajukan dalam penelitian ini meliputi pertanyaan 1. bagaimana Kurikulum Berbasis Tauhid Di SD Integral Yaa Bunayaa Kecamatan Sanankulon Kabupaten  Blitar, 2. bagaiamana Implementasi Kurikulum Berbasis Tauhid Di SD Integral Yaa Bunayya Kecamatan Sanankulon Kabupaten  Blitar, 3. bagaiamana Hasil Implementasi Kurikulum Berbasis Tauhid Di SD Integral Yaa Bunayya Kecamatan Sanankulon Kabupaten  Blitar.
Jenis pendekatan dalam penelitian ini adalah kualitatif. Sebagaimana arahan jenis penelitian kualitatif, maka data terkumpul di analisis dengan bekal senjata intelektual berupa teori sebagaimana ditampilkan dalam BAB II untuk mendapatkan berbagai uraian interpretatif sesuai kaidah penelitian ilmiyah yang logis dan rasional atas data yang dikumpulkan.
Akhirnya penelitian ini memperoleh temuan sesuai pertanyaan permasalahan yang pada garis besarnya dapat disimpulkan sebagai berikut.1) Kurikulum Berbasis Tauhid adalah kurikulum yang berlandaskan pada al-quraan dan sunnah sebagai sumber utama dalam mengambil sikap dan mengkonsep segala bentuk prangkat pembelajaran. 2. Implementasi kurikulum berbasis Tauhid menggunakan tiga pendekatan yang dijadikan sebagai acuan Pertama Metode Tilawah kedua Metode Tazkiyah dan Tiga Metode Taklimah. 3. Ada lima karakter siswa hasil output dari kurikulum berbasis tauhid, Pertama karakter keagamaan, Dua karakter keilmuan, Tiga karakter keterampilan, Empat Shahihul Aqidah, Lima Mutakhallikun Bil quran Enam  Mujiddun Fil ibadah Tujuh Da’i ilallah delapan Mulatzimun bil jamaah
Published
2017-05-20
How to Cite
UMAM, Khairul. Implementasi Kurikulum Berbasis Tauhid di SD Integral Yaa Bunayya Plosoarang Kecamatan Sanankulon Blitar. Intelektual: Jurnal Pendidikan Islam, [S.l.], v. 7, n. 1, may 2017. ISSN 0000-0000. Available at: <http://ejournal.iai-tribakti.ac.id/index.php/intelektual/article/view/369>. Date accessed: 23 oct. 2017.